Ternyata MPV Premium Ini Sukses Menguasai 85% Pangsa Pasar, Ini Penyebabnya

alphard
Ternyata MPV Premium Ini Sukses Menguasai 85% Pangsa Pasar, Ini Penyebabnya. dok TAM

RAJAMOBIL.COM,JAKARTA–Hadir selama 15 tahun di pasar premium luxury MPV, tak mengherankan bila Toyota Alphard mendominasi segmen  MPV premium  di Indonesia. Itu tampak dari dominasinya tahun lalu di kelas ini hingga 85 %.

Capaian itu tidak terlepas dari begitu banyak sentuhan inovasi fitur canggih. Sehingga tidak hanya memberikan kenyamanan berkendara terbaik, MPV ini juga memperkuat positioningnya di segmen luxury vehicle.

“Toyota Alphard telah menjadi pemimpin pasar di kelasnya sejak datang ke Indonesia  tahun 2008 sampai kini,” kata President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Ueda.

Kini All New Alphard memiliki opsi Hybrid Electric Vehicle (HEV) lebih efisiensi, powerful, dan low emission sebagai bagian dari langkah penyediaan carbon-neutral mobility dari Toyota.

All New Alphard yang hadir di GIIAS 2023 memiliki 4 pilihan tipe. Mulai dari basic model 2.5 X, 2.5 G, dan 2.5 HV.

Disain Atraktif

Mengusung tema ‘The Joy of Comfortable Mobility’ menggunakan platform Toyota New Global Architecture (TNGA), target pengurangan noise vibration harsh (NVH) yang tinggi merupakan upaya menjamin kualitas berkendara terbaik di kelasnya.

Aplikasi peredam kejut yang secara mekanis menyesuaikan gaya redam berdasarkan frekuensi getaran yang ditransmisikan dari permukaan jalan, memberikan keuntungan ganda berupa kemampuan manuver dan stabilitas yang unggul.

Serta menyerap getaran kecil yang tidak diinginkan dari permukaan jalan.

Atensi pada detail yang kompleks ini sanggup meredam getaran sekitar 30% dibandingkan pendahulunya.

Tantangan aerodinamika terasa saat ingin mengurangi kebisingan dari permukaan jalan dan gerakan mobil dari terpaan angin.

Mengingat posturnya yang besar dan mengotak khas Boxy MPV.

All New Alphard menggunakan ban low noise dan menambah bahan peredam suara di kap mesin untuk mengurangi noise.

Rancangan khusus tampak dari bentuk kap mesin, kaca spion, dan pilar A, serta penambahan sirip di beberapa sudut agar angin dapat mengalir dengan smooth.

Dengan menekan kebisingan sebaik mungkin dan menetapkan frekuensi gelombang suara yang seimbang, interior MPV ini menjanjikan ketenangan yang luar biasa.

“Salah satu daya tarik utama Toyota Alphard sejak pertama hadir adalah desain luar yang terbilang atraktif untuk sebuah Big MPV,” kata Vice President PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Gerakan naik-turun yang terjadi pada roda depan dan belakang ketika melewati jalan pegunungan, ditekan dengan Body Pitching Control yang membuat gerakan mobil lebih tenang dan halus.

Terpaan angin kencang dari samping mobil (crosswind) yang dapat mendorongnya hingga pindah lajur, diatasi fitur S-VSC (Side-Vehicle Stability Control).

Fitur Melimpah

All New Alphard juga memiliki panel instrumen di balik kemudi berukuran 12.3 inch Full TFT dan Head Up Display (HUD) di atasnya. 14 inch High Grade Audio Monitor di tengah dashboard, wireless charger, dan Electrostatic Switch di kemudi ada pada semua tipe.

Power Back Door with Voice Command dan Digital Video Recorder sebagai dashboard camera terintegrasi dengan smartphone. Tipe 2.5 HV mendapatkan paddle shift, Detachable Smartphone-like Remote Control, natural leather seat, dan seat massage.

Sedangkan, tipe 2.5 G dan 2.5 HV disematkan Captain Seat with Large Headrest and Electric Power, di mana jok tipe 2.5 G dibungkus synthetic leather.

Mencegah Kantuk

All New Alphard 2.5 HV yang menggunakan hybrid engine berkode A25A-FXS 2.487 cc 4-silinder bertenaga 140 kW pada 6.000 rpm dan torsi 239 Nm pada 4.300–4.500 rpm.

Mesin ini menggunakan teknologi yang mereduksi ukuran dan berat serta lebih efisiensinya dan bertenaga.

Tipe 2.5 X dan 2.5 G menggunakan gasoline engine berkode 2AR-FE 2.494 cc 4-silinder. Bertenaga 134 kW pada 6.000 rpm dan torsi 235 Nm pada 4.100 rpm yang juga diteruskan transmisi CVT ke roda depan.

Hanya Ada 2 pilihan warna All New Alphard, Platinum White Pearl dan Black. Sedangkan untuk interior, tersedia pilihan warna Black untuk diseluruh tipe.

Active Safety Package Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 hadir sebagai bentuk perlindungan kepada pengemudi dan membantu mencegah kecelakaan sedini mungkin. Pre Collision System (PCS) mencegah mobil menabrak dari belakang.

Dynamic Radar Cruise Control (DRCC) menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan di jalan tol.

Lane Departure Assist (LDA) mencegah mobil secara tidak sengaja meninggalkan lajurnya.
Lane Tracing Assist (LTA) membantu mobil supaya tetap berada di tengah lajurnya.

Adaptive High Beam (AHB) akan menyalakan lampu jauh (high beam) secara otomatis dan beradaptasi saat ada kendaraan lain di depan di malam hari.

Terbaru adalah Driver Monitoring System (DMS) untuk menjaga kewaspadaan pengemudi dari risiko mengantuk saat mengemudi mobil.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?