Porsche Meningkatkan Kepemilikan di Rimac Automobili Menjadi 24 Persen

RAJAMOBIL.COM, Lampu hijau untuk perluasan lebih lanjut dari mobilitas listrik: Dewan Pengawas Porsche AG sepakat pada hari Jumat untuk meningkatkan kepemilikannya di Rimac Automobili dari 15 menjadi 24 persen. Perusahaan Kroasia mengembangkan dan memproduksi komponen berteknologi tinggi untuk elektromobilitas, termasuk penggerak kinerja tinggi dan sistem baterai. Ia juga memproduksi mobil sport super bertenaga listrik. Porsche bergabung dengan perusahaan teknologi dan mobil sport muda sebagai investor pada 2018 dan meningkatkan kepemilikannya menjadi 15 persen pada September 2019. Penambahan modal terbaru menggambarkan perluasan kemitraan strategis. Porsche menginvestasikan tambahan 70 juta Euro. Artinya, pabrikan mobil sport itu akan memegang 24 persen sahamnya tanpa melakukan pengendalian.

“Rimac diposisikan dengan sangat baik dalam solusi prototipe dan seri kecil,” kata Lutz Meschke, Wakil Ketua Dewan Eksekutif dan Anggota Dewan Eksekutif untuk Keuangan dan TI di Porsche AG. “Mate Rimac dan timnya adalah partner penting, terutama untuk mendukung kami dalam pengembangan komponen. Rimac sedang dalam perjalanan untuk menjadi pemasok Tier 1 untuk Porsche dan pabrikan lain di segmen teknologi tinggi. Porsche telah melakukan pemesanan pertamanya dengan Rimac untuk pengembangan komponen seri yang sangat inovatif, ”kata Meschke. Kedua belah pihak akan mendapatkan keuntungan dari tingkat kerjasama yang ditingkatkan ini di masa depan, ia menekankan: “Mate Rimac menginspirasi kami dengan ide-ide inovatifnya. Dengan cara yang sama, dia mendapatkan keuntungan dari pengetahuan kami dalam produksi dan keahlian metodologis dalam pengembangan. “

Porsche telah bertahun-tahun meningkatkan investasi di perusahaan-perusahaan muda yang berpotensi. Saat ini perusahaan memiliki saham di lebih dari 20 perusahaan baru dan delapan dana modal ventura. “Investasi kami di Rimac ternyata benar,” kata Meschke. “Nilainya telah meningkat berkali-kali lipat sejak investasi awal kami. Perusahaan telah berkembang dengan sangat baik secara teknologi. Kami memperluas kerja sama kami selangkah demi selangkah dan juga memanfaatkan kekuatan Rimac dalam inovasi.

Pendiri perusahaan Mate Rimac menyambut baik fakta bahwa Porsche meningkatkan komitmennya. “Porsche telah menjadi pendukung besar perusahaan kami sejak 2018, dan merupakan suatu kehormatan untuk memiliki salah satu merek mobil sport paling ikonik di dunia menjadi bagian dari Rimac,” katanya. “Kami bangga bekerja sama dalam produk listrik baru yang menarik. Dengan banyak produsen mobil di seluruh dunia menjadi pelanggan Rimac, penting bagi Rimac dan Porsche, bahwa kita tetap menjadi bisnis yang sepenuhnya independen. Kemitraan dengan Porsche membantu perusahaan berkembang dan tumbuh yang bermanfaat bagi semua pelanggan kami.

Mate Rimac mendirikan perusahaan yang dinamai menurut namanya pada tahun 2009 pada usia 21 tahun. Bahkan sebelumnya, ia memiliki visi mobil sport super bertenaga listrik saat masih di sekolah dan universitas. Berbasis di Sveta Nedelja dekat Zagreb, perusahaannya sekarang memiliki hampir 1.000 tenaga kerja. Rimac merancang, mengembangkan, dan memproduksi hypercar elektrik dengan tenaga hingga 2.000 hp dan kecepatan tertinggi lebih dari 400 km / jam. Perusahaan juga memasok teknologi dan sistem ke beberapa produsen mobil listrik ternama. 

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here