Tesla Resmi Masuk Malaysia, Bagaimana Dengan Indonesia?

Tesla Resmi Masuk Malaysia
Launching Tesla di Pavilion, Kuala Lumpur. Source: insideevs.com

JAKARTA, RAJAMOBIL.com – Tesla telah resmi masuk Malaysia, tapi tujuan bisnisnya bukan untuk membangun pabrik mobil listrik di negara itu. Ini menunjukkan bahwa Indonesia masih memiliki peluang untuk menjadi pusat produksi mobil listrik Tesla di Asia Tenggara.

Beberapa waktu lalu, ada kabar bahwa Tesla tertarik untuk melakukan investasi di Indonesia. Kabarnya, perusahaan milik bilioner Elon Musk ini tertarik untuk membangun pabrik produksi mobil listrik di Indonesia. Namun hal ini belum terjadi hingga saat ini. Untuk memastikan investasi Tesla di Indonesia, Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, akan bertemu dengan Elon Musk lagi pada 2 Agustus 2023.

Sementara itu, Tesla resmi masuk dan berinvestasi di Malaysia. Bahkan, Tesla telah membuka pendaftaran untuk pemesanan mobil listrik murah Model Y.

Tesla mengembangkan empat hal utama di Malaysia

Pertama, Tesla meluncurkan mobil listrik di Malaysia dengan harga yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan harga Tesla di Indonesia.

Harga Tesla Model Y di Malaysia

  • Standard Range RWD: 199.000 Ringgit Malaysia (Rp 656 Jutaan)
  • Long Range AWD: 246.000 Ringgit Malaysia (Rp 811 Jutaan)
  • Performance AWD: 288.000 Ringgit Malaysia (Rp 950 Jutaan)

Harga Tesla Model Y di Indonesia

  • Standard Range RWD (OTR Jakarta): Rp 1.800.000.000
  • Long Range Dual Motor All-Wheel Drive (OTR Jakarta): Rp 2.000.000.000

Baca juga: Evolusi Mobil Listrik: Perjalanan Melalui Sejarah

Tesla akan membangun dan mengembangkan jaringan stasiun pengisian daya cepat, Supercharger khusus untuk mobil Tesla dan mobil listrik reguler di seluruh lokasi strategis di Malaysia.

Selain itu, Tesla akan membuka Kantor Cabang dan Pusat Layanan tercanggihnya di Cyberjaya, Selangor, Malaysia. Fasilitas itu berfungsi sebagai pusat untuk semua operasi perusahaan, termasuk pemasaran, pelatihan, aktivitas dukungan pelanggan, dan layanan kendaraan. Dilengkapi dengan alat diagnostik canggih dan dikelola oleh teknisi Tesla yang sangat terlatih, fasilitas itu memastikan bahwa pelanggan menerima layanan purnajual yang cepat dan andal.

Terakhir, Tesla akan membangun Pusat Pengalaman di kawasan metropolitan utama Malaysia. Pelanggan dapat melihat dan mencoba model EV terbaru secara langsung dengan fasilitas ini. Pusat-pusat ini akan menawarkan calon pembeli ruang interaktif di mana mereka dapat mempelajari manfaat mobilitas listrik.

Baca juga: Pertamina Meluncurkan Pertamax Green 95

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?