Apakah AC Mobil Bisa Bikin Bahan Bakar Menjadi Boros?

RAJAMOBIL.COM, Di sebagian wilayah di Indonesia, AC mobil adalah kebutuhan yang tak bisa dinafikan. Apalagi, bagi kamu yang tinggal di daerah dengan suhu yang panas seperti Jakarta. Namun, kamu mungkin ragu dan khawatir, apakah AC mobil bisa bikin bahan bakar menjadi boros? Jawabannya adalah benar. Konsumsi BBM untuk AC memang ada. Jadi, penggunaan AC bisa membuat bensin jadi lebih boros.

Penyebab AC Mobil Membuat Bahan Bakar Boros

Hal utama yang menyebabkan keberadaan AC menyedot bensin mobil adalah karena kerjanya yang berhubungan juga dengan mesin. Kinerja yang bertumpu pada mesin ini, jika menghasilkan suhu yang optimal, akan menyedot bahan bakar dalam jumlah yang banyak.

Hal ini akan menjadi semakin parah jika salah satu komponen yang ada pada AC bocor. Kebocoran ini akan membuat bensin terkuras dalam jumlah yang lebih banyak lagi. Oleh karena itu, kamu juga perlu secara berkala mengecek kualitas berbagai rangkaian AC mobil.

Solusi Menekan Penggunaan BBM Saat Menyalakan AC

Sebetulnya, menggunakan AC pasti akan ada dampaknya pada penggunaan BBM. Hal yang bisa kamu lakukan adalah menekan konsumsinya agar tidak terlalu berdampak banyak.

Nah, berikut ini beberapa cara yang mungkin bisa kamu lakukan:

1. Sebelum Menyalakan AC, Buka Jendela Terlebih Dahulu

Hal ini akan membuat kerja AC ketika dinyalakan menjadi lebih ringan. Mengapa demikian? Dengan membuka jendela dulu, maka udara akan masuk ke dalam mobil. Otomatis, suhu ruangan ketika AC akan dinyalakan menjadi tak terlalu panas. Dengan begitu, kerja AC menjadi lebih ringan.

2. Menaikan Temperatur AC saat Kabin Sudah Berudara Dingin

Ketika baru menyalakan AC, kamu bisa pasang pada suhu yang rendah. Lalu ketika sudah terasa udaranya dingin, kamu atur lagi ke suhu yang lebih tinggi.

Hal yang kedua ini bisa membuat kerja dari kompresor AC mobil jadi agak berkurang. Meski tak bisa benar-benar menghilangkan potensi bensin berkurang, namun ini bisa membuat bensin lebih hemat.Nah, itulah penjelasan mengenai apakah AC mobil bisa bikin bahan bakar menjadi boros. Jika kamu punya maksud untuk berhemat, sebaiknya kamu lebih bijak dalam menggunakan AC ya!

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here