Tips Lulus Uji Emisi Kendaraan!

Tips Lulus Uji Emisi Kendaraan!
Source: jawapos.com

JAKARTA, RAJAMOBIL.com – Mulai 1 September 2023 kendaraan yang melintas di Ibu Kota harus mengikuti Uji Emisi. Aturan ini berlaku bagi kendaraan dengan usia di atas tiga tahun. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Ditlantas Polda Metro Jaya akan menerapkan tilang bagi kendaraan yang tidak lulus uji emisi. Berikut tips lulus uji emisi kendaraan.

1. Bersihkan Filter Udara Mesin

Pastikan filter udara dalam keadaan bersih karena akan berpengaruh pada angka Hidrokarbon (Hydrocarbon /HC). Pasokan udara yang kurang akibat filter udara yang kotor, dapat menghambat aliran udara masuk ke ruang bakar mesin sehingga membuat angka HC semakin tinggi.

2. Busi dan Koil Dalam Kondisi Prima

Sebagai bagian dari sistem pengapian mesin, busi dan koil yang dalam kondisi prima akan memastikan proses pembakaran di dalam ruang bakar berjalan dengan baik. Campuran udara dan bensin akan terbakar sempurna dan tidak meninggalkan jejak residu yang dapat membuat mobil tidak lulus uji emisi.

Baca juga: Pesaing Mobil Listrik Wuling Air ev, Kia Ray ev

3. Jaga Suhu Kerja Mesin

Setiap mesin memiliki suhu kerja supaya dapat melakukan proses pembakaran dengan optimal. Suhu kerja mesin tidak boleh terlalu rendah atau tinggi dari normalnya supaya campuran bahan bakar sesuai kebutuhan mesin. Untuk itu, sistem pendingin mesin alias radiator harus dapat bekerja dengan baik.

4. Ganti Oli Mesin Secara Berkala

Oli yang rusak dapat merembes masuk ke ruang bakar sehingga ikut terbakar dan meningkatkan residu sisa pembakaran, termasuk pula membebani kerja mesin sehingga emisi gas buangnya sulit dikendalikan. Pelumas yang baik juga membantu proses mendinginkan mesin supaya suhu kerjanya terjaga.

5. Dilarang Modifikasi Mesin Mobil

Karena ingin mobil lebih responsif, AutoFamily melakukan modifikasi pada mesin. Salah satu caranya adalah membuat campuran BBM dan udara lebih banyak. Masalahnya, cara ini mengakibatkan gas buang lebih kotor sehingga tidak akan lulus uji emisi.

Baca juga: Pemberian Insentif Mobil Hybrid Mendapat Dukungan GAIKINDO

6. Gunakan Bensin Sesuai Rekomendasi

Bahan bakar yang tidak sesuai rekomendasi pabrikan, khususnya dengan nilai oktan lebih rendah, akan membuat mesin kesulitan melakukan proses pembakaran dengan baik. Alhasil, gas sisa pembakaran menjadi lebih kotor dan performa mesin ikut turun.

7. Pastikan Kondisi Sensor Oksigen dan Catalytic Converter

Sensor oksigen harus dalam kondisi bersih dan tidak rusak mengingat tugasnya sangat krusial untuk menciptakan pembakaran yang sempurna. Termasuk memperhatikan kondisi catalytic converter di knalpot mobil yang bertugas untuk mengubah emisi gas buang beracun menjadi udara bersih.

8. Manfaatkan Injector Cleaner

Injector cleaner dipakai untuk membersihkan dan mencegah lubang pin injector dari residu sisa pembakaran sehingga sistem bahan bakar selalu bersih. Performa mobil meningkat karena proses pembakaran menjadi lebih sempurna, serta mencegah mesin ngelitik, selalu hemat bensin, dan lulus uji emisi.

Sumber Tips Lulus Uji Emisi: Auto2000

Baca juga: Uji Coba Tilang Emisi Akan Dimulai 25 Agustus 2023

BAGAIMANA MENURUT ANDA ?