Widih, Harga Satu Motor MotoGP, Bisa Beli Yamaha Nmax 1.000 Unit!!

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Ajang MotoGP 2019 selalu menarik untuk di simak. Tidak hanya pebalapnya, tunggangannya juga menarik untuk di ulas. Para pabrikan bahkan menyiapkan secara khusus motor yang digunakan untuk ajang ini. Untuk itu, motor yang digunakan pada ajang Moto Gp sudah pasti bukanlah sebuah produk yang murah.

Lantas, berapa harga satu unit motor yang digunakan dalam ajang Moto Gp?

Dikutip dari berbagai sumber, harga satu buah unit motor di ajang Moto Gp bisa mencapai USD 3,5 juta, atau sekitar Rp 49 miliar. Angka ini terbilang fantastis untuk sebuah motor. Bayangkan dalam setiap balapan, ada sekitar 20 motor yang ikut serta. Artinya ada ratusan miliar motor yang ikut serta.

Benar-benar membutuhkan dana yang sangat besar untuk pengembangan sepeda motor MotoGP. Karena memang statusnya yang prototype, juga membutuhkan teknologi paling mutakhir untuk memenangkan perlombaan.

Kami coba kalkulasikan satu unit motor GP dalam beberapa produk otomotif yang ada di Indonesia. Pertama, bila satu unit motor GP dibelikan katakanlah Toyota Avanza Grand New Veloz, yang seharga Rp 239 juta, berarti kita bisa mendapatkan setidaknya 205 buah Avanza Grand New Veloz. Tentu dengan angka ini, Anda sudah bisa jadi juragan taksi online.

 

Lalu, jika uang tersebut digunakan membeli Yamaha Nmax dengan tipe termahal, seharga Rp 30 juta, kita bisa mendapatkan 1.663 buah Yamaha Nmax, lengkap dengan surat-suratnya.

MotoGP selalu dibuka di Sirkuit Losail, Qatar, dan ditutup di Sirkuit Ricardo Tomo, Valencia. Selama kurang lebih sembilan bulan melakukan balapan, sudah tentu sepeda motor yang digunakan pun memiliki ketahanan mesin yang sangat luar biasa.

Hal ini dibuktikan dengan regulasi MotoGP yang dikeluarkan oleh FIM, Federasi Tertinggi dari MotoGP, yang menyatakan bahwa satu musim balapan, setiap tim hanya boleh menggunakan tujuh buah mesin saja. Jika lebih, maka pebalap akan menerima sanksi.

Cukup pantas jika mesin dari motor tersebut dihargai sangat mahal. Tujuh buah mesin digunakan dari awal balapan, Maret, hingga akhir balapan, November.

 

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here