Malaysia Berikan ‘Lampu Hijau’ Untuk Gojek

Malaysia Berikan 'Lampu Hijau' Untuk Gojek

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Layanan ride-sharing yang berasal dari Indonesia, Gojek, beberapa hari ini menjadi topik perbincangan yang hangat. Bukan karena skandal atau berita negatif lainnya, tetapi karena perusahaan yang dinahkodai oleh Nadiem Makarim ini mulai menginjakkan kaki di negara Asia Tenggara lain, yaitu Malaysia.

Dilansir dari Paultan, Menteri Kewirausahaan Pemerintahan Malaysia, Tuan Datuk Seri Mohd Redzuan Yusof, mengatakan bahwa Kabinet Malaysia setuju akan implementasi dari layanan ride-sharing (21/08), atau yang biasa dikenal sebagai ojek, di negaranya tersebut.

Mohd Redzuan juga mengatakan bahwa yang akan bekerja dalam penerapan Gojek di Malaysia adalah Menteri Pemuda dan Olahraga serta Menteri Transportasi Malaysia.

Malaysia Berikan 'Lampu Hijau' Untuk Gojek

Keduanya diminta untuk siap berdiskusi lebih lanjut serta bekerjasama untuk membuat aturan yang harus diatur, atau dibuat agar layanan ini (Gojek) bisa diterapkan secara menyeluruh di Malaysia.

Cabinet in principle has agreed for this Gojek service to be implemented. The Youth and Sports Ministry and the Transport Ministry have been asked to work together and discuss what laws need to be amended or created to enable this service to be implemented in the country.” Papar beliau.

Malaysia Berikan 'Lampu Hijau' Untuk Gojek
Nadiem Makarim dan Syed Saddiq. Src: DealStreet

Tidak tiba-tiba datang, ide membawa Gojek ke Malaysia diprakarsai oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Pemerintahan Malaysia, Syed Saddiq Syed Abdul Rahman, lalu pendiri dari Gojek, Nadiem Makarim, dan Perdana Menteri Malaysia, Tun Dr. Mahathir Mohamad.

Sebelumnya, Malaysia sendiri memiliki layanan yang serupa. Dengan nama “Dego Ride,” layanan tersebut dianggap ilegal karena tidak memenuhi unsur keselamatan dan juga keamanan.

Oleh karena itu, Gojek diharapkan dapat sedikit ‘memperlunak’ aturan yang ada tersebut agar bisnis ride-sharing bisa berkembang disana.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here