Mengenali Kemampuan S-AWD Subaru, Seperti Apakah?

subaru awd
Mengenali Kemampuan S-AWD Subaru. dok Subaru

RAJAMOBIL.COM, LOMBOK–Subaru CORE Technology adalah titik pembeda brand dan produk Jepang ini dengan pabrikan otomotif lain. Teknologi inti tersebut mencakup BOXER Engine, Subaru Global Platform, Subaru EyeSight, dan yang paling ikonik adalah Symmetrical All-Wheel Drive (S-AWD).

Sistem penggerak S-AWD ini telah digunakan dan dikembangkan Subaru sejak tahun 1972 pada model versi massal Subaru Leone dan terus digunakan hingga hari ini.

Lebih dari 50 tahun pengembangan, teknologi S-AWD menjadi semakin sempurna dalam menghadirkan ‘Enjoyment and Peace of Mind’ kepada pemilik Subaru, membantu mereka menghadapi petualangan harian di dalam kota, hingga light-off road di akhir pekan.

Menguji teknologi S-AWD

Teknologi S-AWD yang hadir di hampir semua produk Subaru di Indonesia juga membawa 3 pembalap profesional dan pemilik Subaru.

Fitra Eri, Rizal Sungkar, dan Renaldi Hutasoit untuk lebih jauh menguji kemampuan produk-produk Subaru pada limitnya.

Sebagai pemilik Subaru, ketiga pembalap senior ini juga merasa penting untuk membuktikan kemampuan teknologi S-AWD di permukaan aspal, kondisi jalan yang jauh lebih sering dijumpai pada kegiatan sehari-hari.

“Kemampuan kendaraan Subaru di permukaan tanah sudah saya buktikan di beberapa kejuaraan Rally, namun akan menjadi lebih relevan jika produk terbaru dari Subaru dapat menunjukkan keunggulan teknologi Symmetrical All-Wheel Drive di permukaan aspal,” kata Rizal Sungkar, Pereli nasional yang juga pengguna Subaru.

Subaru Indonesia juga menguji model yang memiliki mesin dengan output terbesar yang dijual di Indonesia saat ini, Subaru WRX dan Subaru WRX Wagon. Model paling sesuai untuk pengujian teknologi Symmetrical All-Wheel Drive di permukaan aspal adalah Subaru WRX dan Subaru WRX Wagon.

Sedangkan venue pengujian dengan permukaan aspal terbaik dari sisi infrastruktur dan safety adalah Mandalika International Street Circuit, untuk itu tepat rasanya kita menguji teknologi S-AWD bersama 3 pembalap profesional dan pemilik Subaru ini.

“Program ini sendiri bertajuk Subaru AWD Champions yang terinspirasi dari fitur S-AWD yang merupakan championing features dari Subaru yang diuji para juara (Champions) di setiap cabang Motorsport yang mereka ikuti. Kami menyajikan AWD Champions dengan format web-series di YouTube agar para penggemar Subaru dapat tahu lebih jauh tentang keunggulan produk, dan juga proses pengujian,” kata Arie Christopher, Chief Operating Officer Subaru Indonesia.

Pembalap profesional

Sebagai informasi, tiga pembalap profesional yang turut serta dalam program pengujian sistem penggerak Symmetrical All-Wheel Drive ini sendiri memiliki latar belakang yang berbeda satu sama lain.

Fitra Eri adalah juara nasional di kejuaran Indonesia Sentul Series of Motorsport (ISSOM). Rizal Sungkar adalah atlit rally yang telah malang melintang sejak tahun 2000. Renaldi Hutasoit adalah runner-up kejuaraan one-make race Supercar tingkat Asia Pasifik tahun 2015, 2016, 2018.

Ketiga pembalap profesional ini juga merupakan pengguna kendaraan Subaru dalam kesehariannya.

Dalam melaksanakan Subaru AWD Champions, Subaru Indonesia bekerjasama dengan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) untuk memastikan proses pengujian dan pencatatan waktu berjalan sesuai dengan standart keselamatan sirkuit.

Lebih jauh, proses pencatatan waktu di dokumentasikan dengan tiga alat monitor, mulai dari transponder resmi MGPA, kamera on-board, dan data live GPS. “Kami menyambut positif pengujian kemampuan penggerak S-AWD di Mandalika International Street Circuit dan penyajian web-series yang informatif untuk perkembangan dunia Motorsport di tanah air,” ungkap Priandhi Satria, CEO Mandalika Grand Prix Association.

Pada acara ini, Fitra Eri berhasil mencatatkan waktu 1 menit 59 detik saat menggunakan Subaru WRX M/T.

Rekor ini membuktikan  kemampuan sedan dengan penggerak S-AWD dan mesin BOXER yang mengeluarkan tenaga 275ps, serta torsi sebesar 350Nm dapat membukukan waktu dibawah 2 menit.

Atau zona waktu yang kerap kali identik dengan kendaraan performa tinggi.

“Kami sangat bangga Subaru WRX M/T dapat menaklukkan Mandalika International Street Circuit dengan panjang lintasan 4,3 km dengan 17 tikungannya dengan waktu dibawah 2 menit. Rekor ini bukti penggerak S-AWD berakselerasi tajam di tikungan aspal dan keseimbangan yang tak tertandingi dari Subaru,” tutur Arie.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?