Etika Berkendara di Jalan Tol

RAJAMOBIL.COM, Ketika melakukan perjalanan ke luar kota atau luar daerah, biasanya melewati jalan tol. Di jalan bebas hambatan ini terdapat beberapa etika yang harus ditaati oleh setiap pengemudi saat mengendarai kendaraannya. Tujuannya untuk menjaga keselamatan pribadi dan pengguna jalan lain agar terhindar dari malapetaka atau kecelakaan.

Pertama, masing-masing kendaraan sebaiknya mengambil jarak antara 10 hingga 20 meter. Apabila tidak bisa memperkirakan jarak tersebut, langkah terbaiknya adalah mengamati ban belakang kendaraan yang ada di depan. Jika masih dapat melihatnya, maka itulah jarak minimal paling aman antara kedua kendaraan.

Karena medan jalan tol selalu lurus dan jarang ada belokan, seringkali membuat pengendara merasa bosan bahkan mengantuk. Ketika hal ini terjadi, sebaiknya segera istirahat di rest area. Nekad mengendarai mobil atau kendaraan dalam keadaan mengantuk bisa menimbulkan akibat yang sangat fatal.

Tingkat kecepatan dalam berkendara juga perlu diperhatikan. Bagi yang belum terlalu ahli mengendarai mobil di jalan tol atau ingin melaju secara perlahan saja, disarankan memilih jalur kiri. Jalur ini juga bisa digunakan ketika akan keluar dari jalan tol atau masuk ke rest area.

Kemudian apabila mengemudikan kendaraan berat dan sarat muatan misalnya truk, juga harus mengambil jalur tersebut. Sedangkan jalur tengah untuk kendaraan dengan kecepatan sedang dan jalur kanan untuk kendaraan berkecepatan tinggi. Perhitungan masing-masing kecepatan ini adalah 60, 80 dan 100 km per jam.

Etika atau aturan lain yang harus selalu diterapkan saat berkendara di jalan tol adalah saat ingin menyalip atau mendahului kendaraan lain. Kendaraan harus diarahkan ke kanan agar pengendara di depannya lebih mudah mengetahui sekaligus melakukan antisipasi. Jika memakai arah kiri, kemungkinan terjadinya kecelakaan akan menjadi besar. Kemudian yang terakhir, jangan mengendarai mobil sambil berbicara atau ngobrol dengan penumpang agar perhatian tetap fokus pada kegiatan berkendara. Selain itu juga tidak boleh melakukan kegiatan lain yang sifatnya membahayakan. Apabila semuanya ditaati, maka kegiatan berkendara di jalan tol akan menjadi aman dan selamat sampai tujuan.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here