RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Marc Marquez tengah bersiap mengarungi musim balap MotoGp 2019. Pembalap kelahiran 1997 kini tengah melakukan berbagai persiapan untuk menjadi juara untuk kali ketujuh ajang balap motor paling bergengsi di dunia tersebut.

Namun tahukah Anda, Marquez setidaknya melakukan tujuh persiapan yang dilakukan selama musim liburannya saat ini. Seperti dilansir dari
Redbull.com, berbagai persiapan ini dilakukan Marquez bukan hanya menjelang musim balap 2019, namun sudah lama ia lakukan.

Persiapan yang dilakukan ini mungkin yang mampu membuatnya jadi juara MotoGp hingga 6 seri. Dan bukan tidak ungkin jika pebalap yang baru menginjak umur 21 tahun ini, bisa menyusul rekor dari Valentino Rossi, yang berhasil meraih 9 kali juara dunia di berbagai kelas.

Lalu, apa yang membuat Marquez bisa bertahan sejauh ini? Berikut penjelasannya :

1. Korbankan Waktu

Betul, Marc Marquez harus mengorbankan waktu pribadinya untuk latihan. Mungkin ini terdengar tabu. Namun hampir seluruh waktu mudanya ia korbankan untuk berlatih dan bertanding di segala level. Untuk itu, ia harus rela menghabiskan waktu bersama tim, dan melupakan makanan kesukaannya, serta waktu bersama keluarga.

Mungkin terdengar berat. Namun semua pengorbannya itu menorehkan hasil yang luar biasa. Hal itu yang dilakukan Marquez sedari kecil.

2. Berlatih di Gym

Melatih otot sangat penting agar bisa bertahan dalam kecepatan tinggi, sekaligus mengendalikan bobot sepeda motor yang dikendarinya.

3. Variasi Latihan

Terkadang, latihan di Gym saja tidak mampu memenuhi kebutuhan untuk menjadi lebih baik. Marc akhirnya melakukan beberapa latihan lain, seperti bersepeda, skiing, motorcross.

4. Istirahat

Istirahat adalah aspek penting dalam pembentukan tubuh. Percuma jika terus berlatih terus-menerus, tetapi tidak mengistirahatkan tubuh agar membentuk jaringan otot baru. Bukannya semakin baik, malah semakin hancur.

5. Menu Makanan

Bagi pecinta makanan, tidak memakan makanan kesukaannya adalah siksaan tersendiri. Tetapi bagi Marc Marquez, dan pebalap lain, ini adalah hal yang penting. Setiap hari dipenuhi dengan menu khusus yang memberikan keseimbangan antara karbohidrat, nutrisi, lemak, dan lainnya.

6. Jaga Kesehatan

Terjatuh, patah tulang, adalah hal yang biasa bagi para pebalap. Begitu juga Marc. Akan tetapi, hal ini tidak boleh dijadikan penghalang, tetap harus membalap sekencang dan sebaik mungkin.

7. Cintai Apa Yang Kamu lakukan

Enam poin diatas, tidak akan efektif dilakukan jika kamu tidak mencintai apa yang kamu lakukan. Apapun hasil yang didapat, apapun yang harus dikorbankan, Marc Marquez menjalaninya dengan penuh cinta.

Diatas adalah tujuh poin yang bisa kita tiru. Tidak hanya dalam menjadi pebalap, dalam hal apapun juga bisa diterapkan.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here