Perlukah Kita Memodifikasi Mobil? Ini Pertimbangannya

RAJAMOBIL.COM, Setiap orang memiliki alasan berbeda-beda dalam memodifikasi mobil. Ada yang karena hobi, ingin tampil beda, atau sekedar ingin berkendara dengan lebih nyaman saja. Tapi yang jelas, memodifikasi mobil membutuhkan banyak biaya. Jadi, perlukah kita memodifikasi mobil? Yuk simak ulasannya.

Apakah memodifikasi mobil itu legal?

Ada kasus dimana mobil yang telah dimodifikasi diamankan oleh pihak kepolisian. Jadi, sebenarnya memodifikasi mobil itu legal atau tidak? Jawabannya legal asalkan mobil yang dimodifikasi melakukan uji kelayakan jalan di dinas perhubungan. Selain itu, modifikasi mobil yang diperbolehkan adalah modifikasi yang tidak merubah bentuk secara ekstrim dari standar aslinya.

Perlu diketahui juga bahwa sudah ada undang-undang yang mengatur standar modifikasi sebuah kendaraan. Diantaranya, harus ada dua spion yang berfungsi dengan baik, lampu sein dan lampu depan-belakang menyala, serta kecocokan data pada stnk dan fisik kendaraan. 

Jika ada yg berubah, lakukan registrasi ulang untuk mutasi. Dinas perhubungan juga memberikan aturan pemasangan stiker mobil, yaitu tidak boleh mengganggu konsentrasi serta tidak merubah cat dasar.

Bagi siapapun yang melakukan modifikasi tanpa mengikuti peraturan di atas, berhak mendapatkan sanksi yang cukup berat. Sesuai pasal 277 UU No.22/29, sanksi yang diberikan adalah hukuman pidana penjara paling lama satu tahun atau denda dengan nominal paling banyak Rp. 24.000.000 (Dua Puluh Empat Juta Rupiah).

Hal yang Perlu Disiapkan untuk Memodifikasi Mobil

Sebelum melakukan modifikasi, kamu harus menyiapkan beberapa hal agar hasilnya maksimal. Misalnya, menentukan konsep apa yang akan digunakan dan mencatat komponen apa saja yang dibutuhkan. 

Setelah itu, cari tahu harga setiap komponen dan siapkan budget. Jika semuanya sudah siap, cari bengkel yang bisa dipercaya untuk mengerjakan modifikasi.

Perlukah Kita Memodifikasi Mobil?

Kembali ke pertanyaan awal, perlukah kita memodifikasi mobil? Jawabannya, tergantung kebutuhan dan ketersediaan biaya. Jika memang mobil masih berfungsi dengan layak, cukup rawat dengan baik. 

Jika memang ingin tampil beda, modifikasi bagian interiornya saja tanpa perlu mengubah secara keseluruhan agar tidak terlalu menguras kantong.Poin penting dari pertanyaan perlukah kita memodifikasi mobil adalah memahami peraturan yang berlaku terlebih dahulu agar tidak salah langkah. Selain itu, utamakan keselamatan serta kenyaman kita dan pengendara lain dalam memodifikasi kendaraan.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here