RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Sepertinya istilah ‘Sesepuh matik Mewah’ pantas disematkan pada Honda PCX. Karena, tanpa adanya PCX, pabrikan lain tentu tidak akan menciptakan skutik bongsor. Sebab, selama ini pabrikan yang ada di Indonesia hanya terpaku membuat skutik murah yang memiliki bodi kecil. Ini untuk mengejar target pasar keluarga menengah kebawah.

Honda PCX merupakan salah satu produk matik yang pada awal kemunculannya masih berstatus CBU atau completely built up dari Thailand. Hal ini karena strategi Honda yang memang memutuskan motor ini dibuat di negeri berjuluk Gajah Putih itu.

Kemunculan sepeda motor ini membuat pabrikan lain ketar–ketir menghadapinya. Mengingat segmen yang ditargetkan adalah pengguna motor sport yang ingin memiliki matic tetapi malas dengan bodi yang terkesan biasa–biasa saja.

Pengalaman panjang PCX di Indonesia, termasuk kegagalannya di era pertama membuat Honda mulai mencoba memahami apa saja keinginan konsumen. Hal ini membuat pabrikan asal Jepang itu berhasil membuat PCX yang diklaim sesuai dengan minat masyarakat tanah air. Ini dibuktikan dengan laris manisnya PCX di pasaran berkat beberapa penambahan dan perubahan baik dari sisi desain serta mesin.

Secara spesifikasi, Honda PCX hadir dengan bentuk yang unik. Motor ini memiliki dimensi besar layaknya skutik-skutik mewah Eropa. Lampu motor ini menggunakan reflektor besar yang jadi ciri khasnya. Sementara, bagian belakangnya mengalami perubahan, dari lampu yang berbentuk donat hingga sekarang yang memiliki desain layaknya Honda Civic Turbo dengan garis–garis tajamnya.

Untuk dapur pacunya, pesaing Yamaha NMAX ini mengalami beberapa perubahan dari versi terdahulu. Dari awalnya menggunakan mesin 125 cc berubah menjadi 150 cc lengkap dengan teknologi PGM-FI paten dari Honda yang sangat mampu untuk mengatur konsumsi bahan bakar agar lebih efisien, seimbang antara konsumsi bensin dengan tenaga yang dikeluarkan.

Untuk fitur yang ada di mobil ini seperti lampu LED dengan reflektor tajam, digital panel meter, Smart Key System, start stop engine, dudukan handphone serta lampu belakang dengan yang dilengkapi LED.

Perubahan hampir semua aspek terhadap PCX ternyata membawa hasil yang signifikan, kemunculannya kembali memberikan angin segar bagi rivalitas antara Honda dan Yamaha terlebih dalam segmen matic mewah mereka. PCX juga didukung dengan banyaknya parts aftermarket yang bisa dikombinasikan sehingga kesempatan untuk memodifikasi PCX amat sangat terbuka luas.

Aksesoris PCX 150

Dijual dengan harga yang relatif sebanding untuk ukuran serta fitur dan mesin yang diusungnya, mulai dari Rp 27 jutaan saja, tentu PCX adalah sebuah mahakarya yang harus anda miliki jika ingin menunjukkan status sosial anda di lingkungan sekitar.

Mesin
Tipe Mesin 4-tak SOHC, PGM-FI eSP, Pendingin Cairan
Sistem Bahan Bakar PGM-FI
Diameter x Langkah 57.3mm x 57.9mm
Perbandingan Kompresi 10.6:1
Daya Maksimum 14.7Ps/8.500rpm
Torsi Maksimum 13.2Nm/6.500rpm
Pendingin Mesin Liquid Cooler
Rangka & Kaki – Kaki
Tipe Rangka Double Cradle
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Twin Suspension
Ban Depan 100/80-14M/C
Ban Belakang 120/70-14M/C
Rem Depan & Belakang Cakram
Dimensi
P x L x T 1.923mm x 745mm x 1.107mm
Tinggi Tempat Duduk 764mm
Jarak Poros Roda 1.313mm
Ground Clearance 137mm
Kapasitas Tangki 8liter
Harga
PCX 150 CBS Rp. 27.800.000
PCX 150 ABS Rp. 30.800.000
PCX Hybrid Rp. 40.300.000

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here