GIIAS 2023 Tampilkan Banyak Model Baru, Bagaimana Mobil Listrik ?

MG dan EVolusinya Memukau Para Menteri serta Pengunjung di Hari Pertama GIIAS 2022!
Penampilan MG pada GIIAS 2022.

RAJAMOBIL.COM, JAKARTA–Kendaraan listrik memang sedang menjadi buah bibir masyarakat luas.

Adanya upaya sejumlah pabrikan yang memberanikan diri memasarkan kendaraan listrik tentunya patut diacungi jempol.

Itu sebagai upaya meninaklanjuti kebijakan pemerintah terkait kendaraan listrik.

Ajang pameran GAIKINDO International Indonesia Auto Show (GIIAS) 2023 yang mengusung tema FUTURE NOW, tersebut adalah representasi masa depan industri otomotif Indonesia, termasuk kesiapan Indonesia memasuki era kendaraan listrik.

GIIAS akan menghadirkan lebih banyak model kendaraan dari merek kendaraan penumpang, komersial, dan juga karoseri, yang menggunakan area pamer yang lebih luas dari penyelenggaraan sebelumnya.

“Tahun ini GIIAS akan hadir secara komprehensif, dalam arti mencakup merek yang lebih banyak dan lebih lengkap,” kata Ketua Umum GAIKINDO.

Selain masalah baterai sebagai sumber tenaga penggerak, angka penjualan kendaraan listrik di Indonesia yang dinilai masih kecil.

Terkendala Economic Scale

Tahun 2022 lalu angka penjualan kendaraan bermotor listrik hanya 10.000. Sebagai gambaran untuk kendaraan bermotor dinilai berhasil apabila terjual sebanyak 250.000 unit.

Itupun pabrikan setidaknya tiap empat tahun sekali melakukan perbaikan atau peremajaan model.

“Secara economic scale belum masuk orang tidak berani bikin,” kata Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi, Rabu (25/5).

GAIKINDO terus mendukung percepatan industri Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) yang diusung pemerintah.

“Kami yakin edukasi dan informasi konstan dari GIIAS untuk masyarakat, industri KBLBB akan lebih cepat tercapai,” jelasnya.

Pemerintah Indonesia sendiri mentargetkan industri dalam negeri dapat memproduksi kendaraan listrik sebanyak 600 ribu unit, hingga tahun 2030.

“Edukasi dan informasi tentang kendaraan listrik masih menjadi fokus industri otomotif Indonesia dan GIIAS tahun ini,” kata Nangoi.

GIIAS Perkenalkan Merek dan Mobil Baru

Selain penjualan produk baru, GIIAS 2023 juga akan menampilkan perkembangan teknologi otomotif terkini menjadi nilai tambah bagi konsumen pecinta otomotif.

Nangoi mengakui pameran GIIAS ke-30 ini juga menjadi ajang transaksi penjualan kendaraan bermotor bagi produsen kendaraan atau agen pemegang merek (APM) untuk menjual produk mereka.

Pada GIIAS 2022 lalu terjadi 26.000 transaksi penjualan dalam 10 hari pameran dengan nilai Rp 11,7 triliun. “Angka itu tidak kecil untuk pameran selama 10 hari,” kata Nangoi.

Namun pihaknya berupaya konsisten GIIAS 2023 terus mendorong program terobosan untuk memberikan edukasi dan stimulasi langsung tentang teknologi dan inovasi kendaraan masa depan ke para pengunjung.

Ke-30 peserta yang hadir pada pameran ini akan menampilkan produk unggulan mereka, termasuk yang baru.

“Tahun ini GIIAS akan menghadirkan program edukasi dan simulasi otomotif seru untuk para pengunjung, kami mempersiapkan test drive dan test ride yang akan tampil beda,” jelas Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran GAIKINDO

Astra Financial (AF) kembali hadir sebagai platinum sponsor GIIAS 2023.

AF hadir bersama FIFGROUP, Astra Credit Company, Toyota Astra Financial, Asuransi Astra, Astra Life, Astra Pay, dan MauCash, MOXA, dan SEVA.

GIIAS 2023 juga mendapatkan dukungan Powered by Pertamina, Mobbi sebagai Official Trade in Partner serta sponsor lainnya GT Radial, JKIND, Protera, AHM.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?