Pilih Mana, Toyota Avanza Atau Suzuki Ertiga?

RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Pilih mana, Toyota Avanza atau Suzuki Ertiga? Mungkin hal ini tengah Anda pertimbangkan saat ini, bagi yang ingin membeli mobil baru. Hal tersebut wajar, pasalnya kedua mobil ini masuk dalam kategori segmen yang sama, low Multi Purpose Vehicle (MPV).
Diantara dua pilihan tadi, Toyota Avanza merupakan penguasanya. Pasalnya, sejak pertama kali diluncurkan pada 2003, penjualan Avanza terus mendominasi pasar otomotif tanah air hingga kini. Tapi Suzuki Ertiga bukan tanpa perlawanan.

 

April lalu, Suzuki meluncurkan secara ekslusif All new Ertiga di Indonesia. Ini merupakan debut global generasi baru Ertiga. Hal itu tentu dilakukan pabrikan berlogo S tersebut guna menarik minat masyarakat tanah air pada mobil keluarga buatannya.
Ini berhasil. Karena sesaat setelah di luncurkan, inden atau daftar tunggu bagi mereka yang membeli Ertiga mencapai tiga bbulan.Perubahan yang dilakukan Suzuki pada Ertiga mampu mendongkrak penjualan mobil ini.
Bahkan, tercatat dari data penjualan wholesales (pengiriman mobil dari pabrik ke dealer) Gaikindo sejak April hingga Oktober 2018 mencapai 15.265 unit. Dalam pemasarannya, Suzuki memberikan tujuh tipe All new Ertiga.
Namun ternyata kehadiran Suzuki Ertiga baru tidak terlalu menganggu dominasi Toyota Avanza. Bagaimana tidak, rata-rata penjualan mobil keluarga Toyota ini mencapai 6.000 unit perbulan. Lantas, bila dilihat dari spesifikasi, mana lebih baik, beli Toyota Avanza atau Suzuki Ertiga?
Secara ukuran, Ertiga memiliki dimensi yang lebih panjang dan lebar dari Toyota Avanza. Ertiga memiliki panjang 4.395 mm, sementara Avanza hanya 4.190 mm. Sedangkan untuk lebar 1.735 mm berbanding 1.660 mm. Namun untuk pilihan yang tersedia, Avanza unggul. Toyota menghadirkan sembilan pilihan tipe Avanza, beda dengan Ertiga yang hanya tersedia tujuh varian dengan dua pilihan transmisi, manual dan otomatis.
Untuk fitur yang tersedia, kedua mobil hampir berimbang. Sebut saja fitur yang dimiliki Avanza seperti ABS dengan EBD, ISOFIX, Immobilizer Key, 3 point seat belt untuk ketujuh penumpangnya serta beberapa fitur lain. Sedangkan untuk fitur yang terdapat pada Ertiga sepertinya sedikit lebih unggul.
Selain sudah ada ABS serta EBD, Ertiga juga dilengkapi dengan BA (Brake Assist) dan ESP (Electronic Stability Program). Selain itu, mobil ini juga sudah memiliki Hill Hold Control (HHC). Fitur ini berfungsi untuk menahan kendaraan tidak meluncur saat melaju di tanjakan atau turunan.
Fitur lain yang terdapat pada Ertiga seperti AC Double Blower, Parking Sensor, Auto Up Window, Dual Airbag, dan tombol audio di lingkar kemudi. Sedangkan untuk mesin yang digunakan, Suzuki Ertiga menggunakan mesin K15B empat silinder berkapasitas 1.5 liter yang mampu menghasilkan daya 104,7 PS pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.4000 rpm.
Sementara Toyota Avanza hadir dengan menggunakan mesin berteknologi dual VVT-i dengan dua pilihan kubikasi, 1.3 liter dan 1.5 liter. Bila dilihat, kedua mobil ini memiliki keunggulan yang berbeda. Toyota Avanza dan Suzuki Ertiga terbilang mobil ideal bagi keluarga Anda. Sementara untuk harganya, Suzuki Ertiga dijual dengan bandrol mulai Rp 193 juta hingga Rp 238,5 jutaan, dan untuk Toyota Avanza memiliki bandrol Rp 188,6 juta dan varian tertinggi Rp 239,4 jutaan.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here