Kemenperin Siap Kaji Komponen Penerima BMDTP

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Produsen komponen otomotif akan segera mendapat kejelasan mengenai produk apa saja yang bakal mendapat bea masuk ditanggung pemerintah (BMDTP).

Kepastian itu didapat setelah Kementerian Perindustrian menyatakan akan melakukan pengkajian terhadap jenis produk komponen otomotif yang mendapatkan fasilitas bea masuk ditanggung pemerintah (BMDTP).

“Kami sedang menyiapkan dan ditargetkan dalam waktu satu bulan rincian atau daftar yang lebih detail dari produk yang mendapatkan fasilitas BMDTP akan selesai,” kata Direktur Jenderal (Dirjen), Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan, di Jakarta, Senin (25/1).

Putu menilai, pemberian fasilitas BMDTP itu bukan bertujuan untuk mematikan industri komponen di Tanah Air atau mempermudah importasi barang.

“Fasilitas BMDTP akan meningkatkan daya saing industri komponen otomotif nasional,” papar dia.

Sedangkan Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono, mengatakan, dengan adanya fasilitas BMDTP, akan mempengaruhi minat investasi industri komponen di Indonesia.

“Jika pemerintah mampu memancing minat investasi di sektor tersebut, secara tidak langsung akan menekan biaya produksi kendaraan bermotor,” tutur Warih.[yog].

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here