RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Bagi Anda yang ingin membeli sparepart seperti busi di marketplace disarankan agar sesuai toko yang sudah dipercaya. Pasalnya, sebuah penyelidikan telah menemukan 60 persen busi yang dijual via online (marketplace).

Investasi itu dilakukan oleh Australia’s Federal Chamber of Automotive Industries (FCAI) dan koalisi produsen otomotif. Dalam penyelidikan mereka menemukan dari ratusan busi yang dibeli secara online merupakan busi palsu atau penipuan terverifikasi.

Teknologi Canggih, Kaca Film Wealthy Dapat Berubah Secara Otomatis

Lebih mengkhawatirkan, mereka hampir tidak bisa membedakan busi yang asli atau palsu. Pasalnya banyak sebagian busi terlihat sangat baik dan bahkan dikemas dengan merek Honda, Nissan, Mazda, dan Toyota.’

“Kami memiliki para ahli yang memeriksa kemasan dan busi. Bahkan mereka sempat tidak dapat membedakannya. Anda tidak akan tahu itu palsu atu bukan,” ungkap Kepada Eksekutif FCAI Tony Weber seperti dilansir Carscoops, Selasa (8/10/2019).

Busi Mobil

Weber menyebutkan meski busi terlihat asli, namun bahan yang digunakan berkualitas renda dan memiliki konstruksi lebih rendah. Ini terlihat ketika busi dipotong menjadi dua, tetapi terkadang sulit membedakannya.

5 Ciri Ban Mobil Harus Diganti, Ini Tandanya

Busi palsu dapat menghambat kinerja dan berpotensi merusak mesin. Menurut Weber, kualitas busi rendah pada komponen ini bisa menyebabkan sistem pengapian, efisiensi bahan bakar, dan start up engine buruk.

Selain itu busi palsu juga mudah panas dan menyebabkan penurunan pada tenaga mesin, terutama akselerasi bawah atau beban berat. Jika terlalu panas, busi dapat meleleh dan menyebabkan kerusakan mesin yang ekstrem.

Sayangnya, Weber tidak menyebutkan situs web penjual busi palsu itu dibeli. Tapi, mereka mengatakan industri otomotif bekerja dengan platform perdagangan online yang relevan untuk menghapus daftar dan melarang penjualan barang palsu ilegal dari situs mereka.

Cara Membuat Mobil Kinclong dan Efek Daun Talas Saat Terkena Hujan

Cara paling aman melindungi Anda dari barang palsu ialah membeli dari dealer, toko onderdil atau pengecer online yang terpercaya. Dapat juga sebelum membeli barang, alangkah baiknya untuk membaca info produk dan reviewnya pada halaman penjual.

1 KOMENTAR

  1. Selain itu busi palsu juga mudah panas dan menyebabkan penurunan pada tenaga mesin, terutama akselerasi bawah atau beban berat. Jika terlalu panas, busi dapat meleleh dan menyebabkan kerusakan mesin yang ekstrem.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here