Truk Mercedes Punya Teknologi Digital Secanggih Sedan

Fullyloaded

RAJAMOBIL.COM, Stuttgart – Mercedes-Benz Trucks baru saja mengumumkan dua layanan digital baru dan dua sistem keselamatan anyar. Teknologi ini akan dipamerkan di ajang IAA commercial vehicles show di Hannover, Jerman, pada September 2016.

Mengantisipasi pemakaian teknologi digital dalam bisnis transportasi yang kian meluas, Mercedes-Benz Uptime dan FleetBoard Store for Apps, akan dibenamkan pada kendaraan angkut berat Mercedes-Benz.

Mercedes-Benz Uptime, yang akan diluncurkan di IAA pada September, merupakan layanan baru yang diharapkan dapat meningkatkan ketersediaan kendaraan dalam operasional harian.

Menurut Mercedes-Benz Truck melalui laman resminya, layanan itu bekerja dalam tiga langkah, yakni memberikan evaluasi real-time terhadap truk, jadwal janji yang fleksibel, dan informasi untuk perawatan dan perbaikan.

Fullyloaded
Fullyloaded

Menurut Mercedes-Benz, operator akan dihubungi secara aktif sebelum sukucadang perlu diganti atau butuh perbaikan. Hal ini berkat data real-time data yang didapat dari sukucadang truk, sehingga dapat mencegah komponen rusak tanpa diketahui.

Sementara terkait dengan jadwal janji servis dan informasi perbaikan, Mercedes mengatakan pihaknya akan mengizinkan operator untuk menentukan jadwal yang ideal.

Selain itu, Mercedes-Benz juga memperkenalkan dua teknologi keselamatan, yang diklaim dapat menciptakan jalan raya yang lebih aman bagi pejakan kaki dan pesepeda. Teknologi itu adalah Sideguard Assist dan Active Brake Assist 4 Mercedes-Benz Trucks.

Sideguard Assist adalah sistem pendukung yang dapat ‘memperingatkan’ pengemudi terhadap pejakan kaki dan pesepeda saat berada dalam tikungan. Sedangkan Active Brake Assist 4 mampu mendeteksi pejalan kaki di lalu lintas perkotaan dan secara otomatis mengaktifkan rem jika terdeteksi ada pejalan kaki yang berpotensi tertabrak.

Sistem ini adalah penerus dari Active Break Assist 3, yang dapat mengaktifkan rem untuk merespons objek bergerak dan diam di depan truk. Untuk Active Brake Assist 4 dapat merespons pejalan kaki yang berjalan di antara mobil yang parkir menuju ke arah jalan raya.

Untuk teknologi digital berikutnya adalah FleetBoad Store for Apps, yang akan menjadi platform terbuka bagi pengembang pihak ketiga. Mercedes-Benz mengatakan teknologi ini akan beroperasi layaknya iTunes pada gadget lansiran Apple, dan teknologi ini baru akan diluncurkan pada awal 2017.

Dengan teknologi pintar tersebut akan membuat pengoperasian truk Mercedes-Benz lebih aman dan ramah bagi pejalan kaki dan pesepeda seperti yang diterapkan pada sedan mewah saat ini. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here