RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Kelas 150 cc sepeda motor Sport kembali memanas berkat MT-15, yang baru saja diluncurkan Yamaha pada Januari 2019 kemarin. MT-15 merupakan tipe paling bawah pada jajaran MT Series di Indonesia. Sementara itu, rival terberatnya, Honda, masih menikmati penjualan dari CB150R yang sudah lebih dulu rilis.

MT-15 dan CB150R memiliki satu buah kesamaan, yaitu sama-sama bersaing di pasar 150 cc, yang merupakan sepeda motor transmisi manual dengan harga cukup terjangkau bagi masyarakat Indonesia.

Lalu, apakah MT-15 bisa mengalahkan CB150R yang sudah lebih dulu dilucurkan? Rajamobil akan berikan beberapa perbandingan mengenai dua sepeda motor ini dengan harga yang tidak terpaut jauh. Berikut ulasannya.

  • Desain

Yamaha mencoba untuk sedikit berkreasi dengan desain dari MT-15. Memiliki bentuk yang sangat street fighter, ditambah dengan wajah yang berbentuk alien, benar-benar menarik perhatian bagi sebagian orang.

mt15vscb150R
cb150R

Sementara itu, CB150R, menganut tampilan yang hampir disukai oleh semua orang. Memiliki bentuk sporti, tetapi tidak mendominasi, sehingga bisa dinikmati oleh semua umur. Lampu yang tajam mengingatkan kita pada desain V-ixion generasi terbaru.

  • Mesin

Honda CB150R menggunakan mesin DOHC 4-tak. Honda mengklaim mesin ini dapat menghasilkan daya maksimum 12.4 kW pada putaran 9.000 rpm, dan torsi masimum nya 14.8 Nm pada putaran 7.000 rpm.

Mesin CB150R
Mesin MT-15

Sementara itu, Yamaha MT-15 memiliki mesin LC4V VVA yang dapat menghasilkan daya maksimum 14.2 kW pada putaran 10.000 rpm, serta torsi 14.7 Nm pada putaran 8.500 rpm.

Tidak hanya itu, mesin LC4V ini sudah dilengkapi dengan ASC (Assists Slipper Clutch), lebih nyaman untuk perpindahan transmisi dalam segala kondisi.

  • Fitur

Kedua sepeda motor ini sama-sama memiliki fitur bejibun, menambah kenyamanan dan tentu saja kemudahan untuk mengoperasikannya.

Honda contohnya, CB150R memiliki beberapa fitur penting, seperti bentuk piringan rem yang bergelombang, lebih pakem dalam melakukan late braking. Lalu lampu depan yang sudah LED, lebih terang di malam hari tanpa membuat silau.

Yamaha di lain sisi, memberikan fitur di MT-15 juga cukup banyak. Diantaranya adalah suspensi upside-down yang berguna dalam melewati jalanan kurang baik, lampu depan menggunakan sistem proyektor, sama-sama LED.

Dari sisi rangka, masing-masing memiliki kelebihan juga, Yamaha dengan “Deltabox Frame”, dan Honda dengan “Truss Frame”.

  • Kesimpulan

Dari segi desain, tentu saja Yamaha MT-15 lebih berani, lebih siap menggaet generasi muda yang senang memodifikasi sepeda motor. Dengan harga yang relatif murah, sudah bisa mendapatkan sepeda motor dengan suspensi upside-down.

Sementara itu, Honda lebih main aman disini dengan menggunakan desain yang sudah lama, mencampur antara Tiger dan Megapro, tetapi lebih sesuai dengan semua kalangan di Indonesia.

Honda CB150R dijual dengan harga Rp 27 Juta, sementara itu Yamaha MT-15 dijual dengan harga Rp 35 Juta.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here