Toyota Siap Luncurkan Bus Besar Berbahan Bakar Hidrogen

carscoops

RAJAMOBIL.COM, Tokyo – Toyota akan mencatat sejarah dengan rencana meluncurkan bus tanpa emisi berbahan bakar hidrogen.

Tak hanya bus ukuran besar, Toyota juga tengah menyiapkan kendaraan bermesin bongsor lainnya, semacam pickup besar, untuk dicangkokan dengan teknologi fuel cell hidrogen.

Untuk bus berbahan bakar hidrogen ini bahkan sudah diujicoba sejak tahun lalu, dan siap diluncurkan pada 2017 mendatang, demikian pernyataan Toyota melalui laman resminya.

Secara desain, bus fuel cell hidrogen milik Toyota ini tak kalah dari bus besar asal Eropa, seperti Mercedes-Benz, Scania atau MAN. Tampilan depannya juga terlihat modern dengan desain klaster lampu mirip bentuk bumerang, serta mengadopsi dek rendah untuk memudahkan akses penumpang.

Tak cuma terdapat logo Toyota, teknologi fuel cell yang digunakan bus ini juga mengadopsi teknologi milik kendaraan Toyota lainnya, terutama adalah Toyota Fuel Cell System. Teknologi ini sebenarnya dikembangkan untuk Mirai, sedan pertama Toyota yang menggunakan teknologi fuel cell hidrogen.

Untuk bus, fuel cell memiliki output maksimum 9 kW dan beberapa tangkinya dapat menampung hidrogen setara listrik berkapasitas 235 kWh.

Menariknya, dengan sumber daya listrik yang begitu besar, bus ini bisa dijadikan semacam pembangkit listrik untuk situasi darurat, seperti ketika proses evakuasi di lokasi bencana.

Dengan demikian, kehadiran bus hidrogen Toyota untuk menunjang kegiatan di ajang Olimpiade Tokyo 2020 dinilai sangat tepat karena dapat dimanfaatkan dalam situasi darurat di tengah pesta olahraga terbesar sejagat itu.

Hal ini juga sejalan dengan anjuran pemerintah Jepang yang mendesak pabrikan mobil untuk lebih banyak melibatkan kendaraan ramah lingkungan dalam mendukung kegiatan di ajang olimpiade.

Berdasarkan data, tercatat sekitar 6.000 kendaraan akan menunjang berbagai kegiatan di Olimpiade 2020.

Untuk bus hidrogen (H2) Toyota sendiri akan diproduksi oleh Hino, yang merupakan anak perusahaan Toyota.

Bus H2 Toyota bahkan sudah akan dioperasikan untuk melayani rute tertentu di Tokyo mulai awal 2017. Dan sebelum dimulainya penyelenggaraan olimpiade, akan ada lebih dari 100 bus H2 Toyota yang beredar di jalan.

Kemudian Toyota akan meluncurkan versi terbaru dari bus H2 pada 2018. Untuk diketahui, bus H2 versi awal menggunakan dua unit fuel cell dan delapan tangki hidrogen. [yog]

Tertarik dengan jajaran mobil Toyota? Segera cek penawaran di sini!

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here