RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Sebelum beredarnya mobil tanpa penumpang atau otonom berbagai perusahaan otomotif terus mengembangkan teknologi terbaru untuk kendaraanya. Langkah ini dijalankan demi memberikan kenyamanan konsumen ketika menggunanakan mobil otonom nanti.

Baru-baru ini perusahaan pengembang teknologi mobil otonom bernama Waymo mengumumkan sedang melakukan pengujian mobil otonom di tengah cuaca hujan deras pada Chrysler Pacificas dan Jaguar I-Pace di seluruh Negara Bagian Sunshine selama beberapa minggu ke depan.

Baca juga : Lotus Evija, Curi Perhatian Monterey Car Week 2019

Waymo Otonom

Tujuan dari pengujian itu ialah untuk mengetahui bagaimana rangkaian sensor kendaraan yang meliputi Lidar, kamera dan radar agar dapat bertahan selama musim badai di Florida.

“Hujan deras dapat menyebabkan pengguna jalan lain berprilaku berbeda. pengujian ini memungkinkan kami untuk memahami kondisi berkendara yang unik, dan mendapatkan penanganan yang lebih baik tentang bagaimana hujan mempengaruhi pergerakan kendaraan kami,” tulis Waymo seperti dilkutip Engadget, Jumat (23-8-2019).

Waymo akan menguji mobil otonom selama beberapa minggu dalam jalur tertutup di Naples. Mobil itu akan diuji oleh pengemudi manusia di jalan umum Miami. Kemudian mobil akan menuju jalan raya antara Orlando, Tampa, Fort Myers dan Miami.

Waymo Otonom

Baca juga : Bocor, Hyundai Tucson Terbaru Lebih Tajam!

Menurut penelitian Michigan State University menemukan hujan ringan dapat membuat bingung algoritma yang digunakan sistem otonom untuk mendeteksi pejalan kaki dan pengguna jalan lainnya. Kendaraan otonom masih tidak tahu bagaimana menyesuaikan diri dengan kondisi jalan licin sama seperti yang dilakukan oleh pengemudi manusia.

Cuaca buruk bukan satu-satunya faktor yang membuat mobil otonom tidak siap untuk berjalan lancar.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here