Bertenaga Listrik, Viar Q1 Miliki Spesifikasi Mempuni

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Seperti di mobil, usaha Pemerintah dalam menggalakan LCGC atau Low Cost Green Car mulai mendapatkan atensi lebih dari dunia roda dua. Salah satunya dari Viar. Produsen motor yang dikenal dengan sepeda motor roda tiga yang dengan bak besar, melakukan gebrakan tersendiri dengan menciptakan Viar Q1, skutik bertenaga listrik.

Viar Q1 hadir dengan dimensi yang kecil serta didukung oleh sasis yang kuat. Motor ini hadir dengan bahan rangka berupa besi ringan membuatnya mudah dikendarai bahkan oleh anak kecil sekalipun sehingga harus ekstra waspada. Di suspensi, Q1 terbilang cukup nyaman untuk sepeda motor berukuran kecil. Sebab, motor ini menggunakan suspensi teleskopik di bagian depan dan suspensi ganda di belakang.

Ukuran ban menggunakan 90/90-10 dengan tipe Tubeless, tidak mudah bocor dan aman digunakan dalam jarak jauh. Suspensi dan ban yang cukup nyaman ini ditemani dengan rem yang menggunakan tipe cakram hidrolis di depan dan belakang, sangat keren dan tentu saja tidak semua sepeda motor kecil memiliki sistem pengereman seperti ini.

Motor listrik Q1 memiliki konfigurasi mesin dan teknologi yang semuanya menggunakan listrik sebagai tenaga utama. Mengusung mesin dengan tenaga maksimum mencapai 800 Watt, kecepatan maksimal 60 km/h dan dapat berjalan berkeliling kota hingga 60 km dalam sekali pengecasan listrik.

Untuk sumber tenaganya, Q1 menggunakan baterai tipe Lithium-ion dengan kapasitas 60v20AH. Durasi pengecasan yang dilakukan oleh Viar Q1 juga termasuk singkat, untuk mencapai 100% kapasitas baterai hanya membutuhkan waktu 5 sampai 7 jam saja, lebih baik dilakukan ketika malam hari sehingga saat anda ingin beraktifitas, sepeda motor ini sudah siap digunakan.

Memiliki jarak jelajah maksimal mencapai 60kilometer, ternyata sepeda motor Viar ini memiliki charger input dan charger power yang cukup besar, 220Volts untuk charger input dan 50Hz untuk charger power dimana baterai ini memiliki jangka waktu hidup antara 600–800 kali pengecasan.

Bagaimana dengan fiturnya? Viar membekali Q1 dengan berbagai macam fitur, membuatnya makin nyaman digunakan. Berikut adalah rinciannya:

  • Full Digital Indicator
  • USB Charging Port
  • LED Headlight
  • Front Disc Brake
  • Spacious Footrest
  • Rear Disc Brake
  • LED Taillight
  • Stylish Compact Body
  • Motor by BOSCH

Kesimpulannya, fitur lengkap, bodi berdimensi kecil, tenaga mesin yang cukup optimal menembus kemacetan kota besar, juga pengisian tenaga listrik cepat jadi nilai tambah Viar Q1. Untuk harganya, Q1 dibandrol mulai Rp. 17.150.000. Sepeda motor ini sangat cocok digunakan oleh generasi muda dengan pehamaman lingkungan yang tentunya lebih baik, serta untuk para konsumen yang ingin mencoba mengendarai roda dua dengan sensasi berbeda dari matic biasa.

Engine
Max Power 800 Watts
Top Speed 60km/h
Max Riding Range 60km
Power System
Type Maintenance Free Lithium-ion Battery 60v20AH
Max Capacity 2 Kwh
Charge Duration to 100% 5 – 7 hours
Charger
Charger Input 220 Volts
Charger Power 50Hz
Dimension
L x W x H 1680 x 690 x 1220
Wheel Base 1060mm
Ground Clearance 155mm
Weight 78.5kg
Frame & Chasis
Frame Steel
Front Suspension Telescopic Front Suspension
Rear Suspension Double Swing Shock Absorber
Front Tire Size 90/90-10 Tubeless
Rear Tire Size 90/90-10 Tubeless
Front Brake Type Hydraulic Disc Brake
Rear Brake Type Hydraulic Disc Brake

 

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here