Mengadu Crossover Sekandung, Jeep Renegade Vs Fiat 500X

Cheatsheet
RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Di tengah gemerlapnya pasar crossover, Fiat Chrysler Automobile (FCA), memiliki dua produk berbeda merek yang saling berlomba menjaring konsumen. Kedua model itu adalah Jeep Renegade dan Fiat 500X.
Jeep tahun ini memasuki usia ke-75 tahun, sebuah perjalanan panjang untuk merek asli Amerika ini. Salah satu penyumbang terbesar penjualan Jeep adalah Renegade, crossover kompak bertempat duduk lima orang dan dilengkapi juga dengan girboks manual 6 percepatan. Di kelasnya, Renegade cukup menggoda, terutama di kalangan keluarga muda dengan anggota keluarga kecil.
Tapi meski menyandang merek asli Amerika, tapi Renegade berbeda dari sejumlah model Jeep lainnya. Memang benar Renegade memiliki kemampuan melibas medan off-road layaknya Jeep Wrangler dan Cherokee. Tapi Jeep imut ini bukan diproduksi di Toledo, Ohio, Belvedere, Illinois, atau tempat lain yang menjadi pabrik tradisional Jeep. Renegade diproduksi di Melfi, Italia, yang juga memproduksi Fiat 500X. Kebetulan kedua merek ini menggunakan platform yang sama.
Cheatsheet
Cheatsheet
Namun, meski memiliki platform yang sama dan berasal dari satu induk, yakni FCA, nasib keduanya berbeda di pasar Amerika Utara. Sejak debut pada Maret lalu, Renegade versi terbaru sudah terjual hampir 100.000 unit di AS. Di sisi lain, Fiat 500X baru terjual sebanyak sekitar 15.000 unit hingga pekan ketiga Mei 2016. Lalu apa yang membuat keduanya berbeda nasib dari sisi penjualan?
Renegade boleh jadi sebagai ‘imigran Italia’, tapi secara rasa, model ini sudah berasimilasi dengan jajaran Jeep lainnya. Secara tampilan sudah gagah layaknya Jeep, pengemudian juga serasa Jeep, dan kemampuan juga sama dengan Jeep. Semua fakta itu berbanding lurus dengan hasil penjualan Renegade di pasar AS yang laris manis, karena dinilai sudah sesuai dengan keinginan konsumen Negeri Paman Sam.
Dari sisi harga, seperti dilansir Cheatsheet, Renegade versi terbawah, yakni model Sport, dilepas sekitar US$18.000 (Rp245 juta) dengan penggerak roda depan, sedangkan yang teratas, Trailhawk, bisa ditebus seharga US$25.000 atau lebih. Model yang terakhir ini diklaim memiliki kemampuan off-road yang mumpuni. Untuk dapur pacu versi terbawah adalah mesin 1.4-liter MultiAir empat silinder segaris, yang mampu menghasilkan tenaga 160 Hp dan torsi 184 pound-feet. Model ini ditawarkan dalam dua varian, yakni bertransmisi manual 6 percepatan atau matik 9 percepatan. Sementara model Trailhawk dibekali mesin 2.4-liter empat silinder bertenaga 180 Hp dan torsi 175 pound-feet.
Untuk interiornya, Renegade agak mirip dengan Wrangler, dan dilengkapi panel yang bisa dilepas, MySky. Kemiripan lainnya dengan Wrangler adalah wheelbase yang pendek dan ground clearance lebih tinggi 0,8 inci, sehingga aman dan nyaman untuk melibas medan berat.
Kini kita melirik ‘saudara’ Renegade bermerek Italia, yakni Fiat 500X. Jika Renegade memiliki gars desain kotak, 500X lebih membulat. Dibwah kap mesinnya tersimpan dua pilihan mesin, yakni mesin berkapasitas 1.4 liter dan 2.4 liter, yang tenaganya juga sama dengan Renegade, yaitu masing-masing 160 Hp dan 180 Hp. Kesamaan lainnya adalah girboksnya, juga wheelbase yang berukuran 101,2 inci dan layout lima tempat duduk. Fiat 500X juga dilengkapi sunroof dua panel seperti Renegade.
Beralih ke soal harga, ternyata Fiat 500X lebih mahal ketimbang Renegade. Untuk model entry level, Pop, ditawarkan seharga US$20.000. Ini mungkin salah satu mengapa Renegade lebih laris.
Bagaimana dengan performanya? Jika Renegade lebih piawai dalam melibas medan off-road, Fiat 500X lebih nyaman melintas di jalan beraspal. Pengendalian 500X di jalan aspal dinilai lebih baik ketimbang Renegade, dan suasana interiornya juga lebih cerah dan bergaya. Di sini, Fiat sepertinya ingin menempatkan 500X sebagai teman para kaum urban ketimbang mereka yang suka berpetualang. Namun demikian, 500X juga diberi kemampuan melibas jalan jelek berkat sistem all-wheel drive untuk model Trekking.
Sekarang Anda bisa mempertimbangkan yang mana yang lebih pas untuk menunjang aktivitas Anda. [yog]

Berita terkait

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here