Aturan Bepergian ke Luar Kota Pada Saat PSBB Total Jakarta Diterapkan

RAJAMOBIL.COM, Bulan September ini, angka pengidap Covid-19 mencapai 200.000 jiwa. Pasien yang paling besar berasal dari Jakarta. Untuk itu, Gubernur Anies Baswedan langsung bertindak dengan kembali menerapkan aturan PSBB Total Jakarta yang sebelumnya sempat juga dilaksanakan.

Bulan September ini, angka pengidap Covid-19 mencapai 200.000 jiwa. Pasien yang paling besar berasal dari Jakarta. Untuk itu, Gubernur Anies Baswedan langsung bertindak dengan kembali menerapkan aturan PSBB Total Jakarta yang sebelumnya sempat juga dilaksanakan. PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar ini diumumkan langsung keputusannya oleh Anies dalam Konferensi Pers di Balai Kota Jakarta pada 9 September lalu.

Aturan PSBB Jakarta yang baru ini diterapkan mulai tanggal 14 September 2020. Mencakup aturan bagi aktivitas warga di dalam kota, maupun aturan PSBB Jakarta bepergian luar kota. Bagi Anda yang sering melakukan mobilitas luar kota, tentu saja, Anda perlu memahami aturan PSBB Jakarta untuk bepergian luar kota. Apa saja itu?

1.Tidak dalam Kondisi Sakit

Anda harus memastikan bahwa Anda benar-benar fit jika ingin pergi ke luar daerah Jakarta. Terutama, dari penyakit yang menunjukan gejala-gejala Covid-19. Semisal flu, demam, dan juga batuk.

2. Jaga Jarak di Area Transportasi Umum

Jika Anda bepergian dengan menggunakan kendaraan umum, Anda juga harus perhatikan rambu-rambunya ketika berada di tempat seperti stasiun, terminal, hingga bandara. Pastikan Anda menjaga jarak dengan orang-orang di sekitar Anda.

3. Jaga Jarak di Kendaraan Pribadi

Anda yang pergi dengan kendaraan pribadi juga tak bisa lepas dari aturan. Posisi duduk Anda akan dipantau agar selalu menerapkan Physical Distancing, meski Anda berkendara dengan sesama anggota keluarga.

4. Wajib Memakai Masker

Di area-area perlintasan kendaraan seperti terminal, Anda diharuskan untuk tetap menggunakan masker. Gerak-gerik Anda akan dipantau oleh petugas jika Anda nakal dengan aturan yang satu ini.

5. Mencuci Tangan dengan Sabun

Tempat-tempat seperti terminal akan menyediakan tempat cuci tangan bagi Anda yang hendak bepergian baik ke luar kota maupun ke dalam kota Jakarta. Anda harus cuci tangan dulu sebelum keluar atau masuk.

6. Pemeriksaan Suhu Tubuh

Aturan terakhir, Anda mesti bersedia untuk melakukan thermal scan. Pemeriksaan suhu tubuh untuk memastikan bahwa Anda dalam keadaan fit.Nah, demikianlah 6 aturan PSBB Total Jakarta yang wajib dipatuhi jika Anda hendak bepergian baik keluar Kota Jakarta, maupun masuk ke Kota Jakarta. Catat baik-baik ya!

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here