RAJAMOBIL.COM, Jakarta – Kemunculan Avanza dan Veloz facelift sudah diperkirakan oleh banyak orang. Terlebih, sejak Xpander muncul pada ajang GIIAS 2016 dan menjadi mobil dengan penjualan tercepat, Toyota sudah mulai ancang-ancang akan melakukan perubahan pada Avanza dan Veloz.

Akan tetapi, pada saat itu masih belum diketahui apakah Avanza dan Veloz hanya facelift saja, atau akan memiliki tipe Grand New.

Tebakan tersebut terjawab pada 15 Januari kemarin. Toyota akhirnya memutuskan melakukan Facelift, terhadap Avanza dan Veloz. Memberi wajah yang lebih segar dan lebih mewah.

Memiliki desain lebih segar, apakah Avanza sudah siap untuk kembali menjadi mobil terlaris di Indonesia? Berikut Rajamobil berikan beberapa perbandingan.

  • Desain

Sebagai mobil yang baru saja dilahirkan kembali, Avanza tentunya memiliki wajah yang lebih segar dan mewah. Sementara itu, Xpander yang baru muncul di 2016, belum menerima facelift.

Roadshow Mitsubishi Xpander

Hal tersebut wajar, mengingat umur Avanza yang lebih tua dibandingkan Xpander.

Masing-masing memiliki desain yang keren. Avanza terbaru dengan lampu depan model terpisah, dan Xpander yang memiliki lampu depan tipis nan tajam, lengkap dengan lampu kabut, menampilkan aura yang lebih siap menembus medan apapun.

  • Mesin
Mesin Avanza

Avanza terbaru, varian tertingginya, 1.5G, masih menggunakan transmisi manual. Di lain sisi, Xpander Ultimate, sudah menggunakan transmisi otomatis.

Mesin IL 4-silinder DOHC, menjadi penggerak tenaga utama dari Avanza terbaru. Diklaim dapat menghasilkan daya sebesar 104 Ps pada putaran 6.000 rpm, serta torsi 13.9 Kgm pada putaran 4.200 rpm.

Mesin Xpander

Xpander, menggunakan mesin 4A91 1.5L MIVEC DOHC. Memiliki daya maksimum sebesar 104 Ps pada putaran 6.000 rpm, dan torsi 141 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Perlu diketahui, keduanya sama-sama menggunakan mesin berkapasitas 1.500 cc.

  • Fitur

Sama-sama berada di harga yang tidak terlalu jauh, keduanya memiliki fitur yang cukup mumpuni, dan tentunya memanjakan para pemiliknya.

Xpander sudah dilengkapi dengan Hill Start Assist, lalu Pedestrian Protection, Active Stability Control, dan fitur lainnya. Dari sisi interior, mobil ini sudah disematkan Keyless Operating System, hanya tinggal menekan satu tombol saja untuk menyalakan mesin.

Avanza, dilengkapi dengan ABS terbaru yang lebih pakem, lalu Dual Airbags di bagian depan, yang ditambah dengan Seatbelt with Pretensioner & Force Limiter, sehingga jika terjadi kecelakaan, badan pengemudi dan penumpang depan akan tetap berada di kursi, tidak terlempar keluar mobil.

  • Kenyamanan

Toyota tidak hanya memberi penyegaran pada eksterior dari Avanza, tetapi interiornya juga. Lebih nyaman dan lebih baik. Terlihat dari HUD yang lebih lebar, tersedia di semua tipe Avanza terbaru. AC juga menggunakan layar digital, lebih keren dan modern.

Interior Avanza

 

Power Slot juga dipasang pada baris pertama, kedua, dan ketiga dari Avanza terbaru ini, sehingga tidak perlu susah untuk melakukan pengisian baterai gadget anda.

Interior Xpander

Mitsubishi Xpander memiliki interior yang tidak berbeda jauh, tetapi memiliki lebih banyak kantong penyimpanan barang, sehingga tidak menganggu kursi penumpang untuk menaruh sesuatu. Sandaran tengah juga cukup lebar, cukup untuk tangan dua orang dewasa.

  • Harga

Mitsubishi Xpander Ultimate A/T dijual dengan harga Rp. 258 Juta, sementara untuk Toyota Avanza Facelift 1.5G M/T, dijual dengan harga Rp. 221 Juta.

Keduanya memiliki harga yang tidak terpaut jauh.

  • Kesimpulan

Masing-masing mobil memiliki banyak kelebihan. Seperti mesin yang kuat, kebebasan pilihan transmisi, lalu kabin nyaman dan senyap, fitur keamanan yang mumpuni, dan faktor-faktor lainnya.

 

Mitsubishi Xpander memang menjadi wajah baru di segmen LMPV (Low MPV), tetapi, kelahiran kembali Toyota Avanza, tidak boleh dianggap remeh.

Dengan statusnya sebagai “Mobil Terlaris di Indonesia”, tentu saja membuat Avanza lebih punya nama di masyarakat, begitupula Xpander, mengusung bentuk yang lebih “berani”, membuatnya dicintai oleh masyarakat yang senang bepergian ke tempat yang sulit dilalui mobil lain.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here