Mengintip Spesifikasi Hypercar Mercedes Berdesain Radikal

Automobile

RAJAMOBIL.COM, Stuttgart – Belakangan banyak rumor berseliweran yang menyebutkan Mercedes-AMG tengah menggarap sebuah hypercar untuk menyaingi AM-RB 001, yang dikembangkan Aston Martin bersama Red Bull Racing. Bagaimana wujud dan spesifikasinya?

Menurut catatan Automobile, proyek hypercar Mercedes-AMG itu dinamai R50 dan akan menjembatani celah antara supercar untuk jalan raya dengan mobil prototipe Le Mans. Dari sisi bobot, diperkirakan berat hypercar ini kurang dari 1.315 kg. Itu berarti jauh lebih ringan ketimbang McLaren P1 (1.490 kg), LaFerrari (1.587 kg), atau Porsche 918 Spyder (1.632 kg).

Untuk dapur pacunya kemungkinan ada dua opsi, yaitu mesin 1.6-liter turbocharged V6 hybrid yang dikembangkan untuk Formula 1, yang tentunya sudah mengalami banyak modifikasi. Sementara opsi lainnya adalah mesin yang dikembangkan AMG, yakni mesin 2.0-liter turbo 4 silinder yang memiliki tenaga hingga 1.000 Hp.

Dengan formula bodi ringan dan mesin bertenaga besar, maka diharapkan R50 mampu menembus kecepatan 100 km/jam dalam waktu 2 detik dan kecepatan puncak mencapai sekitar 354 km/jam. Sementara sasis yang diracik ulang oleh Lotus, diharapkan mampu membuat hypercar ini tangguh dan nyaman untuk diajak ngebut di sirkuit.

Sejumlah elemen desain lainnya sudah dipersiapkan layaknya untuk mobil balap, seperti aerodinamika dan suspensi aktif, sementara kokpit dirancang agar posisi duduk pengemudi dan penumpang agak ebah mirip dengan pebalap formula. Selain itu, di kokpit mobil tak banyak terpampang tombol dan instrumen, yang tersedia hanyalah tachometer LED dan head-up display.

Dari sisi desain yang radikal, sebagian mengacu pada sejarah Mercedes, seperti konsep Vision Gran Turismo, AMG GT R, SLR McLaren Stirling Moss, CLK GTR, C111 dan C112, sedangkan foto terbaru adalah Silver Arrow (foto di atas) yang berasal dari hasi kontes LA Design Challenge 2011.

Mercedes rencananya akan memperkenalkan konsep R50 di ajang Paris Motor Show mendatang. [yog]

Tertarik dengan mobil mewah Mercedes-benz? dapatkan penawaran menarik di sini

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here