Cara Mengisi Bahan Bakar yang Aman di SPBU

RAJAMOBIL.COM, Kabar tentang kendaraan yang terbakar saat mengisi BBM di SPBU sudah cukup sering terdengar. Umumnya hal ini terjadi karena pemilik kendaraan kurang memperhatikan cara mengisi bahan bakar yang aman di SPBU. Padahal kalau cara-cara tersebut diterapkan, kejadian seperti itu dapat dihindari.

Bukan hanya menghindarkan kendaraan dari potensi terbakar, orang-orang yang berada di sekitarnya juga akan lebih aman. Karena kasus seperti ini bukan hanya bisa membuat kendaraan rusak parah, namun juga bisa menimbulkan korban jiwa.

Cara Mengisi Bahan Bakar di SPBU Agar Lebih Aman

1. Matikan Mesin

Mematikan mesin saat mengisi bahan bakar di stasiun pengisian sebenarnya termasuk dalam prosedur standar. Hal ini perlu dilakukan karena pada saat dilakukan pengisian bahan bakar, terdapat uap yang mudah terbakar dalam jumlah banyak.

Uap ini keluar dari nozzle atau rongga tangki kendaraan dan jelas mudah tersulut api yang bisa saja berasal dari busi maupun gesekan-gesekan yang menghasilkan panas. Selain itu, adanya aliran listrik statis juga bisa menjadi pemicu kebakaran bila mesin tidak dimatikan saat mengisi bahan bakar.

2. Jangan Gunakan Ponsel

Ini juga merupakan prosedur standar yang wajib diperhatikan saat beli bensin.  Pasalnya, sinyal yang berasal dari ponsel akan menghasilkan frekuensi tinggi dan itu berpotensi untuk menciptakan percikan api. Memang energi ini sangat kecil bahkan tidak terlihat.

Walaupun demikian, itu saja sudah sanggup untuk memicu kebakaran. Bukan hanya melarang penggunaan ponsel saja, penggunaan kamera juga dilarang karena cahaya yang yang keluar pada saat mengambil gambar maupun video mempunyai mekanisme yang sama seperti sinyal ponsel.

3. Jaga Jarak

Baik itu sebelum virus corona merajalela maupun tidak, menjaga jarak juga termasuk prosedur pengisian bahan bakar yang aman. Pasalnya, dengan menjaga jarak seperti ini, misalkan mobil di depan atau di belakang Anda terbakar, masih ada ruang yang cukup untuk menghindar.

Untuk pengemudi roda dua juga diwajibkan untuk turun dari kendaraan. Sedangkan untuk pengemudi roda 4, di masa pandemi ini disarankan untuk tetap ada di dalam mobil.Cara mengisi bahan bakar di SPBU agar lebih aman di atas sebenarnya sudah diketahui oleh khalayak umum. Hanya saja beberapa orang mengabaikannya baik itu dengan sengaja ataupun karena lupa. Tetapi, selalu ingatkan diri sendiri untuk tidak melakukan hal-hal yang bertentangan dengan daftar di atas ya.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?