Simak Spesifikasi Suzuki Karimun Wagon R yang Berkualitas Berikut Ini!

Simak Spesifikasi Suzuki Karimun Wagon R yang Berkualitas Berikut Ini!

Spesifikasi Suzuki Karimun hadir dengan banyak keunggulan, salah satunya yang bernama Karimun Wagon R. Pasalnya kendaraan roda empat ini juga sudah masuk ke dalam segmen mobil murah yang ramah terhadap lingkungan.

Tidak hanya itu saja, melainkan juga membawa desain yang tergolong lebih mewah dengan kabin yang cukup luas untuk keluarga Anda. Sehingga mobil dari Suzuki ini bisa menjadi pilihan terbaik ketika memutuskan untuk membeli mobil baru.

Desain dan Spesifikasi Suzuki Karimun Wagon R, Mobil Andalan untuk Anda!

Suzuki Karimun Wagon R ini tampaknya bisa menjadi salah satu senjata andalannya Suzuki dalam segmen LCGC. Sementara itu konsumen dari Karimun ini fungsional dan penjualannya secara ritel juga lebih rendah.

Meski demikian penjualan di segmentasi fleet sepertinya tidak asing lagi, sebab penjualan produk yang menyasar instansi adalah segmentasi yang bisa meningkatkan penjualan. Ini sudah terbukti melalui kenaikan penjualannya yang sudah berhasil dialami oleh mobil tersebut sejak 2021 lalu.

Desain Eksterior

 

Dari segi tampilannya, mobil ini hadir dengan desain boxy yang kompak dan bahkan sejak diluncurkannya sudah langsung diterima baik oleh masyarakat. Wagon R ini membawa desain simple, compact dan tentunya lebih kokoh dengan tinggi hingga 1655 mm.

Karimun Wagon R ini menggunakan desain front grill elegant pada bagian depan yang terlihat lebih sporty. Sementara itu pada bagian headlamp tidak lupa Suzuki menambahkan light blue eyes yang membuat tampilannya terlihat lebih mewah.

Desain Interior

 

Pindah ke bagian dalam mobil, dimana menawarkan ruang kabin yang cukup luas yang mampu menampung hingga lima penumpang. Memiliki tampilan desain dashboard yang lebih modern dan simple ini membuat mobil terasa lebih nyaman.

Spesifikasi Suzuki Karimun Wagon R ini juga sudah menggunakan desain setir setengah lingkaran dan untuk cluster meter membawa desain sporty. Sedangkan pada bagian depan juga memiliki beberapa konsul penyimpanan yang bisa memberi kemudahan Anda selama mengendarai mobil tersebut.

Pada sistem hiburannya, maka mobil ini sudah menggunakan 2 Din Car Audio lengkap dengan tambahan berupa speakers berjumlah 4. Ada juga security alarm, Alloy Wheel, Roof Rails serta Seat Under Tray yang menjadi sebagai fitur keamanan pada kendaran tersebut.

Mesin yang Lebih Mumpuni

 

Sedangkan untuk bagian mesinnya, Suzuki berhasil menghadirkan generasi terbarunya berupa mesin K10B dengan DOHC. Tentunya mesin ini berkapasitas sebesar 988cc dan membawa tenaga yang lebih handal dan efisien bahan bakar.

Sehingga untuk soal mesin pada Wagon R ini bisa menghasilkan daya mencapai 68 tenaga kuda pada 6200 rpm. Sementara itu untuk torsi maksimalnya yang bisa dihasilkan adalah p90Nm pada 3500 rpm.

Lebih menariknya lagi, Suzuki juga menghadirkan teknologi bernama Auto Gear Shift Transmission untuk varian tertinggi Wagon R tersebut. Bahkan teknologi itu juga yang menjadi pertama digunakan pada kendaraan mobil LCGC di Tanah Air.

Konsumsi Bahan Bakar

 

Mobil yang membawa transmisi terbaru ini rupanya juga menjanjikan efisiensi bahan bakar yang lebih baik lagi daripada varian manual. Pasalnya berdasarkan pada pengujian dari BTMP, konsumsi bahan bakar Wagon R dengan transmisi AGS mencapai 21,58 km/liter.

Sehingga dari spesifikasi Suzuki Karimun Wagon R ini jauh lebih irit daripada dengan mobil bertransmisi manual hingga 21,08 km/liter. Karakteristik transmisi manual juga dapat memaksimalkan efisiensi bahan bakar melalui AGS.

Seperti yang kita ketahui, bahwa transmisi AGS juga turut dilengkapi dengan aktuator hidrolik elektronik yang juga dikendalikan oleh ECU. Sedangkan untuk soal jantung pacunyak, Wagon R AGS ini bawa mesin K10B dengan kapasitas 988cc.

Bagi Anda yang tertarik dengan mobil ini, maka mesinnya juga lebih responsif pada awal perputaran bawah. Berdasarkan dari penggunaan dalam kondisi berkendara pada kecepatan 80 km/jam sejauh 150 km, konsumsi bahan bakarnya bisa tembus hingga 22,8 km/liter.

Varian Suzuki Karimun Alami Penyegaran

 

Sejak kemunculannya, ada beberapa tipe dari spesifikasi Suzuki Karimun Wagon R ini dan ada penyegaran serta penyesuaian terjadi. Pasalnya sampai yang terbaru pun Karimun Wagon R ini hanya memiliki dua varian model saja yakni GL dan GS. Lantas apa perbedaannya?

Melalui pembaruan variannya, Wagon R ini lebih memudahkan dalam pemilihannya sebab beda wajah antara GL dan GS. Nah untuk varian GL membawa desain baru lengkap dengan lampu depan utama yang rata.

Sementara itu untuk varian GS hadir lebih mewah dan bisa dikatakan sebagai varian yang lebih mahal daripada GL itu. Tidak hanya itu saja, melainkan juga berbeda pada bagian desain eksterior serta ukuran pelek pada bagian ban-nya.

Apakah Karimun Wagon R Memiliki Pesaing?     

Spesifikasi Suzuki Karimun memang cukup menarik dan sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu dengan membawa harga terjangkau. Sampai pada akhirnya penjualan Karimun semakin meroket sampai sempat beberapa kali mendapat pembaharuan maupun penyegaran mobil.

Semenjaka program LDGC diresmikan, maka Karimun pun akhirnya mendapatkan lebih banyak pesaing, mulai dari Honda Brio Satya hingga Toyota Agya. Kedua mobil ini juga membawa harga yang cukup terjangkau sampai-sampai bisa melengserkan karimun sebagai pemain lama.

Walaupun Karimun Wagon R tidak diproduksi untuk pasar Indonesia lagi, rupanya Suzuki akan masih membuatnya khusus untuk pasar ekspor pula. Terutama di Pakistan yang sampai saat ini memang masih mengkonsumsi mobil kecil itu.

Segi Perbedaan Mobil Karimun dengan Varian Lain

Perbedaan dari spesifikasi Suzuki Karimun Wagon R dan Estilo yang paling mencolok sendiri adalah pada bagian eksterior dan fiturnya. Untuk Karimun Estilo sendiri adalah generasi kedua di dalam keluarga Suzuki Karimun yang sudah beredar di Indonesia sejak 2003.

Hingga pada akhirnya pada 2009, Karimun Estilo juga mengalami perubahan lebih tepatnya pada bagian desain eksterior dan jantung mesin. Akan tetapi kehadirannya itu rupanya kurang mendapat respon baik oleh masyarakat, khususnya Indonesia.

Perbandingan antara Wagon R dan Estilo ini adalah pada bagian sisi desain, yang mana Wagon R membawa tema kotak di bodinya. Berbeda lagi dengan Estilo yang membawa desain agak membulat dan lebih ke arah futuristik.

Perbedaan selanjutnya antara spesifikasi Suzuki Karimun Wagon R adalah pada bagian dimensinya dan Estilo memiliki bodi lebih kecil. Pasalnya Estilo ini membawa dimensi panjang 3495 mm, lebar 1475m dan tinggi 1585m.

Sedangkan untuk Wagon R membawa panjang 3635mm, lebar 1475 dan tinggi hingga 1670mm. Dari angka inilah, maka Karimun Wagon R jauh lebih panjang dan tinggi dan mempengaruhi luasnya kabin dan desain interior lainnya.

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Karimun

Desain boxy dan kabin Karimun Wagon R ini lebih luas sehingga menjadi salah satu kelebihan yang dimilikinya. Berkat adanya dimensi yang cukup papang ini, maka akan membuat penggunanya merasa semakin nyaman selama mengendarai mobil tersebut.

Selain spesifikasi Suzuki Karimun Wagon R yang mumpuni ini, maka mobil dari Suzuki itu membawa struktur body yang jauh lebih kuat lagi. Hal ini jelas berbeda daripada mobil kelas LCGC yang hanya membawa body lebih tipis.

Selain itu mobil ini juga hanya memiliki harga sangat terjangkau dan sudah lama mempunyai tempat penyimpanan yang cerdas. Sehingga mampu untuk menampung barang bawaan Anda agar lebih tertata rapi.

Meski demikian rupanya mobil ini juga memiliki kekurangan, salah satunya hanya membawa fitur interior yang ala kadarnya saja. Selain itu memiliki kabin yang kurang kepada hingga perpindahan gigi transmisi AGS yang menghentak, tetapi memiliki harga terjangkau.

Dari spesifikasi Suzuki Karimun Wagon R ini juga sudah menggunakan penggerak roda depan lengkap dengan tambahan berupa multi point injection. Untuk handling, dirasa sudah cukup baik untuk bermanuver di jalanan yang macet.

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?