Yang Mau Belajar Drifting, Simak Tips dari Ahlinya

RAJAMOBIL.COM, Bisa nge-drift tidak hanya menyenangkan, bahkan menjadi prestise tersendiri di kalangan anak zaman now. Tidak hanya itu, nge-drift seringkali, ini menjadi candu bagi mereka yang berhasil melakukannya.  Bagi Anda yang mau belajar drifting, ini tipsnya. 

Tips Drifting Untuk Pemula

Tips ini merupakan hasil rangkuman teknik drifting dari beberapa ahli seperti pembalap Emmanuel Adwitya Amandio, Akbar Rais, dan Abdo Feghali pemain kunci dalam adegan Red Bull Car Park Drift.  Bagaimana tipsnya? Simak ulasannya berikut ini:

1. Miliki Mobil Drift

Siapa pun yang memiliki minat dalam drifting perlu memastikan bahwa mereka memiliki mobil drift yang layak dan andal. Baik Abdo Feghali, Emmanuel Adwitya maupun Akbar Rasi ketiganya menyarankan hal ini.

2. Kenali dan Upgrade Mobil Anda Bila Perlu

Anda harus terbiasa dengan mobil Anda. Setiap jenis mobil memiliki karakteristik uniknya sendiri. Beberapa lebih mudah digunakan untuk drifting, sedangkan yang lain masih memerlukan upgrade. 

Anda juga perlu melakukan upgrade jika diperlukan. Setiap upgrade yang Anda lakukan akan menghasilkan respons yang lebih baik untuk mobil Anda terutama dalam hal suspensi dan penguatan sasis. Artinya, Anda juga harus paham cara bikin mobil drift.

3. Pelajari Cara Menggunakan Handbrake

Menurut Abdo Feghali, rem tangan, terutama di Red Bull Car Park Drift sangatlah penting. Ketika nge-drift terkadang Anda akan melewati jalur yang sangat sempit dan Anda harus mengubah arah dari satu sisi ke sisi lain. Inilah mengapa penting untuk memiliki rem tangan hidrolik dan tahu cara menggunakannya.

4. Kontrol

Saat nge-drift, sangat penting untuk memiliki kontrol atau kendali penuh terhadap kemudi dan kontrol throttle. Jangan sampai Anda lepas kendali, ini bisa sangat berbahaya.

5. Mempelajari cara memulai drifting

Inisiasi atau memulai drifting sebenarnya tergantung pengemudi. Anda bisa belajar di sekolah drifting dengan membayar biaya latihan drifting, atau menerapkan trik berikut ini:

  • Brake- dapat digunakan mid-drift untuk menyesuaikan sudut atau kecepatan scrub.
  • Clutch kick – sangat bagus untuk menjaga mobil tetap miring di mid drift (diperlukan untuk mobil tenaga kuda rendah).
  • Feint – bagus untuk entri sudut agresif.
  • Power-over – Sangat bagus untuk v8 dan motor torsi besar.

Sayangnya, nge-drift bukanlah prestasi yang mudah didapatkan. Skill ini membutuhkan teknik yang rumit untuk memahaminya. Kaki, tangan, dan harus sinkron dan Anda harus mendapatkan momen yang tepat sebelum melakukannya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here