Luar Biasa, Panitia Harus Menolak Calon Peserta GIIAS 2023

giias 2023
Panitia Harus Menolak Calon Peserta GIIAS dok rajamobil

RAJAMOBIL.ID,JAKARTA–Animo peserta pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun ini ternyata mengejutkan.

Banyaknya calon peserta yang hendak mengikuti pameran bergengsi tersebut membuat panitia terpaksa menolak beberapa calon peserta.

“Yang ditolak industri pendukung, tapi seluruh anggota GAIKINDO kami tampung, ini luar biasa” kata Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi, Kamis (14/7).

Menurutnya, beberapa peserta pameran meminta panggung dengan ukuran lebih besar.

Namun pihak penyelenggara menolaknya karena keterbatasan tempat dan banyaknya jumlah peserta yang hadir dalam pameran GIIAS ke-30 ini.

Pihaknya juga sedang mempertimbangkan penggunaan tenda tambahan yang nyaman bagi stand pameran bila jumlah peserta bertambah.

“Tapi itu bukan tahun ini, mungkin tahun depan,” katanya.

Tahun ini GIIAS akan menghadirkan total 49 merek kendaraan bermotor, termasuk 29 merek kendaraan penumpang.

Seperti Audi, BMW, Chery, Citroen, Daihatsu, DFSK, GWM Tank, Haval, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Maxus, Mazda, Mercedes-Benz, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Ora, Porsche, Seres, Subaru, Suzuki, Toyota, Volkswagen, Volvo, Wuling.

5 merek dari kendaraan komersial hadir. Seperti Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Toyota Komersial, UD Trucks.

Serta 15 merek dari kendaraan roda dua; Alva, Aprilia, Astra Honda Motor, Benelli, Exotic, Harley-Davidson, Ion Mobility, Keeway, Motoguzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal Enfield, Segway, dan Vespa.

Peringkat ke-11 Dunia

Nangoi juga menjelaskan masuknya merek-merek kendaraan baru ke tanah air membuktikan potensi besar pasar otomotif Indonesia.

Secara global produksi kendaraan bermotor di Indonesia saat ini menduduki peringkat ke-11, sementara untuk market domestik Indonesia berada di posisi ke-14 di dunia.

“Dengan jumlah total penduduk mencapai lebih dari 275 juta jiwa, dan rasio kepemilikan mobil sebesar 99 unit per 1.000 penduduk, Indonesia memiliki pasar potensial terbesar di Asia Tenggara,” jelasnya.

Ia menambahkan Indonesia memiliki potensi untuk terus meningkatkan angka ekspor.

Terutama dengan memanfaatkan letak geografis indonesia untuk memperluas negara tujuan ekspor ke negara ASEAN serta Australia.

Penyelenggaraan GIIAS juga menunjukkan inovasi produk kendaraan dan komponen produksi dalam negeri kepada dunia internasional.

Untuk para pengunjung GIIAS 2023 telah mempersiapkan cara mudah mendapatkan tiket masuk, bahkan pada hari khusus VIP yang akan berjalan di hari pertama pembukaan pameran.

Pada tanggal 14 Juli 2023, GIIAS akan membuka penjualan khusus VIP Ticket Presale.

Para pengujung dapat membeli tiket terbatas untuk masuk di hari pertama pembukaan pameran GIIAS 2023 hanya seharga 30 ribu rupiah, tersedia hanya di aplikasi Auto360.

Rangkaian pameran GIIAS 2023 The Series akan berlangsung pada empat kota di pulau Jawa.

Seperti di Surabaya  20 – 24 September 2023. Di Grand City Convex, Semarang pada 18 – 22 Oktober 2023.

Di Marina Convention Center. Ditutup dengan GIIAS di kota baru, GIIAS Bandung pada 22 – 26 November 2023, di Sudirman Grand Ballroom.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?