RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Yamaha Mio miliki sejarah yang cukup panjang di Indonesia. Pertama kali lahir pada 2003, kini Mio memiliki beragam pilihan untuk mereka yang mencari motor matik dengan bodi mungil. Pilihan varian Mio, terdiri dari Mio M3, Mio S, sampai Mio Z. Meskki terlihat sama, namun masing-masing varian memiliki kelebihan juga keunggulan sendiri.

Seperti pada Mio Z. Skutik ini tampil berbeda dengan saudara Mio lainnya. Ini karena Mio Z memiliki tampilan lebih seimbang antara agresif, dan lembut. Sehingga, motor ini terbilang cocok digunakan oleh siapa saja dan kapan saja.

Sepeda motor ini pertama kali rilis di tahun 2016. Menggunakan huruf Z, Yamaha mengklaim bahwa Mio ini memiliki performa paling mumpuni pada masanya, dapat menyalip rivalnya tanpa harus membuang konsumsi bahan bakar berlebih.

Tercatat bahwa Mio Z menggunakan mesin berkapasitas 125 cc, dipadukan dengan teknologi BlueCore, yang menurut pengetesan internal dari Yamaha, teknologi tersebut dapat mengurangi konsumsi bahan bakar 50% lebih irit, sehingga jarak tempuhnya pun lebih jauh.

Selain itu, daya maksimum Mio Z juga lumayan tinggi, mencapai 7 kW pada putaran 8.000 rpm, dan torsinya 9.6 Nm pada putaran 5.500 rpm.

Ukuran ban standarnya pun cukup besar. Berukuran 80/80 di depan dan 100/70 di belakang. Menjamin daya cengkram dalam segala kondisi jalanan.

Insinyur Yamaha tidak hanya memberikan Mio Z mesin yang kuat, tetapi juga desain yang sangat keren. Terlihat dari lampu depan, reflektor lebar yang menggunakan bohlam terang. Menjamin riding malam hari tetap aman.

Lalu, warna dasar tipe Doff dengan tampilan striping yang terang, menarik perhatian siapa saja saat Mio Z berhenti.

Fitur yang menemani anda nantinya juga banyak. Bagasi lebar, lalu Eco Indicator pada panel kecepatan, dan tentu saja Multifunction Keys, berguna untuk menghidupkan motor, kunci stang, membuka bagasi, hingga pengaman lubang kunci.

Harga yang dipasarkan untuk menebus Mio Z juga relatif murah, hanya perlu mengeluarkan dana sebesar Rp 15.5 Juta, anda sudah bisa mengendarai sepeda motor dengan gen sporti khas Yamaha dengan filosofi Z.

Spesifikasi Mio Z

Mesin

Tipe Mesin Air Cooled, 4-Stroke SOHC
Kapasita Silinder 125 cc
Diameter x Langkah 52.4 mm x 57.9 mm
Daya Maksimum 7 kW/8.000 rpm
Torsi Maksimum 9.6 Nm/5.500 rpm
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
Bahan Bakar Bensin
Perbandingan Kompresi 9.5:1

Dimensi & Kelistrikan

P x L x T 1.870 mm x 685 mm x 1.035 mm
Jarak Sumbu Roda 1.260 mm
Jarak ke Tanah 135 mm
Tinggi Tempat Duduk 750 mm
Berat Sepeda Motor 94 kg
Kapasitas Tangki 4.2 L
Kapasitas Oli 0.84 L
Sistem Pengapian TCI
Tipe Aki YTZ4V / GTZ4V
Tipe Busi NGK / CR6HSA

Rangka

Tipe Rangka Underbone
Suspensi Depan Teleksopik
Suspensi Belakang Unit Swing
Rem Depan Single Disc Brake
Rem Belakang Drum Brake
Ban Depan 80/80-14M/C 43P
Ban Belakang 100/70-14M/C 51P

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here