Tips Mengenal Jenis Minyak Rem Mobil

RAJAMOBIL.COM, Sistem pengereman kendaraan penting diperhatikan demi menjamin keamanan saat menggunakan mobil. Untuk itu, Anda perlu menentukan minyak rem mana yang tepat untuk mobil Anda.

Sama seperti suku cadang lainnya, minyak rem juga memiliki beberapa jenis yang sesuai dengan kegunaannya. Jenis cairan rem tersebut memiliki kode DOT (Department of Transportation).

DOT berfungsi sebagai pengukur titik didih dari cairan rem. Jika angka DOT semakin tinggi, titik didihnya pun juga tinggi. Dengan menggunakan jenis minyak rem yang tepat, mesin mobil akan lebih awet. Mengapa? Karena minyak rem berfungsi untuk melumasi cakram dan kampas yang saling bergesekan ketika Anda menginjak rem.

Salah memilih minyak rem, bisa jadi komponen mobil Anda akan mengalami kerusakan. Untuk mencegahnya, simak empat jenis minyak rem mobil berikut ini.

DOT 3

Material pada tipe minyak rem ini adalah yang paling ekonomis. Berbahan dasar glikol eter, DOT 3 sangat mudah menyerap air akibat terkena hujan atau pencucian mobil. Jika kandungan air semakin banyak tercampur dengan minyak, titik didihnya akan menurun. Akibatnya, kemampuan sistem rem akan tidak akan maksimal.

DOT 4

Minyak rem DOT 4 sangat direkomendasikan untuk mobil keluaran tahun lama. Ini karena bahan dasar glikol eter sehingga titik didihnya lebih tinggi dan stabil. Dengan dasar ini, DOT 4 cocok untuk sistem rem bersuhu tinggi yang biasa dipunyai mobil antik.

DOT 5

Dengan material silikon, DOT 5 unggul dari sifatnya yang tidak menyerap air sehingga mesin terhindar dari korosi. Nilai titik didihnya pun tinggi. Sayangnya, tidak mudah mendapatkan DOT 5 di pasaran. Umumnya, tipe minyak rem ini digunakan oleh kendaraan militer untuk mendukung daya tahannya.

DOT 5.1

Tipe minyak rem ini adalah pembaruan dari DOT 5, tetapi dengan bahan dasar glikol eter. Meskipun memiliki kesamaan material, kualitas performanya lebih tinggi dibandingkan DOT 3 dan DOT 4.

Penggunaan minyak rem DOT 5.1 biasa ditemukan pada kendaraan saat ini. Keunggulannya adalah cocok untuk formulasi karet rem sehingga tidak mudah rusak. Perlu diperhatikan, sebaiknya tidak mencampur jenis minyak rem ini secara sembarangan. Semoga Anda bisa memilih yang tepat!

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here