3 Jenis Mobil yang Digunakan Pada Rally Paris Dakkar

https://www.marrakech-expedition-4x4.com/marrakech-desert-trips-morocco-tours/4-days-from-ouarzazate-track-dakar

RAJAMOBIL.COM, Rally Paris Dakkar menjadi salah satu kompetisi balap mobil internasional paling bergengsi. Bukan tanpa sebab, ajang yang sudah berlangsung lebih dari 40 tahun ini selalu menghadirkan keseruan. Mulai dari medan yang digunakan sulit, kehebatan para pembalapnya, hingga ketangguhan mobil yang berpartisipasi selalu mencuri perhatian. Anda juga pasti penasaran kan jenis mobil yang digunakan pada rally Paris-Dakkar apa saja. Yuk lihat daftarnya di bawah ini.

1.  Mitsubishi Pajero Evolution Dakar

Berdasarkan catatan, Mitsubishi Pajero merupakan mobil juara rally dakar dengan menorehkan 12 kemenangan sepanjang perhelatan. Mobil asal Jepang ini dirancang khusus untuk melahap medan offroad reli Dakar. 

http://picks.getpatina.com/2019/10/mitsubishi-pajero-evolution-the-toughest-production-car-in-the-world/

Spesifikasi lengkapnya, Pajero Evolution termasuk jenis untuk kelas T2 dengan mesin 3-5 liter 24 katup DOHC V6 6G74 dilengkapi dengan MIVEC dan variable pleno ganda yang mampu menghasilkan kecepatan 275 bhp pada 6.500 rpm.

2.  Peugeot

Peugeot sempat merajai ajang Dakar hingga tahun 2018 sebelum akhirnya undur diri. 7 kemenangan yang diraih membuktikan ketangguhan mobil asal perancis ini patut diperhitungkan. Pada gelaran terakhirnya, Peugeot mengusung model buggy dengan dimensi yang lebih besar untuk menaklukan medan kerikil, pasir, dan gunung.

https://imgur.com/r/RallyPorn/h6qSObU

Dirancang khusus untuk rally Dakar, Peugeot memproduksi mobil dengan dapur pacu diesel twin turbo 3.0-liter V-6. Mesin tersebut mampu memberikan tenaga 340 hp dan torsi 590 lb-ft pada 5.000 rpm dan melaju dengan kecepatan maksimal hingga 124 mph. Spesifikasi mobil rally dakar yang satu ini semakin lengkap dengan RWD transmisi 6-percepatan pada sektor penggerak.

3.  MINI Cooper

Siapa bilang rally Dakar hanya dikuasai oleh mobil jenis SUV? Faktanya, walaupun mungil, MINI Cooper tetap tampil gahar dengan 4 kemenangan yang sudah diraih. Mobil asal Inggris yang kini diakuisisi oleh BMW ini tampil memukau saat beraksi di lautan pasir. 

Kemampuan tersebut merupakan kerja keras dari mesin 5.0 L V8 yang diambil dari Lexus IS-F dengan kekuatan 455 hp di 6.000 rpm, torsi 442 lb-ft di 3.250 rpm, dan kecepatan hingga 168 mph.Itulah 3 jenis mobil yang digunakan pada rally Paris-Dakkar. Setiap mobil dimotori dengan kekuatan Tangguh untuk bisa melewati medan selama 14 hari, dengan jarak tempuh 9000 km. Jadi, yang mana favoritmu?

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here