RAJAMOBIL.COM, Jakarta – 2018 bisa disebut sebagai tahun penting bagi Yamaha. Sebab, pabrikan sepeda motor asal Jepang itu meluncurkan beberapa produk pentingnya. Salah satunya FreeGo. Motor skutik ini diluncurkan dalam gelaran Indonesia Motorcyclye Show beberapa bulan dan menjadi tanda bila Yamaha tetap konsisten menjadi pemain kelas matik di Indonesia.

Yamaha FreeGo bisa disebut sebagai motor yang menarik perhatian. Bahkan, untuk lebih memikat calon pembeli, Yamaha sampai mendatangkan President Director & CEO nya di Jepang, Minoru Marimoto. Hal ini juga sebagai bentuk apresiasi terhadap masyarakat Indonesia karena selalu percaya dengan produk – produk dari Yamaha khususnya matik.

Lalu apa yang membuat FreeGo menarik perhatian?

Pertama dari sektor mesin. Yamaha FreeGo menggunakan teknologi terbaru dari BlueCore Yamaha, yaitu SMG atau SmartMotor Generator, menciptakan suara mesin yang lebih halus, tenaga tetap keluar dengan baik, dan tentu saja irit bahan bakar. Selain itu, piston yang digunakan juga lebih baik, Forged Piston & DiASil Cylinder yang dipasang pada motor ini diklaim memiliki umur tiga kali lebih panjang, tiga kali lebih awet, dan tiga kali lebih ringan sehingga tidak mudah aus.

Kedua, bisa kita lihat dari desainnya. FreeGo tampil dengan bodi yang tidak terlalu panjang dan lebih padat di bagian tengah. Panjang total dari motor ini hanya 1.905 mm saja dengan jarak poros roda 1.275 mm, cukup pendek untuk ukuran sepeda motor yang dapat menampung bagasi sebesar 25liter.

FreeGo hadir dengan wajah yang cukup unik, dari depan tampak seperti Soul GT, salah satu produk dari Yamaha. Wajah depan yang berbentuk T dengan lampu utama LED dilengkapi pula lampu hazard pada samping kanan dan kiri. Yamaha menegaskan bahwa FreeGo adalah matik 125cc pertama yang menggunakan Hazard Lamp.

Ketiga, tentu saja fitur-fitur yang menjadi penarik perhatian utama dari FreeGo. Motor ini memiliki keunikan dibanding matik kompetitor, diantaranya adalah posisi pengisian bahan bakar dilakukan dari depan sehingga tidak perlu membuka jok, bagasi berukuran 25liter yang dapat menyimpan apa saja.

Ban berukuran besar, 12 inci, siap menemani perjalanan anda lengkap dengan ABS, dan jok lebar berukuran hampir 900 mm, menambah kenyamanan serta tidak cepat lelah ketika berkendara dalam jarak yang cukup jauh.

Diatas adalah tiga alasan mengapa Yamaha FreeGo layak untuk dibeli di penghujung tahun 2018. Memiliki fitur yang sangat berbeda dibanding kompetitor, jok lebar, bagasi sangat luas, serta tentu saja ciri khas Yamaha dengan tenaga besar tanpa mengganggu konsumsi bahan bakar

Mesin
Tipe Mesin Air Cooled 4-Stroke, SOHC
Diameter x Langkah 52.4 mm x 57.9 mm
Perbandingan Kompresi 9.5:1
Kapasitas Silinder 125cc
Daya Maksimum 7 Kw/8.000 rpm
Torsi Maksimum 9.5 Nm/5.500 rpm
Sistem Starter Elektrik dan Manual
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
Bahan Bakar Bensin
Dimensi
P x L x T 1.905 mm x 690 mm x 1.100mm
Jarak Sumbu Roda 1.275 mm
Tinggi Tempat Duduk 778 mm
Berat Sepeda Motor 100 kg
Kapasitas Tangki Bensin 4.2liter
Kapasitas Oli 0.84liter
Rangka
Tipe Rangka Underbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Unit Swing
Ban Depan 100/90-12M/C 59J Tubeless
Ban Belakang 110/90-12M/C 64L Tubeless
Rem Depan Single Disc Brake ABS
Rem Belakang Drum Brake
Harga
Yamaha FreeGo Rp. 18.500.000
Yamaha FreeGo S ABS Rp. 22.500.000
Yamaha FreeGo S Rp. 19.700.000

 

 

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here