Menguak Rahasia Irit Mesin Baru Truk Volvo

Volvo
RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Para calon pembeli truk Volvo layak menunggu versi terbaru truk asal Swedia ini karena diklaim bakal lebih irit ketimbang model lawas.
Tapi mereka harus sedikit bersabar, karena truk anyar Volvo yang lebih irit itu baru akan diproduksi medio tahun depan. Adapun mesin Volvo yang bakal mendapat pembaruan itu meliputi mesin berkode D11, D13, dan Volvo D13, yang semuanya masuk ke dalam model 2017.
Apa rahasia di balik keiritan mesin baru truk Volvo itu? Menurut Goran Nyberg, presiden Volvo Trucks North America, seperti dilansir truckadvisor, rahasianya berada di penyematan teknologi turbo.
Volvo
Volvo
Volvo menyebutkan bahwa penggunaan sejumlah fitur anyar yang mendukung teknologi turbo itu akan membuat efisiensi bahan bakar akan meningkat sekitar 2,2% hingga 6,5% dibandingkan dengan truk model 2014. Pencapaian itu didukung oleh pemakaian piston berdesain unik, yaitu dibuat beralur sedemikian rupa sehingga dapat menciptakan campuran udara dengan bahan bakar secara sempurna.
“Jajaran mesin Volvo 2017 adalah mesin paling irit yang pernah kami pasarkan di Amerika Utara,” imbuh Goran Nyberg.
Ia menjabarkan bahwa desain piston unik tersebut dapat membantu meningkatkan rasio kompresipada mesin D13 dari 16:1 menjadi 17:1, dan semakin tinggi kompresinya maka akan semakin irit bahan bakarnya.
Selain itu, mesin anyar tersebut juga dibekali common-rail system dan EGR flow sensor model barue. Jika common-rail system berkontribusi pada efisiensi bahan bakar dengan mengatur kontrol fuel injection dan meningkatkan kontrol tekanan bahan bakar, untuk EGR flow sensor bertugas mengurangi kondensasi (pengabutan) dan penimbunan jelaga.
“Tak hanya itu, common-rail system juga berperan penting dalam mengurangi suara bising mesin, sehingga pengemudi dan penumpangnya akan merasa nyaman berada di dalam kabin truk Volvo,” ucapnya.
Untuk mesin-mesin baru yang akan dibekali sejumlah fitur terkini itu mencakup paket dapur pacu Volvo XE, dan semua itu akan diproduksi pertengahan tahun depan. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here