Dekarbonisasi Rantai Pasok Ala Porsche, Begini Ceritanya

(dari kanan) Barbara Frenkel, Anggota Dewan Eksekutif untuk Pengadaan di Porsche AG dan Hilde Merete Aasheim, Presiden dan CEO Norsk Hydro ASA. dok porsche

RAJAMOBIL.COM, OSLO–Sebagai bagian dari rencana dekarbonisasi yang ambisius pada 2030 mendatang, Porsce bersama Norsk Hydro ASA bekerja sama untuk mengurangi jejak karbon dari model mobil Porsche dengan menggunakan aluminium rendah karbon dan ekstrusi dari Hydro.

Hydro bertujuan untuk memasok Porsche dan pemasok komponen Porsche dengan aluminium yang menargetkan CO2-netral pada 2030. Hydro akan melakukannya dengan meningkatkan penggunaan energi terbarukan dalam produksi aluminium dan mendaur ulang limbah pasca-konsumen untuk meningkatkan sirkularitas dan mengurangi jejak aluminium yang diproduksi.

“Porsche sedang menuju ke rantai nilai netral karbon untuk kendaraan kami pada tahun 2030,” kata Barbara Frenkel, Anggota Dewan Eksekutif untuk Pengadaan di Porsche AG dalam keterangan resminya. Dengan aluminium Hydro, pihaknya bertujuan untuk secara substansial mengurangi emisi CO2 yang berasal dari bahan penting ini.

Kedua perusahaan akan bekerja sama dalam konsep rantai nilai inovatif untuk bahan baterai dan daur ulangnya. Produsen mobil sport mewah Jerman dan perusahaan industri Norwegia telah menandatangani perjanjian di Oslo, untuk memperkuat strategi keberlanjutan kedua perusahaan.

Hydro akan menyediakan aluminium rendah karbon Hydro Reduxa 4.0 dan yang lebih rendah kepada Porsche dan beberapa pemasok komponen Porsche. Paduan aluminium primer ini memiliki salah satu jejak CO2 terendah di pasar saat ini dan diproduksi dengan energi terbarukan. Jejak meliputi emisi dari tambang ke logam.

Pada tahun 2025, Hydro akan memungkinkan Porsche untuk mengurangi jejak aluminium pada proyek kendaraan masa depan menjadi sekitar 3,5 kilogram CO2 per kilogram aluminium yang digunakan. Ini sekitar 60 persen lebih rendah dari rata-rata aluminium primer yang dikonsumsi di Eropa saat ini.

“Untuk mengurangi pemanasan global, kita perlu mendekarbonisasi sistem energi, memproduksi untuk sirkularitas, dan mendaur ulang sumber daya yang sudah digunakan,” kata Hilde Merete Aasheim, Presiden dan CEO Hydro.

Aluminium adalah penggerak utama dalam transisi hijau, tetapi rantai pasokan harus menjadi bebas emisi. Industri perlu bermitra untuk membuat ini terjadi dan pihaknya senang dapat bekerja dengan pelopor seperti Porsche dalam tugas bersama kami untuk menciptakan mobil yang hampir bebas karbon.

Dikarenakan sifatnya yang superior dalam kelenturan, bobot ringan, dan kekuatan, rasio aluminium dalam mobil Porsche telah meningkat secara stabil. Aluminium adalah salah satu elemen kunci dalam transformasi kendaraan listrik menjadi mobil sport. Saat ini, aluminium merupakan sekitar 30 persen dari total berat Porsche Taycan, mobil sport listrik pertama merek tersebut.

Bagian lain dari kesepakatan antara kedua perusahaan adalah bukti konsep untuk membangun rantai nilai baterai yang berkelanjutan di Eropa. Porsche dan Hydro akan bekerja sama dalam pengembangan roadmap untuk mendaur ulang material baterai di Eropa. Salah satu elemen kunci dari proyek ini akan menjadi penyelidikan tentang bagaimana membangun solusi loop tertutup yang efisien untuk baterai EV Porsche.

“Akses ke bahan baku yang diperoleh secara berkelanjutan merupakan tantangan kunci bagi industri otomotif. Hydro memiliki pengalaman yang luas dalam daur ulang bahan baku baterai,” kata Frenkel.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?