RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Ini sepeda motor yang bisa juga disebut memiliki habitat di dua alam. Ya, rasanya pantas hal ini disematkan pada Yamaha X-Ride. Alasannya, X-Ride merupakan motor matik, namun memiliki tampilan layaknya motocross. Sejatinya motor matik, idealnya digunakan di jalanan beraspal dan digunakan untuk mobilitas perkotaan.

Motor matik biasanya digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Namun tidak untuk X-Ride, motor ini didesain Yamaha untuk mampu menjelajahi jalanan dengan kontur jalan yang kurang baik. Bahkan, secara spesifikasi motor ini diberikan aksesoris motocross. Jadi wajar bila disebut Yamaha X-Ride merupakan motor yang

 

Yamaha X-Ride, diluncurkan pada 2017 lalu. Kala diperkenalkan, motor ini menarik perhatian. Desainnya terbilang aktraktif sekaligus multifungsi. Bahkan pada saat itu, Yamaha X-Ride sama sekali tidak memiliki penantang, sehingga berdiri sendiri di segmen Matik-Cross.

Sepeda motor ini ternyata mengusung mesin yang tidak berbeda jauh dengan Yamaha Mio M3 125. Sama-sama menggunakan mesin 125 cc dengan daya maksimum 7kW pada putaran 8.000 rpm dan torsi maksimum 9.6 Nm pada putarn 5.500 rpm.

Dilengkapi dengan teknologi BlueCore, tentunya mesin dari X-Ride ini sangat hemat. 50% lebih irit dari kompetitornya.

Lalu, yang menarik dari X-Ride ini adalah desainnya. Meniru tampilan dari motocross. Tampilan X-Ride yang cukup sangar, pasti membuat kita semua menengok, dilihat dari lampu depan dengan model bertingkat, lalu posisi shockbreaker yang cukup tinggi.

Selain itu, X-Ride sudah dilengkapi dengan lampu hazard terbaru, sehingga lebih aman digunakan ketika sedang melakukan perjalan bersama, atau touring.

Bagasi pada X-Ride juga cukup luas. Mampu menampung jas hujan dan perlengkapan berkendara seperti sarung tangan, dompet, dan tas kecil.

Fitur-fiturnya pun juga cukup keren. Lampu depan yang menggunakan gabungan LED dengan DRL, lalu suspensi tabung, stang lebar bergaya adventure.

Terakhir, harga dari Yamaha X-Ride tidak terlalu mahal. Cukup merogoh kocek Rp. 17.6 Juta saja, anda sudah bisa memilih X-Ride warna apa yang mau dibawa pulang. Tersedia empat buah warna, Dynamic Blue, Exclusive Black, Attractive Red, dan Freedom White. Rasanya, bila diganti dengan ban layaknya motorcross, motor ini sudah pasti akan nyaman diajak berjibaku di trek tanah.

Spesifikasi Yamaha X-Ride

Mesin

Tipe Mesin 4-Tak, 2-Valve SOHC, Pendingin Udara, BlueCore
Kapasitas Silinder 125 cc
Diameter x Langkah 52.4 mm x 57.99 mm
Perbandingan Kompresi 9.5:1
Daya Maksimum 7 kW/8.000 rpm
Torsi Maksimum 9.6 Nm/5.500 rpm
Sistem Starter Elektrik & Manual
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
Bahan Bakar Bensin

Dimensi & Kelistrikan

P x L x T 1860 mm x 740 mm x 1070 mm
Jarak Sumbu Roda 1260 mm
Jarak ke Tanah 135 mm
Tinggi Tempat Duduk 760 mm
Berat Sepeda Motor 98 kg
Kapasitas Tangki Bensin 4.2 L
Kapasitas Oli 0.84 L
Sistem Pengapian TCI
Tipe Aki YTZ4V/GTZ4V
Tipe Busi NGK/CRGHSA

Rangka

Tipe Rangka Underbone
Ban Depan 80/80-14M/C 43P Tubeless
Ban Belakang 100/70-14M/C 51P Tubeless
Rem Depan Disc
Rem Belakang Drum
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Unit Swing

Harga

Rp 17.650.000

 

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here