Pemilik Mobil Daihatsu Banyak Gunakan Suku Cadang Imitasi?

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Populasi kendaraan di Indonesia saat ini terbilang cukup besar. Seiring dengan hal tersebut kebutuhan akan suku cadang juga mengalami peningkatan. Bahkan tak jarang banyak beredar suku cadang imitasi yang dijual di pasaran dengan harga lebih murah dibanding produk asli buatan pabrik.

Ahmad Syaufy, Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), mengungkapkan bahwa saat ini sekitar 84% pengguna Daihatsu banyak menggunakan suku cadang imitasi.

“Banyak alasannya pengguna Daihatsu menggunakan suku cadang yang imitasi. Mungkin sebagian besar karena masalah harganya lebih murah dibanding genuine part resmi dari Daihatsu,” terang Syaufy di Jakarta, baru-baru ini.

Menurut Syaufy, suku cadang imitasi di Indonesia terbagi ke dalam berbagai segmen seperti KW 1, KW 2 dan KW 3.

“Jadi pengguna mobil Daihatsu yang benar-benar menggunakan genuine part itu sekitar 16 persen,” tambahnya.

Pengguna suku cadang palsu diungkapkan Syaufy, biasanya pengguna mobil yang telah menggunakan lebih dari tiga tahun. Pasalnya, periode tiga tahun merupakan waktu garansi yang diberikan produsen mobil untuk para pelanggannya.

“Biasanya, setelah garansi resmi berakhir, konsumen justru lebih memilih suku cadang dengan status KW di bengkel-bengkel umum,” papar Syaufy. [yog]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here