Pilih Yamaha Nmax atau Honda PCX? Simak Ini Dulu Sebelum Beli

RAJAMOBIL.COM, jakarta – Persaingan antar dua pabrik kendaraan sudah lumrah terjadi. Terlebih, produk yang dijual berada pada segmen, tipe serta target yang sama. Hal inilah yang terjadi dengan Honda dan Yamaha.

Kedua pabrikan ini sama-sama memiliki produk skutik bongsor, PCX dan NMAX. Bila dilihat dari sejarahnya, Honda PCX hadir pertama lebih dulu dengan status CBU. Kala itu, persaingan Vario dan Mio masih menjadi makanan sehari–hari. Lalu kemudian Honda meluncurkan PXC dengan status skutik mewah yang berdiri sendiri, tidak memiliki lawan.

Baca Juga : Ini Dia 4 Keunggulan Yamaha Nmax yang Perlu Anda Tau

Berdiri sendiri tidak memiliki rival ternyata tidak membuat penjualan PCX sukses. Malah semakin tahun semakin menurun karena harga yang terlampau mahal. Selain itu, jaringan dealer juga belum siap untuk melakukan perawatan berkala pada sepeda motor yang menjadi pelopor sistem alarm pada roda dua tersebut.

Selang beberapa tahun selanjutnya, Yamaha meluncurkan NMAX yang hingga saat ini menjadi rival utama dari PCX. Yamaha Nmax hadir meluncur 2015 dimana pada saat itu PCX sedang bangkit kembali. Mengusung desain bodi yang gambot dan sangat Eropa serta harga yang sangat terpaut jauh membuatnya langsung dilirik oleh semua masyarakat Indonesia, bahkan komunitasnya langsung terbentuk banyak sekali hingga mencapai 200 komunitas di seluruh wilayah.

Kehadiran Nmax pada pasar skutik mewah tentu saja mengguncang kedudukan PCX yang memang terkenal akan harga tinggi, bodi elegan, dan tentu saja “perawatan mahal”.

Lalu, apakah Yamaha Nmax lebih unggul dari Honda PCX? Atau malah sebaliknya? Simak penjelasan berikut :

Desain

Yamaha Nmax hadir dengan bongsor di bagian tengah sampai belakang. Di depan, tampang motor ini berbentuk hampir horizontal dengan tameng angin yang dapat melindungi pengendara ketika sedang digunakan. Sementara itu Honda PCX hadir dengan bodi depan tajam dengan lekukan yang agresif.

Dengan PCX menyiratkan kekayaan serta tingkat eleganitas tinggi, begitupula bagian belakang yang terkesan sangat mewah dan semua mata pasti langsung memandangnya.

Baca Juga : Ini Keunggulan Motor Terlaris di Indonesia

Dari sisi desain memang harus diakui Honda PCX menang, karena memang yang desain–desain mewah serta agresif lebih disukai masyarakat Indonesia. Selain itu, lekukan yang mewarnai PCX juga dirasa lebih keren, desain lampu depan yang bertingkat menghasilkan cahaya yang lebih tertata rapih, sementara itu Nmax masih menggunakan reflektor besar yang terpusat di bagian tengah.

Baca Juga : Ini Spesifikasi dan Sejarah Honda PCX 150

Dari sisi samping, PCX terlihat lebih panjang, dengan memanfaatkan letak pewarnaan yang bersifat single color sehingga terlihat lebih panjang tanpa terpotong warna lain. Lambang PCX yang hadir juga sangat keran dengan bentuk font tajam. Nmax hadir dengan warna ganda yang berbeda, memberikan aura modern yang keren juga sporti.

Bagian buritan, PCX dapat mengalahkan Nmax karena lekukan lampu belakang PCX benar–benar menunjukkan bahwa motor tersebut hanya bisa dibeli oleh orang kaya saja yang ingin menunjukkan kekayaannya. Sementar itu Nmax hadir dengan lampu belakang yang biasa saja, berbentuk mendatar tanpa lekukan – lekukan tajam.

Mesin

Aspek mesin adalah yang tersulit untuk membandingkan kedua sepeda motor ini karena sama–sama berada di kelas 150cc. Honda PCX menggunakan mesin berkapasitas 150cc dengan teknologi PGM-FI, sementara itu Yamaha Nmax menggunakan mesin 155cc dengan VVA BlueCore-nya.

Honda mengklaim bahwa PCX dapat menempuh jarak 45 km hanya dengan satu liter bensin. Sementara itu Nmax dapat bergerak sejauh 39 km hanya dengan satu liter bensin. Tidak terpaut jauh mengingat kedua sepeda motor ini sama–sama memiliki bobot yang juga tidak jauh, PCX 131kilogram dan Nmax 127 kg.

Sebenarnya, PCX memiliki satu buah mesin lagi yaitu Hybrid, tetapi tidak dijadikan patokan karena Nmax tidak memiliki varian Hybrid tersebut.

Pada aspek ini, PCX dan Nmax tidak ada yang lebih baik dan lebih buruk, semua setara.

Harga

Ini jadi salah satu aspek penting. Honda PCX di Indonesia memiliki tiga buah versi dimana masing – masing memiliki harga tersendiri, yaitu versi CBS, ABS, dan Hybrid. Ketiga tipe tersebut dijual dengan harga diatas 25 juta. Lalu Yamaha Nmax, dijual dengan tipe Standard dan ABS mulai 25 juta saja, sama seperti starting price point dari Honda PCX.

Dari segi harga, kedua motor ini tetap berada dalam status draw karena harga benar – benar sengit, tidak berbeda jauh sehingga masyarakat harus memilih dan memikirkan dengan jeli sepeda motor apa yang harus dibeli.

Honda PCX
PCX 150 CBS Rp. 27.800.000
PCX 150 ABS Rp. 30.800.000
PCS Hybrid Rp. 40.300.000
Yamaha Nmax
Nmax Standard Rp. 26.300.000
Nmax ABS Rp. 30.200.000

 

Komunitas

Secara tidak langsung, banyaknya komunitas dapat diartikan sebagai keberhasilan suatu brand dalam memperkenalkan produknya ke masyarakat luas. Dalam hal ini, Nmax menang telak dari PCX karena jumlah komunitas yang tercatat secara resmi dan non-resmi lebih banyak.

Nmax diketahui memiliki jumlah komunitas hampir 200 buah di setiap wilayah dengan 70an diantaranya sudah resmi berada dibawah naungan YRFI atau Yamaha Riders Federation Indonesia, wadah komunitas resmi yang dibina oleh Yamaha Indonesia. Sementara itu komunitas PCX tidak terlalu ramai, tetapi memiliki homebase yang memiliki anggota sangat banyak, HPCI atau Honda PCX Club Indonesia.

Aspek komunitas, Nmax menang telak dibandingkan PCX.

Kesimpulan

Membandingkan kedua sepeda motor ini memang susah – susah gampang mengingat harganya yang tidak terlalu jauh, mesin yang juga tidak berbeda bak langit dan bumi, juga aksesoris – aksesoris aftermarket yang sama – sama banyak beredar di pasaran.

Akan tetapi, bisa kita lihat bahwa memang PCX diperuntukkan untuk orang – orang yang terbiasa dengan kemewahan, selalu mengedepankan gaya dibandingkan hal lainnya. Sementara itu Nmax lebih terlihat biasa saja, lebih membumi dengan tampilan yang masih berkiblat ke Eropa.

Jadi, jika anda memiliki uang sebanyak 25 jutaan, apakah harus membeli Nmax atau PCX? Pilihan terakhir jatuh kepada anda, ingin sepeda motor yang memiliki kemewahan tersendiri ketika digunakan, atau ingin sepeda motor ringkas yang siap menemani dengan segala macam aksesorisnya?  Semua kembali kepada keinginan hati kecil anda.

2 KOMENTAR

  1. Imho pcx utk OKB , klo nmax yg naturally sangat disukai di negara maju eropa yg rata² punya selera yg tinggi dan sdh kaya dari dulu

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here