RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Yamaha Indonesia menambah line up produknya di kelas 150 cc setelah secara resmi meluncurkan MT-15. Produk ini melengkapi jajaran motor sebelumnya yang terdiri dari V-ixion, Byson juga Xabre. Untuk yang terbaru, MT-15 produk paling bungsu di jajaran MT Series yang dihadirkan Yamaha di Indonesia.

Kehadiran motor ini bisa membuat calon konsumen bimbang untuk membeli produk dengan kelas serupa. Apalagi, MT-15 hadir dengan desain yang lebih segar.

Lalu, apakah masih menguntungkan jika membeli V-ixion yang bertitel “Living Legend”, atau lebih baik langsung membeli MT-15 yang memiliki tampilan agresif? Berikut Rajamobil berikan beberapa perbandingan.

  • Mesin

Kedua sepeda motor tersebut, V-ixion dan MT-15, sama-sama menggunakan mesin SOHC 4-tak dengan pendingin cairan. Namun, meski menggunakan mesin yang sama, nyatanya tenaga yang dihasilkan pada kedua motor ini berbeda.

Mesin Yamaha V-ixion. Dilengkapi dengan VVA dan Assist Slipper Clutch

Untuk V-ixion, daya maksimum yang dapat dikeluarkannya mencapai 12.2 kW pada putaran 8.500 rpm, serta torsi maksimum 14.5 Nm pada putaran 7.500 rpm.

Sementara itu, MT-15 memiliki daya dan torsi lebih besar. Daya maksimum 14.2 kW pada putaran 10.000 rpm, dan torsi maksimum 14.7 Nm pada putaran 8.500 rpm.

Lebih besar tenaga mesin MT-15 dari pada V-ixion.

  • Desain

MT-15 hadir dengan tampilan yang sangat, amat sangat agresif. Langsung terlihat dari lampu depan yang menganut wajah alien. Perlu diketahui, tampilan lampu alien ini sebenarnya sudah muncul sejak era Byson, akan tetapi masih berupa produk aftermarket, bukan lansiran resmi pabrikan.

MT-15 Thailand

Sementara itu, V-ixion terbaru, memiliki lampu depan yang lebar, tidak terlalu runcing layaknya generasi kedua (2010-2012). Desain lampu V-ixion juga sedikit mirip dengan CB150R yang dimiliki oleh Honda.

Dari sisi desain, Yamaha V-ixion rasanya lebih enak dipandang oleh masyarakat banyak. Sementara MT-15 lebih fokus pada satu segmen pasar saja.

  • Fitur

Keduanya sama-sama menggunakan Deltabox Frame sebagai rangka utama. Selain itu, penggunaan Speedometer yang sudah digital, dan sama-sama menggunakan pendingin cairan untuk menjaga suhu.

Akan tetapi, ada beberapa perbedaan yang membuat MT-15 memiliki fitur lebih baik, diantaranya adalah mesin yang sudah menggunakan enam transmisi manual, sementara V-ixion masih lima transmisi.

Pembeda lain, suspensi upside down pada MT-15, lalu Rear Arm yang menggunakan bahan Aluminium. Membuat MT-15 lebih cocok digunakan untuk berkendara pada medan yang sulit, sementara V-ixion lebih cocok digunakan pada medan perkotaan dan jalanan mulus.

  • Harga

Yamaha V-ixion dijual dalam beberapa tipe. Varian tertingginya, “All New V-ixion R”, dijual dengan harga Rp 29 Juta, sementara itu, MT-15 dijual dengan harga Rp 34 Juta. Sedikit lebih mahal.

  • Kesimpulan

Kedua sepeda motor ini layak untuk dibeli. Akan tetapi, V-ixion memang lebih diterima oleh masyarakat, karena selain alasan sudah lebih lama, modelnya pun tidak terlalu agresif.

Di lain sisi, MT-15 akan laris dibeli oleh para modifikator, dan pecinta kegiatan akrobat sepeda motor, karena didukung oleh suspensi Upside Down yang lebih kuat dibandingkan suspensi sepeda motor biasa.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here