Penyebab Mesin Mobil Cepat Panas

RAJAMOBIL.COM, Jika mesin mobil cepat panas, bisa jadi ada masalah yang perlu diperbaiki. Tanda suhu mobil Anda terlalu panas terlihat dari lampu indikator warna merah yang kelap-kelap atau jarum indikator nyaris mendekat level H.

Apabila mobil terus dipaksakan untuk berkendara dalam keadaan overheating dapat mengakibatkan kerusakan pada beberapa komponen. Efek terburuk adalah mesin mobil mati atau bahkan turun mesin.

Sebelum hal ini terjadi, sebaiknya Anda mengetahui penyebab dari mesin mobil yang cepat panas. Dengan begitu, Anda dapat memperbaikinya sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya perbaikan besar di bengkel mobil.

Radiator Rusak

Radiator punya peran penting untuk mengatur suhu mesin mobil. Jika radiator mengalami kerusakan, sistem pendingin mobil akan terganggu. Untuk itu, pastikan radiator dan selang radiator dalam kondisi normal. Tidak kotor dan tidak bocor. Kebersihan kipas radiator juga tidak boleh luput. Kemudian, gunakan isi radiator dengan cairan yang tepat. Jika masih mengisi radiator dengan air biasa, usahakan rutin mengganti tiap lima minggu sekali.

Tetapi, agar mesin mobil tetap optimal, sebaiknya gunakan cairan khusus (coolant) yang melindungi elemen radiator dari kerak. Sirkulasi air radiator juga berfungsi optimal dengan cairan radiator yang tepat.

Kualitas Oli Mobil

Menggunakan oli berkualitas rendah akan berpengaruh pada performa mobil. Memilih oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi mobil akan mengakibatkan oli cepat menguap sehingga mesin cepat panas.

Thermostat Tidak Berfungsi

Thermostat berfungsi sebagai alat pengukur suhu yang bersinergi dengan radiator. Lakukan pengecekan secara berkala agar sistem sirkulasi air pendingin tetap dalam keadaan normal.

BBM Tidak Tepat

Pilihlah bahan bakar yang tepat untuk spesifikasi mobil Anda. Ini karena kadar oktan pada BBM turut mempengaruhi kinerja mesin mobil.

Selain itu, biasakan agar tidak mencampur jenis-jenis BBM pada kendaraan. Jika dibiarkan, mesin mobil mudah rusak dan mogok. Semoga ulasan ini membantu Anda saat menghadapi mesin mobil cepat panas. Ingat, ketika mesin dalam kondisi overheated, matikan mobil dan tunggu hingga mesin dingin kembali. Jika butuh bantuan, hubungi bengkel kepercayaan Anda.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here