Kapan Sebaiknya Ganti Oli?

RAJAMOBIL.COM, Bekasi – Setiap pemilik mobil tentu tidak ingin mesin mobilnya rusak. Untuk itu berbagai perawatan pun dilakukan, salah satunya dengan mengganti oli mesin secara berkala. Kapan sebaiknya penggantian oli?

“Pemilik mobil sebaiknya mengecek oli secara berkala, setiap minggunya,” kata Bayu, kepala mekanik bengkel Yanto Motor 2 di Galaxy, Bekasi.

Menurut Bayu, pada dasarnya ganti oli harus berdasarkan jam kerja mesin. Namun hal yang selama ini dipahami para pemilik mobil biasanya ganti oli dengan memperhatikan jarak tempuh atau kilometer.

“Padahal, jumlah kilometer tidak memperhitungkan kondisi mobil pada saat mengalami kemacetan. Saat macet, kilometer tidak bekerja, namun mesin akan terus bekerja,” kata Bayu.

Pria berusia 37 ini juga menjelaskan, terkadang jarak yang biasa ditempuh dalam waktu 15-30 menit, jika terjadi kemacetan bisa menghabiskan waktu 2-3 jam. “Hal ini menyebabkan mesin harus bekerja tiga kali lipat dari biasanya,” ujarnya.

Awalnya memang penggantian oli dilakukan berdasarkan kilometer, karena lalu lintas belum terlalu padat seperti sekarang. Namun akibat kemacetan yang kerap terjadi, sebaiknya mulai dipikirkan kembali untuk menghitung penggantian oli berdasarkan jam kerja mesin.

“Jika mau dihitung rata-rata, memang sebaiknya ganti oli dilakukan setiap 5.000 km. Namun pilihan ada di pengemudi, karena ia yang paling tahu kondisi perjalanan mesin mobilnya sehari-hari,” ucap Bayu penuh semangat. [mor]

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?

Please enter your comment!
Please enter your name here