Mengenal Honda PCX Hybrid, Dua Penggerak Dalam Satu Kendaraan

Melihat Honda PCX Hybrid, Dua Penggerak Dalam Satu Kendaraan

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan keluarga baru PCX di Indonesia. Luar biasanya, PCX anyar hadir dengan menggunakan teknologi penggerak listrik. Tidak hanya itu, PCX Hybrid ini juga menggunakan penggerak konvensional.

Honda PCX Hybrid adalah sepeda motor matik pertama yang mengusung dua tipe penggerak sekaligus. Motor ini menggunakan mesin biasa, ditambah dengan penggunaan tenaga baterai. Lebih efisien serta mengurangi polusi udara.

Melihat Honda PCX Hybrid, Dua Penggerak Dalam Satu Kendaraan

Bagaimana dengan spesifikasinya? Berikut ulasannya.

Honda PCX Hybrid terbaru ini tidak berbeda jauh dengan PCX yang lebih dulu lahir. Mengusung mesin yang sama-sama berkapasitas 150 cc, lengkap dengan teknologi PGM-FI. Perbedaannya adalah, PCX Hybrid menggunakan bantuan baterai “Lithium-Ion”, sehingga kinerja mesin bisa lebih ringan.

Daya maksimum yang dihasilkannya jika menggunakan penggerak mesin biasa mencapai 14.7 Ps pada putaran 8.500 rpm, sementara itu penggerak baterai menghasilkan 1.4 kW pada 3.000 rpm.

Melihat Honda PCX Hybrid, Dua Penggerak Dalam Satu Kendaraan

Torsinya juga tidak berbeda jauh. 13.2 Nm pada 6.500 rpm pada tenaga mesin, dan 4.3 Nm pada 3.000 rpm pada tenaga baterai.

Dari sisi desain, PCX Hybrid menawarkan warna yang lebih kalem dan elegan. Dijual satu warna saja, Hybrid Blue, dijamin pemilik sepeda motor ini akan selalu dilihat orang. Tidak hanya itu, adanya emblem “Hybrid” berwarna biru, membuatnya terlihat lebih spesial dan mewah.

Melihat Honda PCX Hybrid, Dua Penggerak Dalam Satu Kendaraan

Fitur Honda PCX Hybrid cukup banyak, dan tentunya berbeda dengan PCX standar. Salah satunya adalah kehadiran “Riding Mode”. Fitur ini membantu sepeda motor untuk mengatur tenaga yang dikeluarkannya.

Melihat Honda PCX Hybrid, Dua Penggerak Dalam Satu Kendaraan

Ada tiga “Riding Mode” yang didukung oleh PCX Hybrid. Pertama, ada “D”, mode ini berguna bagi pengendara yang ingin santai. Tenaga yang dihasilkan pun tidak terlalu besar.

Mode “S” hadir untuk memberikan pengalaman berkecepatan tinggi menggunakan PCX. Menghasilkan torsi dan daya yang lebih besar.

Lalu yang terakhir, mode “Idling”, tidak berbeda jauh dengan mode “D”, hanya saja mode ini dapat mematikan fitur “Idling Stop” sehingga mesin tidak mati ketika diam dalam waktu lebih dari tiga detik.

Melihat Honda PCX Hybrid, Dua Penggerak Dalam Satu Kendaraan

Secara keseluruhan, PCX Hybrid memberikan kemewahan yang berbeda dibandingkan PCX biasa, yang sebenarnya memang sudah mewah. Fitur-fitur terbarunya memberi pengalaman berbeda dalam mengendarai sepeda motor matik. Terlebih penggunaan baterai Lithium-Ion. Membuatnya lebih efisien dan mengurangi polusi udara.

Melihat Honda PCX Hybrid, Dua Penggerak Dalam Satu Kendaraan

Spesifikasi Honda PCX Hybrid

Mesin
Tipe Mesin SOHC, PGM-Fi, 4-Tak
Kapasitas Silinder 149.3 cc
Diameter x Langkah 57.3 mm x 57.9 mm
Rasio Kompresi 10.6:1
Daya Maksimum Mesin: 14.7 Ps/8.500 rpm
  Baterai: 1.4 kW/3.000 rpm
Torsi Maksimum Mesin: 13.2 Nm/8.500 rpm
  Baterai: 4.3 Nm/3.000 rpm
Dimensi & Kapasitas
P x L x T 1.923 mm x 745 mm x 1.107 mm
Tinggi Tempat Duduk 764 mm
Jarak Roda 1.313 mm
Jarak Tanah 137 mm
Berat Sepeda Motor 136 kg
Kapasitas Tangki Bensin 8 L
Kapasitas Oli 0.8 L
Rangka & Kaki-Kaki & Kelistrikan
Tipe Rangka Double Cradle
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Twin
Ban Depan 100/80-14M/C
Ban Belakang 120/70-14M/C
Rem Depan Cakram ABS
Rem Belakang Cakram
Tipe Baterai atau Aki 12 V – 3 Ah MF. 4 V- 4 Ah Lithium-Ion
Sistem Pengapian Full Transisterized
Tipe Busi NGK-MR8K-9
Harga
Honda PCX Hybrid Rp 41.325.000

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here