Spesifikasi All New Honda BR-V

Spesifikasi All New Honda BR-V

RAJAMOBIL.COM, Seiring dengan pertumbuhan pasar otomotif Asia yang beragam, jenis dan segmen kendaraan baru pun meningkat seiring dengan volume melebihi ekspektasi. Honda, sebagai salah satu produsen otomotif terbesar di dunia, secara konsisten mengembangkan beragam jenis kendaraan baru untuk memenuhi kebutuhan pelanggan di berbagai negara.

Menyusul kesuksesan mobil Honda BR-V generasi pertama, Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd, di bawah pimpinan Chief Engineer, Mr. Yoshihiko Eguchi, dan Large Project Leader Mr. Parinya Tangwiengwang beserta tim pengembang bekerja sama menciptakan BR-V generasi kedua untuk mewujudkan kebutuhan pelanggan dan melampaui harapan mereka.

Untuk menciptakan kendaraan yang mencerminkan gaya SUV dan MPV, tim Honda melakukan riset pasar dengan target pelanggan untuk mencari kebutuhan utama mereka. Dengan memadukan kelebihan SUV untuk kehidupan pribadi dan fungsionalitas MPV untuk hubungan keluarga, riset menemukan adanya kebutuhan untuk sebuah keseimbangan antara hidup dengan kepercayaan diri.

Pelanggan mencari mobil yang dapat memberikan kenyamanan bagi keluarga, yang lapang dan menawarkan beragam fitur desain yang membanggakan.

Berdasarkan hasil survei, dan umpan balik pelanggan pada model saat ini, tim pengembangan ingin menghadirkan BR-V generasi kedua yang didesain ulang dan kemampuan yang ditingkatkan dalam setiap aspeknya.

Konsep Besar
“Jetliner Cross”

Konsep Besar Terdiri Dari 3 Nilai Inti.

Nilai pertama adalah SUV Value yang menawarkan tampilan kokoh dan tangguh All-New BR-V, dalam balutan tampilan premium yang merepresentasikan nilai sebuah mobil SUV.

Model ini juga berfokus pada MPV Value, sebuah kombinasi dari kabin yang luas dan cocok untuk semua anggota keluarga serta utilitas untuk berbagai gaya hidup yang mewakili nilai dari mobil MPV.

Mengusung konsep Driving Pleasure yang diterapkan di semua model Honda, All-New BR-V menghadirkan pengalaman berkendara yang dinamis, menyenangkan dan menawarkan kenyamanan serta efisiensi bahan bakar.

Dengan memadukan ketiga nilai inti tersebut, tim pengembang ingin menghadirkan sebuah kendaraan yang menawarkan kenyamanan pribadi seperti mengendarai sebuah jet pribadi.

Kendaraan ini juga menawarkan desain dan performa yang Tangguh, sporty, serta persilangan dan upgrade yang menjadikannya sebuah mobil SUV premium.

Desain Eksterior
“Sleekness On Cross Motion”

Desain eksterior yang sepenuhnya baru menghadirkan penampilan ramping dan nyaman. Garis solid di sepanjang bodi menegaskan kesan kokoh dalam balutan desain dinamis dan bertenaga. Ditambah velg dan ban besar yang semakin mencerminkan karakter SUV.

Beberapa fitur pada desain eksterior meliputi :

• Desain ramping di seluruh bodi dengan garis memanjang dari depan ke belakang di samping bodi
• Desain atraktif lampu depan dan lampu belakang yang menyempurnakan kesan sebuah SUV kelas atas
• Volume kuat di bagian depan menonjolkan tampilan bertenaga sebagai sebuah SUV
• Desain yang tegas disertai dengan kesan canggih.

Tampilan Depan

Hadir dalam desain serba baru, tampilan depan All-New BR-V memberi kesan agresif dan sporty yang merefleksikan tampilan sebuah SUV. Lampu depan, gril depan, dan kap mesin dirancang untuk menonjolkan garis bodi tegas yang tersambung dari depan hingga belakang body.

Tampilan Samping

Desain sederhana dan ramping dengan ground clearance lebih tinggi menyempurnakan tampilan SUV yang kuat dan tangguh serta menawarkan tampilan kabin yang lapang dan nyaman.

Desain Lampu Depan

Desain lampu depan yang terkoneksi dengan grill depan mencerminkan bodi yang kuat dan bertenaga serta nuansa premium.

Desain Lampu Belakang

Garis menyatu yang membentang dari bodi samping hingga lampu belakang memberikan tampilan yang dinamis dan ramping.

Desain Roda

Konsep di balik desain roda adalah keinginan untuk secara bersamaan menciptakan kesan yang kuat dan canggih.

All-New BR-V Tersedia Dalam 3 Desain Roda :

  • velg trim 16 inci
  • velg aluminium Sparkle Silver 16-inci
  • velg aluminium Berlina Black machine-finished 17 inci

All-New BR-V Hadir Dalam 5 Pilihan Warna :

• Premium Opal White Pearl [NEW]
• Taffeta White
• Lunar Silver Metallic
• Modern Steel Metallic
• Crystal Black Pearl

Desain Interior
“Proudly and Confidence”
“Bangga dan Penuh Percaya Diri”

Konsep desain interior tercipta dari 3 nilai inti yang sama dengan konsep besar. Menempatkan perhatian pada SUV Value, desain interior canggih menggunakan material berkualitas tinggi berpadu dengan kekuatan dan kenyamanan yang menunjukkan karakter SUV sesungguhnya. Kecerdasan adalah inti dari MPV Value, yang dicapai melalui kombinasi sempurna antara interior lapang dan area utilitas luas yang sesuai untuk gaya hidup yang berfokus pada keluarga.

Kenikmatan Berkendara untuk pengemudi tewujud dari ruang berkendara yang lebih personal ditambah dengan kenyamanan serta desain yang berkelas. Saat memasuki all- new BR-V, baik pengemudi dan penumpang akan memiliki kebanggaan dan rasa percaya diri untuk memiliki mobil ini.

Beberapa Fitur Unggulan Pada Desain Interior Antara Lain :

• Desain tegas di area kokpit untuk memberikan ruang yang lebih pribadi bagi pengemudi
• Menambah kenyamanan pada kursi baris kedua dengan desain sandaran tangan baru dan bahan pelapis kursi lembut berkualitas tinggi
• Peningkatan kenyamanan di kursi baris ketiga untuk semua anggota keluarga
• Ruang lebih fleksibel di area kargo belakang, yang meningkatkan fungsinya

Konsol Tengah

Untuk lebih menekankan fokus pada pengemudi, konsol tengah dinaikkan untuk menciptakan ruang pribadi bagi pengemudi dari area penumpang, memungkinkan pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan menyenangkan.

Display Meter

Untuk memberi pengalaman premium, All New Honda BR-V menggunakan display meter TFT 4,2 inci dalam cahaya putih premium berlatar belakang hitam.

Display multi-informasi menampilkan beragam informasi seperti konsumsi bahan bakar, pengukur perjalanan, suhu di luar, dan jam dalam tampilan layar lebar. Ini juga memungkinkan pengemudi untuk menentukan operasi display seperti mengatur meteran, akses tanpa kunci, pencahayaan, operasi pintu dan jendela, serta mengatur Honda SENSING.

Utility

Untuk berkendara dalam multi-lifestyle sebuah mobil MPV, bagi pengemudi dan penumpang, tim pengembang mempertimbangkan penambahan lebih banyak utilitas untuk menambah kenyamanan dan kemudahan.

• Konsol sandaran tangan baru untuk meningkatkan kenyamanan saat berkendara
• Bermacam barang kecil dapat disimpan dengan mudah, dan barang pribadi seperti dompet, dapat disimpan di dalam kompartemen sandaran tangan.
• Tempat cangkir di area konsol untuk kenyamanan
• Pelindung matahari dengan kaca rias dan lampu di kursi pengemudi dan penumpang
• Kompartemen penyimpanan dengan beberapa kantong di belakang kursi penumpang depan
• 8 tempat botol air
• Kursi baris ketiga tipe lipat 50/50 dive down menciptakan lebih banyak ruang kargo saat dilipat, dibandingkan dengan model saat ini.

Ruang Kargo

Kursi baris ketiga akan menciptakan ruang kargo yang lebih besar saat dilipat (dive down). Dengan mewujudkan posisi datar penuh (dive down folding) pada kursi baris ketiga, bagian belakang kursi yang rata memberikan rasa lapang dan kemudahan untuk memuat barang (ketersediaan tergantung pada grade).

Ruang bagasi dapat disesuaikan dan ditingkatkan dengan memindahkan papan ke posisi lebih rendah, di mana barang-barang pribadi dapat disimpan di bawah papan pada posisi atas, bahkan saat kursi baris ketiga digunakan.

Kenyamanan

Lapisan interior berbahan kulit ditingkatkan pada sandaran tangan dan sisi pintu untuk meningkatkan kenyamanan dan memberi sentuhan lebih lembut. Sandaran tangan pada kursi baris kedua ditambahkan pada All-New BR-V untuk memberi kenyamanan kepada penumpang belakang.

Outlet Listrik

All-New BR-V menambah jumlah outlet listrik untuk memberi kenyamanan pada koneksi dan pengisian daya. Stop kontak tersedia di depan, area konsol, kursi baris kedua dan baris ketiga, yang dapat terhubung dengan perangkat 12V.

Warna All-New BR-V Tersedia Dalam 3 Kombinasi Warna Interior

  • Grey & Black color, menawarkan tampilan sporty
  • Grey & Mocha Gray, memberi tampilan elegan
  • Silver & Black, menawarkan tampilan premium dan smart.

Peralatan Canggih

All-New BR-V dilengkapi dengan peralatan canggih terkini untuk meningkatkan kenyamanan serta kemudahan bagi pengemudi dan penumpang sebelum dan selama berkendara.

Beberapa fungsi diperkenalkan untuk pertama kalinya di segmen ini.

Remote Engine Start

Fitur ini memungkinkan pengemudi menyalakan kendaraan dari jarak jauh dan menghidupkan AC terlebih dahulu untuk mendinginkan suhu kabin. Fitur start engine jarak jauh terpasang dalam key fob yang menyertai kendaraan. Untuk menghidupkan mesin dari jarak jauh, pemilik dapat menekan tombol LOCK kemudian menekan tombol ENGINE beberapa saat. Lampu hazard All-New BR-V akan berkedip, menandakan bahwa sinyal diterima. Saat mesin dihidupkan dari jarak jauh, wiper, lampu, dan sistem audio tetap mati, sementara sistem keamanan tetap aktif.

Mesin akan hidup hingga 10 menit setelah start jarak jauh diaktifkan, dan dapat diperpanjang selama 10 menit menggunakan prosedur yang sama; lalu mesin akan mati secara otomatis jika pemilik tidak mencapai kendaraan pada waktu tersebut.

Ketika pengemudi tiba di All-New BR-V dalam waktu 10 menit – atau setelah tambahan waktu jika prosedur dimulai untuk kedua kalinya – mesin akan tetap hidup saat pemilik membuka kunci, masuk, mengerem, dan menekan tombol tombol START, yang akan menghidupkan semua sistem pada All-New BR-V.

Remote Keyless Entry (Sensor Sentuh Pintar)

Desain kunci memiliki pemancar yang terpasang di pegangan dengan tombol kunci dan buka kunci, yang memungkinkan pengemudi mengoperasikannya dengan mudah dalam satu sentuhan tanpa menggunakan tombol jarak jauh.

Walk Away Auto Lock

Fitur Walk Away Door Lock secara otomatis mengunci kendaraan
(1) Saat pengemudi meninggalkan kendaraan
(2) Ketika pemegang kunci berada 2 meter dari kendaraan atau lebih
(3) Ketika tidak ada kunci lain yang terdeteksi di dalam kendaraan.

Sebuah nada akan terdengar dan lampu hazard akan berkedip untuk memastikan bahwa kendaraan telah terkunci.

Tampilan Audio Layar Sentuh 7 inci

All-New BR-V menawarkan tampilan audio layar sentuh LCD dengan interface yang mudah digunakan.
Fitur ini dapat menghubungkan berbagai jenis ponsel pintar melalui Bluetooth, USB, yang juga dilengkapi fungsi hands-free untuk kenyamanan pengemudi, selain menggunakan steering switch sebagai switch dan shortcut switch.

Kemasan
“Joy of Traveling”

Fitur ini bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan dalam mengendarai sebuah SUV dan memenuhi harapan pelanggan serta berbagai gaya hidup dengan menyesuaikan kebutuhan mereka.

Dengan ground clearance dan stabilitas tinggi, pelanggan dapat menikmati berkendara di berbagai kondisi jalan dalam SUV Value. MPV Value juga tercermin pada ruang kabin lebih luas untuk kenyamanan semua penumpang di baris kedua dan ketiga.

All-New BR-V memberi kenyamanan berkendara dan ketenangan bagi pengemudi. Meski berukuran besar, kendaraan ini dapat dikendalikan dengan mudah, yang dimungkinkan oleh perbaikan posisi mengemudi dengan posisi mata lebih tinggi untuk visibilitas lebih baik.

Kinerja Dinamis

Sejalan dengan arah global “Enjoy the Drive”, All-New BR-V juga dikembangkan untuk memenuhi beragam karakteristik dan skenario jalan yang unik di Asia.

Performa dinamis dari All-New BR-V disempurnakan dengan menggabungkan tiga nilai inti untuk mewujudkan konsep besar “Jetliner Cross”. Kemampuan All-New BR-V dioptimalkan dalam “MPV Value”, dengan meningkatkan kemampuan kemudi dan stabilitas, serta kekokohan bodi untuk membuatnya lebih kompetitif.

SUV Value

• Tapak yang lebih lebar dan dimensi dasar roda lebih panjang untuk mendapat stabilitas seperti sebuah SUV
• Ground clearance lebih tinggi dan ban lebih besar
• Struktur bodi baru untuk kekokohan bodi yang seimbang

Nilai Value

• Pendingin udara yang lebih responsif dan lebih sejuk
• Paket NV lebih baik untuk kabin yang lebih tenang dan hening
• Bantalan pengurang getaran dan sandaran lengan tambahan untuk kenyamanan tempat duduk

Kenyamanan Mengemudi

Powertrain, sistem kemudi, dan sistem suspensi diperbarui dan secara eksklusif dirancang untuk memberikan kenikmatan berkendara yang diharapkan.

Powertrain

All-New BR-V didukung mesin bertenaga bensin, dalam transmisi otomatis dan manual, dengan performa seimbang antara konsumsi bahan bakar dan akselerasi, untuk kenyamanan berkendara yang lebih halus, lebih menyenangkan, dan efisiensi bahan bakar tinggi.

Mesin

All-New BR-V ditenagai oleh mesin 1.5L i-VTEC berbahan bakar bensin (In-line 4- silinder/DOHC/In-port injection) dengan tenaga maksimal 121 PS @6.600 rpm dan torsi maksimal 145 Nm @ 4.300rpm, yang diseimbangkan dengan pengalaman berkendara luar biasa dan efisiensi bahan bakar tinggi (+3% dari BR-V saat ini) bahkan ketika membawa banyak anggota keluarga. Mesin All-New BR-V juga mencapai standar tinggi regulasi Euro 4.

Mesin dengan keseimbangan tinggi ini menghasilkan efisiensi bahan bakar dan pengalaman berkendara tingkat tinggi dalam kombinasi dengan CVT atau MT 6-speed. Fitur unggulannya adalah kemampuan torsi dan efisiensi bahan bakar pada putaran mesin rendah dan menengah. Meski tenaga dan torsi maksimum hampir sama dengan kemampuan mesin BR-V saat ini, intelligent valve control dari fitur VTEC dan VTC dapat meningkatkan kemampuan torsi secara signifikan dari start hingga ke atas 4.000 rpm.

Pengemudi dapat merasakan karakteristik mesin dengan kendali yang lebih mudah dibandingkan versi sebelumnya, seperti pada jalan berkelok di perkotaan dan pinggiran kota, sementara efisiensi bahan bakar mesin telah ditingkatkan hingga 3% dibandingkan dengan mesin saat ini High-precision valve control technology unique for Honda (DOHC + VTEC + VTC)

DOHC (Double Over Head Camshaft)

DOHC memiliki camshaft di setiap sisi intake dan exhaust, karena timing valve dapat diatur secara independen, di mana efisiensi intake/exhaust meningkat signifikan dan mampu mencapai kinerja lebih tinggi. Selain itu, fleksibilitas pengaturan VTEC dan VTC, yang merupakan mekanisme katup variabel, dapat ditingkatkan dan selanjutnya mencapai kinerja yang diinginkan.

VTEC (Variable Valve Timing and Lift Electronic Control System)

Satu camshaft dilengkapi beberapa cam dengan profil berbeda dan waktu untuk membuka/menutup katup akan berubah dengan mengganti cam yang akan digunakan sesuai dengan kecepatan dan beban mesin, di mana berbagai karakteristik mesin dapat disesuaikan dengan profil cam. All-New BR-V fokus pada daya yang lebih tinggi dengan menggunakan VTEC rendah/tinggi untuk menggerakkan katup masuk.

Semakin tinggi putaran mesin, semakin pendek waktu pembukaan katup dalam satu siklus buka-tutup. High-power VTEC dapat menghasilkan daya tinggi dengan beralih ke cam rotasi tinggi dengan jumlah angkat katup lebih tinggi dan waktu pembukaan lebih lama daripada cam rotasi rendah dalam rentang rotasi tinggi.

VTC (Variable Timing Control)

Dengan mengubah sudut camshaft, waktu pembukaan dan penutupan katup akan terus berubah dan berlangsung mulus sesuai dengan kecepatan dan beban mesin. Ini mengoptimalkan jumlah tumpang tindih katup (jarak saat katup masuk dan katup buang terbuka).

Ini meningkatkan ketangguhan ketukan dan mengurangi hilangnya kekuatan pompa pada mesin baru, VTC digunakan pada sisi intake yang dikombinasikan dengan VTEC, untuk meningkatkan performa dari level sebelumnya.

Mesin baru ini memanfaatkan teknologi kontrol katup akurasi tinggi “DOHC + VTEC + VTC” yang meningkatkan efisiensi pembakaran, mengurangi gesekan, dan mengurangi emisi (zat berbahaya dalam gas buang). Ini adalah mesin berperforma tinggi dengan dampak lingkungan rendah namun mampu mewujudkan tenaga tinggi dan torsi besar.

Transmisi

M-CVT Modified (Continuously Variable Transmission) Sebuah CVT baru telah dikembangkan dan dioptimalkan agar semua dapat menikmati sebuah pengalaman berkendara yang mengesankan dan penghematan bahan bakar dari teknologi pengurangan gesekan terkini yang 4% lebih efisien.

Pengurangan Gesekan Dukungan Poros Sekunder

Dukungan poros sekunder diubah dari bantalan rol tirus (bantalan rol kerucut) menjadi bantalan bola untuk mengurangi gesekan.

Fully Open Acceleration Step-up Shift Control

Saat pedal gas ditekan sepenuhnya, rentang aplikasi rasio rendah diperluas untuk mengontrol rentang kecepatan mesin yang lebih tinggi. Ketika mesin mencapai kecepatan tinggi, perpindahan gigi dilakukan dengan menekan pedal transmisi (step-up shift). Kenikmatan berkendara dapat dirasakan saat akselerasi bertenaga bersatu dalam harmoni yang menyatu dengan suara mesin.

CVT adalah fitur yang secara konstan mampu mengontrol kecepatan mesin, menyeimbangkan efisiensi bahan bakar dan mengemudi dengan mengubah rasio secara mulus. Namun, hanya kecepatan mesin yang meningkat saat mesin terbuka penuh, sementara rasa yang menyatu antara kecepatan dan akselerasi kendaraan bisa berkurang.

Saat akselerasi terbuka penuh, kontrol shift step-up memanfaatkan kecepatan variabel selama pengendaraan normal untuk mengontrol rasio keseimbangan optimal antara efisiensi bahan bakar dan kecepatan, yang memungkinkan akselerasi yang terintegrasi dengan peningkatan kecepatan mesin ketika pengemudi membutuhkan akselerasi tinggi.

Brake Operation Step Downshift Control

Saat pedal rem diinjak kuat, kecepatan mesin dijaga tetap tinggi dengan menjaga rasio gigi tetap rendah, sementara saat putaran mesin berkurang, rasio roda gigi akan turun lebih rendah. Akibatnya, pengemudi dapat melakukan engine brake, dan re-akselerasi akan mendapat respons yang diinginkan karena putaran mesin terjaga tetap tinggi.

Transmisi Manual 6-Speed

All-New BR-V menawarkan akselerasi yang lebih mulus dan performa berkendara lebih baik dengan memperbarui transmisi manual 6-speed.

Kemampuan Transmisi Manual untuk kendaraan bermesin bensin ditingkatkan dengan mengikuti struktur dasar, yang mampu mencapai dimensi berkendara dan efisiensi bahan bakar lebih tinggi. Tenaga pendorong ditingkatkan hingga 8% untuk akselerasi lebih baik sementara rasio gigi dioptimalkan untuk perpindahan gigi yang lebih halus dan kenyamanan berkendara.

Dengan mengadopsi mesin 1.5L i-VTEC (PI), torsi kecepatan rendah hingga sedang meningkat jika dibandingkan dengan mesin saat ini, yang memungkinkan kendaraan mempertahankan putaran mesin rendah saat menjelajah dalam kecepatan tinggi, dan berkontribusi pada tingkat keheningan serta konsumsi bahan bakar.

Sasis

Untuk kendali yang lebih baik, stabilitas, dan pengendaraan yang lebih nyaman, kemampuan BR-V generasi ke-2 telah dioptimalkan di beberapa area.

Suspensi Depan

• MacPherson Strut secara eksklusif disesuaikan untuk tingkat kekokohan tinggi.

Suspensi Belakang

• Memanfaatkan kekokohan torsi tinggi dan Torsion Beam ringan
• Geometri suspensi belakang disesuaikan untuk meningkatkan tingkat peredaman dan kenyamanan

Sistem ESP

• Kolom EPS (motor brushless) dikontrol dengan presisi tinggi menggunakan linear assist characteristic

Performa Rem

• Sistem VSA di semua kelas All-New BR-V meningkatkan kekokohan dan kekuatan master rem, dengan ukuran kaliper rem depan lebih besar untuk keamanan dan kendali lebih baik.

Gardan Depan & Belakang

• Gesekan bearing berkurang 20% dari model saat ini

Ban

• Ukuran ban lebih besar dan ramah lingkungan meningkatkan koefisien rolling resistance 20% lebih rendah dari model saat ini

Performa Pendinginan A/C

Performa pendinginan dioptimalkan menyesuaikan kondisi cuaca dan lalu lintas di Asia. Kemampuan kondensor dan kompresor ditingkatkan pada kondisi mengemudi maupun idling, yang membuat AC di BR-V dapat mendinginkan suhu 12% lebih cepat dari model saat ini.

Kenyamanan Berkendara

Untuk pengalaman berkendara lebih nyaman, kemampuan beberapa fitur telah diperbaiki dan ditingkatkan.
• Bantalan pengurang getaran tambahan terpasang di kursi
• Geometri suspensi belakang dan karakteristik redaman disesuaikan untuk performa dan kenyamanan optimal.

Bodi

All-New BR-V memiliki platform terbaru yang mampu menurunkan bobot kendaraan, meningkatkan kekokohan, dan memperbaiki kinerja keamanan dari benturan.

Dengan struktur baru, jarak sumbu roda diperpanjang hingga 40 mm dari model saat ini.
Rasio aplikasi high-tensile steel yang ringan dan kuat telah ditingkatkan hingga 24% untuk meningkatkan daya tahan bodi dan mengurangi bobot kendaraan.

Berikut adalah detail informasi dimensi kendaraan :
• Panjang 4.490mm (+34)
• Wheelbase 2.700mm (+38)
• Lebar 1.780 (+45)
• Ground Clearance 220mm (+19)
• Tinggi 1.685 (+19)

Kekokohan Bodi

Kekokohan bagian depan dan belakang diseimbangkan kembali untuk mendapatkan stabilitas lebih baik.
All-New BR-V dilengkapi dengan bingkai melingkar besar, sebuah struktur bodi terkini yang sangat efisien dan secara signifikan memperkuat pilar C dan D, serta meningkatkan dan memperbaiki kekokohan di bagian belakang kendaraan.

Kinerja NVH

Untuk meningkatkan performa NVH, All-New BR-V meningkatkan kemampuan untuk meredam kebisingan mesin, kebisingan jalan, dan kinerja paket kedap suara untuk mendapat suasana kabin lebih tenang dengan getaran yang lebih rendah dan pengalaman berkendara lebih nyaman.

Perbaikan Pada Kebisingan Mesin

• Penutup kepala mesin disempurnakan untuk mengurangi radiasi suara mesin
• Kemampuan penutup Uretan ditingkatkan untuk mengurangi radiasi suara mesin
• Side mounted dengan modul dinamis untuk mengurangi getaran
• Trans mounting ditingkatkan untuk mengurangi getaran
• Dudukan batang torsi disempurnakan untuk mengurangi getaran

Paket kedap suara dioptimalkan di beberapa bagian dan area, termasuk sistem insulasi suara, spatbor belakang, penutup bawah, dan kap mesin.

All-New BR-V juga mengaplikasikan spray foaming di area panel bodi untuk meningkatkan keheningan, serta mencegah masuknya debu dan bau tidak sedap dari luar, yang meningkatan tingkat kedap udara kabin lebih dari 60% dibandingkan model saat ini.

Keamanan

Untuk pertama kalinya All-New BR-V dilengkapi dengan Honda SENSING dan beragam teknologi keamanan canggih, selain beberapa teknologi keamanan aktif dan pasif.

Honda SENSING

Sistem Honda SENSING menggunakan front wide view camera yang dapat mendeteksi fitur target dan mengenali berbagai objek, seperti kendaraan atau pejalan kaki.

Sistem mampu mengukur jarak dan posisi lateral objek berdasarkan perubahan ukuran objek target, berapa lama perubahan terjadi, dan kecepatan kendaraan. Ini memungkinkan kamera mengenali garis putih di jalan, pembatas jalan seperti trotoar, atau kendaraan lain seperti sepeda motor, sepeda, dan pejalan kaki

Fungsi Honda SENSING antara lain :

[BARU] Lead Car Departure Notification System (LCDN)

Sistem memberi informasi kepada pengemudi tentang pergerakan mobil di depan. Saat kendaraan berhenti, seperti di lampu lalu lintas, sistem akan memperingatkan pergerakan mobil di depan kepada pengemudi.
Jika sistem mendeteksi bahwa mobil di depan yang sebelumnya berhenti telah bergerak, sistem akan memberi peringatan pada tampilan audio dan multi-informasi kepada pengemudi.
Sistem bekerja ketika mendeteksi pergerakan mobil di depan dalam jarak 10 meter dan kendaraan tidak bergerak untuk meresponsnya.

Collision Mitigation Braking System (CMBS)

Sistem kamera baru dan perangkat lunak yang lebih canggih memungkinkan penggunaan CMBS di lebih banyak situasi, seperti mendeteksi pejalan kaki, sepeda atau sepeda motor di malam hari. Jika sistem mendeteksi kendaraan lain, pejalan kaki, atau sepeda dan mengestimasi potensi tabrakan, sistem akan memperingatkan pengemudi melalui tampilan audio dan multi-informasi. Dalam situasi darurat, sistem akan menerapkan pengereman kuat untuk menghentikan atau memperlambat kendaraan guna membantu menghindari potensi benturan atau mengurangi kerusakan.

CMBS bekerja ketika sistem mengestimasi adanya potensi tabrakan saat kendaraan bergerak di kecepatan 5 km/jam atau lebih, dengan kendaraan, pejalan kaki, atau sepeda yang bergerak dengan perbedaan kecepatan 5 km/jam atau lebih. Saat diaktifkan, sistem akan menghentikan atau memperlambat kendaraan untuk membantu menghindari tabrakan atau mengurangi kerusakan akibat benturan.

Road Departure Mitigation (RDM)

Sistem ini mendukung kendali kemudi saat kendaraan kemungkinan besar akan keluar dari lajur. Ketika ada kemungkinan kendaraan akan menyimpang dari lajur tanpa memberi tanda belok, system akan memicu getaran pada kemudi dan memberi peringatan visual.

Sistem ini juga mendukung pengendalian kemudi untuk menjaga kendaraan tetap berada di jalur sebelum tergelincir.
Fitur RDM bekerja pada kecepatan 72 km/jam atau lebih ketika kendaraan bergerak keluar jalan atau ketika sistem memprediksi bahwa kendaraan akan keluar dari jalan.

Adaptive Cruise Control (ACC)

Adaptive Cruise Control adalah fungsi pendukung untuk menjaga jarak dengan mobil di depan. Saat berkendara di jalan raya, sistem ini mendukung akselerasi dan pengereman untuk mengurangi beban pada pengemudi.

ACC juga dapat memberi respons lebih cepat saat kendaraan berpindah ke lajur terbuka dari belakang mobil yang bergerak lebih lambat atau saat mobil di depan bergerak lebih lambat untuk berpindah lajur. Sistem ACC aktif pada kecepatan 30 km/jam atau lebih.

Lane Keeping Assist (LKAS)

Sistem ini mengurangi beban pengemudi dengan mendukung pengoperasian kemudi agar kendaraan tetap berada di lajur tengah saat berkendara di jalan raya.

Jika sistem mendeteksi kendaraan tampak akan meninggalkan jalur, ia akan memberi getaran pada kemudi selain memberi peringatan pada tampilan audio dan multi- informasi. LKAS aktif saat kendaraan bergerak pada kecepatan 72 km/jam atau lebih.

Auto High Beam (AHB)

Auto High Beam membantu memastikan visibilitas pengemudi lebih baik dengan secara otomatis beralih antara lampu sorot rendah atau tinggi saat berkendara di malam hari. Sistem akan memberi visibilitas terbaik dan mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk mengganti fungsi lampu depan secara manual.

Sistem mampu mendeteksi kendaraan di depan, kendaraan lain yang akan mendahului, dan lampu jalan, untuk kemudian dengan otomatis beralih antara lampu sorot rendah dan tinggi. Sistem juga mampu secara otomatis beralih ke lampu jauh saat berkendara di jalan gelap di malam hari. Sistem AHB bekerja di kecepatan 30 km/jam atau lebih.

Teknologi Keamanan Lainnya

Keamanan Pasif

Teknologi keselamatan pasif mencakup bodi Advanced Compatibility Engineering™ (ACE™), yang meningkatkan perlindungan sekaligus mengurangi potensi kerusakan pada kendaraan lain; termasuk mengurangi potensi cedera pejalan kaki di bagian depan dan samping kendaraan, yang membantu mengurangi keparahan cedera kepala pada pejalan kaki.

Advanced Compatibility Engineering™ (ACE™)

Body Struktur ini memanfaakan ruang mesin untuk secara efisien menyerap dan menyebarkan energi saat kendaraan menabrak kendaraan lain. Sistem ini terdiri atas struktur rangka utama yang sangat efisien menyerap energi, rangka di sisi atas yang menyerap daya benturan di bagian atas, dan struktur bagian bawah yang membantu mencegah misalignment rangka kendaraan yang terlibat dalam benturan.

Desain ini menyebarkan gaya tumbukan ke area depan yang lebih besar, yang meningkatkan penyerapan energi dari ruang mesin, mengurangi kemungkinan deformasi ruang penumpang dan menambah tingkat perlindungan bagi penumpang. Pada saat yang sama, struktur mengurangi kemungkinan misalignment vertikal atau lateral antara kendaraan dan struktur keselamatan kendaraan lain.

Saat tumbukan frontal terjadi, struktur bodi konvensional umumnya memusatkan beban dari tumbukan melalui dua jalur yang berjalan membujur melalui bagian bawah rangka. Rangka sisi depan struktur bodi dirancang untuk mencegah deformasi kabin dengan mendistribusikan gaya melalui beberapa jalur bantalan beban utama yang jauh dari kabin penumpang.

Hasil keseluruhannya adalah tingkat kekokohan lentur dan berputar yang tinggi pada bodi kendaraan yang dikombinasikan dengan peningkatan crash-worthiness tanpa tambahan beban berat.

Perlindungan Pejalan Kaki

Mengikuti filosofi Honda Safety for Everyone, yang berfokus pada peningkatan keselamatan bagi semua pengguna jalan, All-New BR-V dirancang untuk mencegah dan mengurangi potensi cedera pada pejalan kaki melalui mitigasi benturan dan menghindari kemungkinan tabrakan.

Side Curtain Airbag

Airbag ini mengurangi dampak benturan pada kepala penumpang saat benturan di samping kendaraan terjadi, dengan melebarkannya seperti sebuah tirai. Fitur ini telah diterapkan sejak 2002 dan telah dipasang di berbagai model, termasuk All-New BR-V.

Side Airbag

Airbag samping dipasang untuk memberi perlindungan dan mengurangi potensi cedera pada penumpang, dengan jenis kapasitas bervariasi dan struktur ganda unik ‘airbag di dalam airbag”. Saat airbag pertama di dalam bereaksi memompa udara pada tekanan tinggi, kantong kedua di bagian luar dengan lembut memompa udara pada tekanan rendah dan secara efektif melindungi penumpang serta mengurangi dampak benturan pada penumpang.

Keamanan Aktif

Teknologi keselamatan aktif membantu pengemudi dengan memberi masukan yang dibutuhkan untuk memberi ketenangan saat mengemudi.

LaneWatch

Meningkatkan pandangan kondisi lalu lintas di sisi penumpang, sebuah kamera kecil di kaca spion di sisi penumpang dapat diaktifkan secara manual atau otomatis saat pengemudi memberi isyarat untuk berpindah jalur. Video akan langsung ditampilkan di layar dan memberikan pengemudi tampilan area blind spot yang lebih luas dibandingkan menggunakan kaca spion saja.

Rear Seat Reminder

Peringatan melalui suara dan tampilan multi-informasi yang mengingatkan pengemudi untuk memeriksa anak atau benda lain di kursi belakang setelah pengemudi mematikan mesin dan turun dari kendaraan.

Sensor Parkir

Sensor sonar di bagian belakang kendaraan akan mendeteksi adanya rintangan di sekitar kendaraan dan memberi informasi melalui suara dan tampilan pada display. Sistem juga mampu memberikan peringatan dengan mengubah suara dan warna indikator sesuai jarak dari kendaraan ke rintangan.

Vehicle Stability Assist (VSA)

Vehicle Stability Assist (VSA) adalah sebuah sistem yang dirancang untuk mencegah kendaraan selip saat menikung, yang melengkapi ABS (yang mencegah roda terkunci) dan TCS (Transaction Control System) untuk membantu memastikan stabilitas kendaraan pada sebagian besar kondisi berkendara – melaju, berbelok, dan berhenti.

Emergency Stop Signal (ESS)

Sistem ini akan secara otomatis mengaktifkan rem dan lampu hazard ketika ia mendeteksi situasi berhenti darurat. Lampu akan berkedip cepat untuk memperingatkan kendaraan di belakang bahwa kendaraan akan segera berhenti, untuk mengurangi risiko tabrakan.

Sistem ESS akan aktif saat pengemudi mengerem tiba tiba pada kecepatan 50 km/jam atau lebih. Lampu peringatan bahaya akan berkedip cepat untuk memperingatkan pengemudi di belakang bahwa pengereman mendadak telah terjadi. Ini dapat membantu mengingatkan pengemudi di belakang untuk mengambil tindakan dan berusaha untuk menghindari tabrakan.

Hill Start Assist (HSA)

Fungsi Hill Start Assist membantu mencegah kendaraan terguling ke belakang saat beralih dari pedal rem ke pedal gas ketika kendaraan berhenti di jalan menanjak. Hill Start Assist secara otomatis akan aktif saat kendaraan merasakan kemiringan tertentu dan berhenti sepenuhnya pada gigi maju mana pun, saat kendaraan menanjak ke atas atau pada gigi mundur saat kendaraan berada di jalan menurun.

Sistem ini menggunakan sensor G longitudinal dengan sensor kecepatan roda untuk mengontrol modulator rem hidrolik. Saat diaktifkan, Hill Start Assist akan melepaskan rem saat pengemudi menginjak pedal gas atau jika pengemudi tidak menekan pedal gas setelah beberapa detik.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here