Pertamina Berencana Menghapus Pertalite Mulai Tahun 2024!

Pertamina Berencana Menghapus Pertalite
Source: pertamina

JAKARTA, RAJAMOBIL.com – PT Pertamina (Persero) berencana menghapus Pertalite pada tahun 2024. Nantinya Bahan Bakar Mesin (BBM) jenis Pertalite akan digantikan dengan Pertamax Green 92. Pertamina berencana menghapus Pertalite mulai tahun depan, terungkap dalam rapat dengar pendapat di Komisi VII DPR RI, Rabu (30/8/2023).

Penghapusan bahan bakar jenis Pertalite ini sejalan dengan peraturan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) 20/2017 di mana produk BBM yang bisa di jual di Indonesia minimal RON 91.

Baca juga: Pertamina Meluncurkan Pertamax Green 95

Langkah ini merupakan lanjutan dari Program Langit Biru. Pada tahun 2021, Pertamina menaikan BBM subsidi dari RON 88 menjadi RON 90. Namun, kajian Program Langit Biru Tahap 2 tersebut masih di lakukan secara internal dan akan di usulkan ke pemerintah sebelum di putuskan.

Selanjutnya, Pertamina hanya akan memasarkan tiga jenis bahan bakar, yaitu Pertamax Green 92, Pertamax Green 95, dan Pertamax Turbo. Sebenarnya, Pertamax Green 92 merupakan campuran Pertalite RON 90 dengan etanol 7 persen. Sedangkan Pertamax Green 95 merupakan campuran Pertamax RON 92 dengan etanol 8 persen.

Dengan bahan bakar ramah lingkungan dan rendah karbon, Pertamina berharap dapat memberikan manfaat baik dari sisi aspek lingkungan dengan menurunkan karbon emisi dan menurunkan impor BBM.

Baca juga: Tips Lulus Uji Emisi Kendaraan!

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?