Sejarah Rally WRC: Olahraga Balapan Paling Menantang

RAJAMOBIL.COM, Peminat olahraga Rally WRC sangat banyak. Akan tetapi yang mengetahui asal usul atau sejarah Rally WRC bisa dihitung dengan jari, padahal profil olahraga pemacu adrenalin ini tidak kalah sensasional. Bahkan penggemar tidak akan gaptek jika ada teman yang bertanya seputar Rally WRC.

Karena alasan tersebut di bawah ini akan dijelaskan sejarah Rally WRC. Silahkan disimak semoga bisa menjadi informasi yang bisa membuat rasa cinta kalian pada olahraga ini semakin tinggi. Berikut ulasan mengenai sejarah Rally WRC secara lengkap.

Sejarah Rally WRC yang Perlu Diketahui

Rally WRC atau World Rally Championship merupakan seri balapan yang dirilis oleh FIA. Sebuah perusahaan terkemuka yang bergerak di event otomotif sekaligus manufaktur. Akan tetapi kompetisi keduanya dilakukan secara terpisah dengan konsep yang juga berbeda.

Menurut kabar yang beredar Rally WRC muncul di tahun 1895. Namun di saat itu balapan tidak dilakukan di track khusus melainkan di jalan raya seperti sirkuit balapan biasa. Karena alasan tersebut banyak pengamat mengatakan Rally WRC adalah olahraga paling berbahaya sehingga pihak penyelenggara beberapa kali mendapatkan teguran.

Tugas pengendara di kala itu hanya memacu kendaraan secepat-cepatnya. Bahkan ada pengendara bernama Fernand Gabriel berhasil memecah rekor mampu menyelesaikan jarak 105 km/jam hanya dalam waktu 5 jam. Namun resikonya banyak pembalap yang kecelakaan hanya karena ingin memecahkan rekor tersebut.

Pada tahun 1907, balapan mulai dimainkan di track khusus. Negara pertama yang menggagas adalah Inggris yang di kala itu Rally WRC menjadi olahraga paling populer. Untuk rute yang digunakan tidak lagi aspal melainkan tanah, kerikil, es dan salju.

Di era ini mobil untuk balapan mulai di-update. Fitur security juga disematkan yang sekiranya bisa memberikan tambahan keamanan kepada pengendara. Bisa dibilang tahun tersebut merupakan cikal bakal Rally WRC profesional yang sampai sekarang masih exist diselenggarakan.

Pertandingan Rally WRC dirilis pertama pada tahun 1973. Yang mana di kala itu kompetisi masuk ke dalam European Rally Championship, satu event internasional untuk perlombaan manufaktur. Di debut pertamanya balapan diikuti 186 negara termasuk beberapa negara di Asia.Itulah sejarah Rally WRC yang perlu diketahui penggemar. Semoga artikel singkat ini bisa menjadi tambahan informasi, dan pastikan kalian tidak mencobanya di rumah. Sebab yang melakukan olahraga ini hanya orang yang terlatih saja bukan amatiran.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here