Porsche Ventures Berinvestasi Dalam Teknologi Motorsport Start-up Griiip

Porsche Ventures Berinvestasi Dalam Teknologi Motorsport Start-up Griiip

RAJAMOBIL.COM, Porsche memperluas portofolio startup untuk mengubah pengalaman menonton motorsport dan meningkatkan persepsi balap mobil ke dimensi baru. Porsche Ventures, divisi modal ventura dari produsen mobil sport, telah mengambil saham minoritas di Griiip. Start-up ini telah mengembangkan platform data berbasis cloud yang memungkinkan transmisi data motorsport langsung dari mobil balap, dan kemudian menganalisis dan memvisualisasikan data ini di cloud. Griiip memperkenalkan dimensi baru keterlibatan pengguna, analisis data, dan pengalaman menonton yang ditujukan untuk menghadirkan kegembiraan motorsport langsung ke setiap tingkat pengguna akhir – pengemudi, tim, dan penggemar.

Startup yang berbasis di Israel ini memulai misi untuk membuat motorsport lebih mudah diakses dengan menyediakan cara baru dan inovatif bagi organisasi balap, liga, waralaba, dan produsen mobil untuk berinteraksi dengan penggemar. Platform media digital pribadi perusahaan, RAMP (Racing Media Platform), menawarkan pendekatan unik untuk keterlibatan penggemar di motorsport untuk menarik audiens muda yang mencari pengalaman menonton yang lebih imersif dan personal melalui media digital. Solusinya mencakup akses langsung data mentah dari unit elektronik kendaraan melalui komponen perangkat keras yang dikenal sebagai “Kotak Merah”. Data ini langsung diekstraksi selama balapan langsung dan digunakan untuk membuat produk berbasis data termasuk konten secara langsung.

Produksi konten yang dipersonalisasi dimungkinkan oleh RAMP memungkinkan pemirsa untuk mengakses profil pengemudi dan membandingkan kinerja mereka secara real-time dengan cara yang inovatif. Ini dapat mencakup berbagai kumpulan data seperti tingkat stres pengemudi, status baterai kendaraan, perkiraan waktu putaran, atau data ban. Informasi dikumpulkan dan divisualisasikan dalam grafik secara real-time untuk memungkinkan pemirsa membandingkan kinerja pengemudi.

“Motorsport selalu menjadi bagian dari DNA Porsche dan digitalisasi adalah bagian dari Strategi 2030 kami. Investasi ini merupakan langkah lain yang menarik dan menjanjikan untuk mentransfer warisan kami ke masa depan,” kata Lutz Meschke, Wakil Ketua Dewan Eksekutif dan Anggota Eksekutif Dewan Keuangan dan TI di Porsche. 

Porsche Motorsport baru-baru ini melakukan pembuktian konsep yang sukses untuk memverifikasi teknologi perusahaan. “Griiip menawarkan platform data motorsport berorientasi masa depan dan inovatif yang menghubungkan semua pemangku kepentingan (hingga balapan realitas campuran) dan menciptakan era baru pengalaman menonton balap motor,” kata Fritz Enzinger, Wakil Presiden Motorsport di Porsche. “Ini luar biasa dalam motorsport.”

Griiip didirikan pada 2015 oleh Tamir Plachinsky dan Gil Zakay di Petah Tikva. “Kami senang memiliki Porsche, salah satu merek mobil sport paling ikonik di dunia, bergabung dengan Griiip sebagai investor strategis, berbagi visi kami tentang dunia digital baru untuk ekosistem balap dan penggerak olahraga,” kata CEO Tamir Plachinsky. “Kami yakin bahwa platform data inovatif kami, RAMP, akan menghubungkan penggemar balap motorsport, tim, pengemudi, dan gamer eSport bersama-sama tidak seperti sebelumnya.” Griiip telah menandatangani kontrak kerjasama dengan beberapa seri balap.

Porsche Ventures berinvestasi dalam putaran pembiayaan terbaru Griiip. “Investasi ini mendukung bisnis inti Porsche melalui pendekatan baru untuk keterlibatan penggemar dan mendapatkan penonton,” kata Talia Rafaeli dari Porsche Ventures. “Tujuan kami adalah untuk meningkatkan pembelajaran tentang media balap dan mengukur pengaruh di dunia digital eSports, balap SIM, dan game, sambil memanfaatkan potensi pengembalian finansial dari investasi dalam pengembangan model bisnis generasi berikutnya.”

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here