Soal Mobil, Pilih Harga atau Kualitas?

RAJAMOBIL.COM, Di era modern, mobil telah menjelma menjadi kebutuhan utama terutama di bagi masyarakat perkotaan. Namun rupanya masih banyak pemilik mobil yang abai terhadap cara menjaga performa mobil. Sejak melakukan pembelian pertama, penting untuk memilih mobil berkualitas dengan harga yang sesuai. 

Banyak pembeli yang cenderung memilih komponen harga murah ketimbang kualitas yang memadai baik dari segi suku cadang, bahan bakar, hingga oli. Hal ini patut menjadi perhatian Anda karena bisa berefek pada kinerja mobil.

Pemilihan Suku Cadang

Tidak bisa dipungkiri jika suku cadang original harganya terbilang mahal. Namun harga tersebut worth it dengan kualitas yang dimiliki. Memilih spare part mobil yang tidak asli alias KW memang bisa menghemat pengeluaran Anda.

Akan tetapi penggunaan spare part KW akan mempengaruhi performa kuda besi Anda sehingga dapat mengganggu kenyamanan saat berkendara. Sementara suku cadang asli sudah disesuaikan dengan spesifikasi mobil sehingga dapat mendukung kinerja mobil.

Maka, dianjurkan memakai suku cadang asli. Meskipun harganya cukup tinggi namun sebanding dengan kualitasnya.

Pemilihan Bahan Bakar

Setiap kendaraan roda empat memiliki kesesuaian bahan bakar yang berbeda-beda. Pemilihan bahan bakar sering luput dari perhatian pemilik mobil. Sehingga sebagian dari mereka memilih bahan bakar dengan oktan rendah karena harganya yang lebih murah.

Oleh sebab itu, memilih bahan bakar mobil tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Jenis bahan bakar berkualitas dapat menjaga mesin agar dapat bekerja lebih baik. BBM yang dianjurkan untuk mobil bermesin bensin adalah pertamax.

Kendala utama pemakaian pertamax memang pada harganya yang lebih mahal. Namun bahan bakar ini mampu membuat mesin mobil Anda tetap prima dan bekerja optimal.

Oli Mesin

Cara terbaik untuk menjaga performa mesin adalah dengan memakai oli berkualitas. Sebaiknya Anda memilih oli yang sesuai dengan rekomendasi pabrik. Meskipun budget yang dikeluarkan lebih tinggi, tetapi kondisi mesin akan terjaga dengan baik.

Selain oli, penting juga memperhatikan kualitas oli transmisi, minyak rem, dan cairan lain yang mendukung kinerja mobil. Dengan begitu, kendaraan Anda bisa digunakan dalam jangka waktu lebih lama dan tentunya tetap nyaman. Memilih mobil berkualitas harus mempertimbangkan banyak faktor mengingat  menjaga performa mobil perlu biaya tersendiri yang terkadang tidak murah. Merawat mobil seringkali membuat pemiliknya dilema dalam hal pembiayaan. Biar bagaimanapun, sebaiknya Anda tetap memperhatikan kualitas komponen mobil agar mampu bekerja maksimal.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here