Mengenal Beberapa Faktor Penyebab Mobil Terbakar

RAJAMOBIL.COM, Ada beberapa faktor penyebab mobil terbakar yang harus diketahui oleh setiap pemilik mobil. Sebelum mengalami kebakaran, biasanya mobil akan menunjukkan gejala kerusakan terlebih dahulu. Penyebab mobil terbakar juga bisa terjadi pada mobil baru.

Berikut ini adalah beberapa faktor penyebab kebakaran mobil yang harus Anda ketahui. Bila beberapa gejala awal sudah terjadi, Anda tidak perlu panik dan segera mendatangi bengkel terdekat untuk melakukan perbaikan.

1. Kebocoran Bahan Bakar

Faktor pertama yang bisa menyebabkan mobil terbakar adalah kebocoran pada bagian bahan akar. Kebocoran bisa terjadi pada bagian tangki ataupun selang bahan bakar. Bila mengenai percikan api yang ada di dalam mesin, hal ini akan memicu terjadinya kebakaran.

Meskipun jarang menunjukkan gejala yang serius, namun kebocoran bahan bakar sering terjadi dan menyebabkan kebakaran kendaraan. Sebagai solusi, Anda sebaiknya melakukan pemeriksaan secara berkala untuk semua bagian di mobil Anda.

2. Permasalahan Pada Kelistrikan

Permasalahan lain yang juga sering menjadi pemicu terjadinya kebakaran adalah permasalahan pada bagian kelistrikan. Bila tidak dirawat atau sering diperiksa dengan baik, terkadang bagian kelistrikan akan mengalami konslet. Percikan api yang ditimbulkan bisa memicu munculnya api yang lebih besar. Bila tidak disadari dengan cepat, hal ini dapat menjadi penyebab kebakaran mobil. Bila mobil mengalami konslet, biasanya ada gejala awal yang bisa Anda rasakan. Di area kabin mobil, Anda akan mencium adanya bau gosong yang berasal dari dalam mobil. Bila Anda merasakan hal itu, segeralah mencari tempat menepi yang aman dan periksa seluruh bagian mobil. Bila memungkinkan, silahkan datang ke bengkel terdekat untuk meminta bantuan.

3. Mesin Terlalu Panas

Banyak mobil  yang mengalami kebakaran karena suhu mesin yang terlalu tinggi. Meskipun sudah terdapat radiator sebagai salah satu pendingin mesin, namun mesin mobil tetap akan panas bila Anda menggunakan mobil dalam waktu yang terlalu lama.Untuk menghindari resiko dan bahaya mobil terbakar, Anda sebaiknya mendinginkan mesin mobil secara berkala setelah beberapa jam dikendarai. Faktor penyebab mobil terbakar bisa ditanggulangi sehingga Anda selalu aman ketika berkendara.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here