Jalankan Mobil Bisa Isi Aki yang Habis?

RAJAMOBIL.COM, Isi Aki yang habis adalah keadaan dimana aki mobil mengalami kekurangan daya listrik sehingga tidak bisa menjalankan mobil dengan optimal. Gejala akan terlihat bila mobil sulit dinyalakan, dan lampu akan berubah menjadi redup dengan sendirinya.

Aki yang habis merupakan kondisi dimana aki pada mobil sudah dalam keadaan kritis untuk menjadi daya utama kelistrikan mobil. Agar aki tahan lama, wajib dilakukan perawatan tertentu. Aki tidak boleh dibiarkan sampai habis supaya mobil tetap bisa berjalan sehingga penting untuk selalu isi aki yang habis. 

Ada anggapan yang menyatakan bahwa menjalankan mobil dapat mengisi aki mobil yang mulai kosong. Tak heran jika kemudian banyak  pertanyaan yang muncul terkait apakah jalankan mobil bisa isi aki yang habis? Berikut jawabannya untuk Anda.

Syarat agar aki yang habis bisa terisi

Dengan menjalankan mobil secara teratur, aki mobil dapat terisi dengan sendirinya. Hanya saja, ada hal yang menjadi catatan khusus terkait informasi ini. Mobil harus dijalankan dengan jarak yang cukup jauh. Apabila mobil hanya digunakan atau dinyalakan sebentar saja, aki mobil belum bisa terisi.

Anggapan bahwa dengan menjalankan mobil bisa mengisi aki mobil yang kosong tidak sepenuhnya salah. Namun, syarat jarak minimum atau waktu minimum untuk menyalakan mesin mobil tetap harus dipenuhi. Lebih baik bila mobil digunakan untuk berkendara setiap hari supaya aki tidak sampai kurang atau bahkan habis.

Langkah yang tepat untuk merawat aki mobil

Ada cara lain yang bisa digunakan untuk merawat aki mobil agar tidak habis. Selain dengan dikendarai atau digunakan setiap hari, para pemilik mobil sangat disarankan untuk melakukan pengisian aki mobil secara berkala, setidaknya satu kali dalam sebulan.

Pengisian aki mobil yang rutin dapat menghindarkan aki dari kerusakan karena kurangnya daya aki. Pengisian aki secara berkala dapat membantu untuk melakukan kontrol terhadap aki tersebut sekaligus bisa melihat apakah ada komponen pada mobil yang mengalami kerusakan. 

Bila terjadi gangguan pada mesin mobil atau pada komponen aki, Anda bisa mengambil langkah yang tepat dengan melakukan pengisian.  Aki bisa diisi dengan langsung mengisi daya listrik melalui alat pengisi daya.Menyalakan mesin mobil untuk mengisi aki tidak akan membantu dengan signifikan. Bila mobil digunakan untuk berkendara dengan durasi yang cukup lama, aki dapat terisi dengan jumlah yang cukup banyak. Isi aki yang habis pada mobil dapat dilakukan dengan rutin menjalankan langkah pengisian dan perawatan yang tepat.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here