Pahami Arti Nyala dan Kedipan Lampu Indikator

RAJAMOBIL.COM, Lampu indikator disediakan sebagai fitur untuk menjaga Anda tetap aman ketika sedang berkendara. Namun, tidak banyak pengendara yang mengetahui arti nyala lampu dan kedipan lampu indikator.

Penyebab Lampu Indikator Menyala atau Berkedip

Agar tidak bingung, simak arti nyala dan kedipan pada lampu indikator berikut ini yang mungkin terjadi pada mobil Anda.

1. Lampu Indikator Bahan Bakar

Bila lampu pada panel bensin menyala atau berkedip, itu berarti bahan bakar mobil Anda telah mendekati limit. Anda diminta untuk segera mengisi ulang bensin. Namun, jangan terlalu khawatir bila hal tersebut terjadi ketika Anda sedang terjebak macet. Mobil biasanya masih memiliki sedikit cadangan bensin sehingga Anda bisa mengisinya bila telah sampai pada SPBU terdekat.

2. Lampu Indikator Oli

Mobil juga memiliki lampu indikator yang menunjukkan sediaan oli. Bila lampu indikator menyala terus, Anda tahu bahwa itu adalah tanda kondisi oli tinggal sedikit. Anda bisa mengatasinya dengan menambahkan oli. Meski begitu, ada baiknya bila Anda mengganti oli mobil dengan yang baru agar kondisi mobil tetap prima dan terhindar dari kerusakan.

3. Lampu Indikator Aki

Anda juga tidak boleh mengabaikan bila lampu indikator aki yang menyala. Ini berarti kondisi aki sedang tidak baik. Anda diminta untuk segera mengganti daya aki sebelum terjadi kerusakan fatal pada mobil.

4. Lampu Indikator Airbag dan ABS (Anti-Lock Braking System)

Airbag dan ABS memiliki lampu indikator yang berbeda, tetapi keduanya sama-sama sebagai fitur keselamatan dalam berkendara. Bila salah satu atau bahkan kedua lampu tersebut menyala, artinya ada kerusakan pada fitur tersebut. Anda harus segera memeriksanya sebelum berkendara, karena ini sangat berpengaruh pada keselamatan Anda.

5. Lampu Indikator Check Engine

Ini adalah lampu indikator paling penting yang harus Anda perhatikan. Bila lampu Check Engine pada mobil Anda menyala, itu artinya ada kerusakan yang terdeteksi atau ada bagian dari mesin yang tak berfungsi sebagaimana mestinya. Bila lampu menyala tanpa disertai kedipan, biasanya masalah pada mobil tidak terlalu berat. Anda bisa memeriksa sendiri atau membawanya ke bengkel untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Bila lampu indikator berkedip-kedip, tandanya malfungsi pada mobil cukup parah. Anda tidak disarankan untuk menyetir dalam kecepatan tinggi atau membawa beban berat. Sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel resmi untuk mendapatkan penanganan. Itulah beberapa arti nyala dan kedipan lampu indikator yang perlu Anda pahami. Pastikan untuk mengecek nyala lampu pada mobil Anda agar aktivitas mengemudi lebih nyaman.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here